manfaat creambath
Selain Rambut Menjadi Halus, Ini 5 Manfaat Creambath Lainnya
21/05/2019
cara menghitung siklus haid
Wanita, Inilah Cara Menghitung Siklus Haid Paling Tepat
22/05/2019

Penyebab Bayi Sering Cegukan Dan Cara Mudah Mengatasinya

bayi sering cegukan

Bayi Sering Cegukan – Bayi sangat rentan terhadap cegukan, bahkan di dalam rahim, kadang-kadang pada minggu keenam setelah pembuahan. Tapi cegukan biasanya tidak perlu dikhawatirkan.

Mereka mungkin bertahan selama satu menit atau hingga satu jam tetapi tidak membahayakan bayi – bahkan beberapa bayi tampak terhibur dengan kejutan yang ditimbulkannya.

Baca Juga  Bunda, Ketahui Makanan Penambah Berat Badan Bayi Sesuai Umur

Cegukan bayi hanyalah salah satu dari perilaku normal dan refleks yang perlu diketahui orang tua tetapi tidak perlu khawatir. Cegukan paling mungkin terjadi sesaat setelah menyusui atau ketika anak mulai bersemangat. Saat organ internal bayi baru lahir tumbuh dan matang, cegukan biasanya berkurang intensitas dan frekuensinya.

Penyebab Bayi Sering Cegukan

Mengapa bayi sering cegukan? Cegukan tidak ada hubungannya dengan pernapasan. Disebabkan oleh kontraksi mendadak diafragma yang dipicu oleh iritasi atau stimulasi otot.

Beberapa dokter anak terkemuka berpendapat bahwa cegukan pada bayi biasanya disebabkan oleh susu bayi (payudara, susu formula atau makanan lain) atau oleh penurunan suhu yang menyebabkan bayi menjadi dingin.

Baca Juga  Bunda, Ini 10 Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Cegukan dianggap tidak berbahaya kecuali jika terbukti cukup sering sampai mengganggu makan dan tidur secara teratur. Bayi dengan penyakit gastroesophageal reflux (GERD) cenderung cegukan lebih sering, disertai dengan gumoh, batuk dan iritabilitas.

Perilaku semacam ini harus dinawa ke penasihat medis Anda, terutama setelah usia 1 tahun. Meskipun cegukan bayi jarang merupakan pertanda dari kondisi medis mendasar yang lebih serius, tidak ada salahnya untuk berhati-hati.

cara mengatasi bayi sering cegukan

Cara Mengatasi Bayi Sering Cegukan

Bagaimana cara mengatasi bayi sering cegukan? Kisah-kisah dan tradisi budaya etnis menawarkan banyak metode yang telah ada sejak berabad-abad lalu, seperti, menepuk bayi di punggung. Tapi menggosok punggung dengan lembut, menyesap air atau memberikan sesuatu untuk disedot, mungkin memang bisa dilakukan.

Cegukan biasanya mengganggu orang tua lebih dari anak, meskipun mereka dapat menyebabkan bayi tertekan selama menyusui. Mengubah posisi saat menyusui dan mencoba membuatnya bersendawa atau rileks dapat membantu mengatasi cegukan bayi.

Jika cegukan pada bayi baru lahir tidak hilang dengan sendirinya dalam waktu lima hingga sepuluh menit, beberapa tetes obat alami seperti Colic Calm water grip dapat Anda coba. Jika bayi sering cegukan, segera susui ketika bayi tenang dan sebelum mereka sangat lapar. Langkah ini harus mengurangi kemungkinan cegukan yang terjadi selama menyusui.

Baca Juga  Penyebab dan 5 Cara Mengatasi Cegukan Dengan Bahan Alami

Usahakan memberi makan dengan setenang mungkin, dan sesantai mungkin. Jika cegukan terjadi selama menyusui, hentikan pemberian makan dan beri mereka kesempatan untuk istirahat sejenak.

Cegukan terjadi ketika diafragma tanpa sadar mengencang, menghasilkan suara cegukan yang dihasilkan di bagian atas batang tenggorokan. Nama medis untuk cegukan adalah singultus.

Cegukan adalah tindakan refleks, yang berarti Anda tidak memiliki kendali atas hal itu. Cegukan biasanya bukanlah masalah serius dan dalam banyak kasus hanya berlangsung beberapa menit.

Cegukan dapat memengaruhi orang-orang dari segala usia, termasuk bayi. Bayi sering cegukan sangat umum bagi bayi di bawah 12. Bahkan, bayi sering cegukan di dalam rahim sebelum mereka dilahirkan.

Cegukan bukan alasan untuk khawatir, dengan demikian tidak akan menyebabkan bayi lebih rileks. Bayi Anda biasanya akan berhenti cegukan dalam waktu 5 hingga 10 menit, tetapi jika cegukan bayi Anda tidak berhenti dalam beberapa jam, Anda harus mengunjungi dokter.

Bayi biasanya cegukan ketika mereka diberi makan dan mereka kadang-kadang akan cegukan tanpa alasan yang jelas. Tidak ada cara yang paling mujarab untuk menghentikan bayi Anda dari cegukan, tetapi kadang-kadang ASI atau air dapat membantu menghentikannya.

bayi sering cegukan
Apa yang bisa Ibu Lakukan Untuk Menghentikan Bayi Sering Cegukan?

Ada beberapa hal yang bisa Anda coba untuk mencegah agar bayi Anda tidak terlalu sering tersendat:

• Cobalah memberi makan bayi Anda dalam posisi yang lebih tegak.

• Gendong bayi Anda hingga 20 menit setiap menyusui.

• Cobalah memberi bayi Anda lebih sering.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi yang Bisa Dicoba Dirumah

• Jika Anda memberi susu botol kepada bayi Anda, cobalah untuk meminimalkan jumlah udara yang masuk. Miringkan botol sehingga susu benar-benar mengisi dot sebelum menawarkannya kepada bayi Anda. Anda juga bisa mempertimbangkan botol anti kolik.

Rina Hutapea

Hai Guys, selamat datang di laman ini. Perkenalkan nama saya Rina Hutapea, dan saat ini aktif menulis Novel, cerpen, cerbung dan juga artikel. Sebagai seorang yang hobby menulis, traveling dan membaca adalah senjata utama untuk menemukan ide-ide baru.

Namun akan lebih baik lagi jika teman-teman pembaca selalu memberikan kritik dan juga saran, supaya saya bisa menghasilkan tulisan yang lebih baik lagi kedepannya.

Teman-teman juga bisa menghubungi lewat account Instagram Rina_hutapea13, semoga setiap rangkaian kata di laman ini bisa bermanfaat untuk kita semua, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *