universitas durham di inggris
Mengenal Universitas Durham di Inggris dan Jurusan-Jurusannya
02/07/2019
cara memutihkan wajah dengan pasta gigi
Unik, Inilah Cara Memutihkan Wajah Dengan Pasta Gigi
03/07/2019

Yuk Kuliah di Negeri Kanguru Dengan 4 Beasiswa Australia Ini

beasiswa australia

Beasiswa Australia – Kuliah di luar negeri seolah sudah menjadi trend bagi pelajar Indonesia. Salah satu negara favoritnya adalah Australia. Negara yang bertetangga dengan Indonesia ini ternyata memiliki kualitas pendidikan sangat tinggi. Kuliah di Australia juga akan memberikan kalian seribu satu cerita menarik.

Tapi mewujudkan mimpi kuliah di luar negeri tidak selalu mudah, apalagi kalau sudah berhubungan dengan biaya. Kita semua sudah tahu kan kalau biaya hidup maupun biaya kuliah di Australia itu masih tergolong tinggi bagi orang Indonesia.

Yuk Kuliah di Negeri Kanguru Dengan 4 Beasiswa Australia Ini

beasiswa australia untuk mahasiswa

Tapi jangan menyerah, karena ada banyak beasiswa Australia yang akan membantu kalian mewujudkan cita-cita. Berikut ini beberapa beasiswa Australia yang bisa dicoba

1.Australia award scholarship (AAS)

Beasiswa AAS menjadi beasiswa Australia paling terkenal di kalangan mahasiswa asing. Beasiswa AAS sangat spesial bagi mahasiswa Indonesia, karena Indonesia menjadi salah satu penerima terbanyak dari beasiswa ini. Beasiswa ini terbuka bagi kalian yang ingin meneruskan pendidikan pascasarjana di Australia.

Baca Juga  Wajib Tahu, Kuliah di Jerman Gratis Dengan 2 Beasiswa Ini

Beasiswa AAS dikelola oleh Departemen luar negeri dan perdagangan Australia dan akan mengcover hampir semua kebutuhan mahasiswa. AAS akan menanggung biaya kuliah secara penuh, biaya hidup bulanan, asuransi kesehatan, tiket pesawat, serta beberapa tunjangan tambahan. Beasiswa akan diberikan selama durasi 2 tahun bagi program S2 dan 4 tahun bagi program S3.

Kelebihan beasiswa ini adalah bisa digunakan di semua bidang studi pascasarjana di universitas Australia, kecuali sebagian kecil program studi seperti teknologi pesawat, pelatihan militer, dan bidang penerbangan pesawat. Kalian bisa apply beasiswa AAS ini yang dibuka tiap tahun pada bulan Februari hingga April. Nah kalau kalian tertarik, dapatkan informasi lengkap tentang beasiswa AAS di www.australiaawards.gov.au

2.Endeavour

Satu lagi beasiswa penuh yang disponsori oleh pemerintah Australia, yaitu beasiswa Endeavour. Walau tak sepopuler Australia award, beasiswa Endeavour memberikan penawaran sangat menarik lho. Mereka akan memberikan tunjuangan biaya hidup sebesar AUD 3000 atau hampir 30 juta Rupiah per bulannya. Sangat besar kan?

Tunjangan bulanan yang diberikan Endeavour bisa jadi menjadi yang terbesar dibanding beasiswa lainnya. Selain itu, mereka juga menanggung biaya kuliah atau tuition fee, tunjangan perjalanan, asuransi kesehatan, tunjangan kemandirian, dll.

Aplikasi beasiswa Endeavour biasanya harus diterima maksimal pada tanggal 15 November. Lalu pemenang beasiswa akan diumumkan lewat email pada bulan Februari. Tertarik apply? Silakan kunjungi offisial websitenya di https://endeavour.education.gov.au/endeavour

3.Australia Research Training (RTP)

RTP merupakan beasiswa dari pemerintah Australia. Tiap tahun mereka memberikan beasiswa pada mahasiswa asing dan lokal yang mengambil program Doktoral maupun Master. Yang agak unik dari beasiswa RTP adalah pengelolaan dan seleksi diserahkan pada tiap universitas.

Jadi aplikasi beasiswa ditujukan ke universitas yang kita tuju. Untuk mengetahui prosedur pendaftaran beasiswa, kalian harus menghubungi universitas.

Ingin tahu lebih banyak mengenai beasiswa RTP? Silakan kunjungi https://www.education.gov.au/research-training-program atau ajukan pertanyaan via email ke RBGrants@education.gov.au

4.Beasiswa dari universitas

Selain beasiswa dari pemerintah maupun organisasi, banyak universitas di Australia yang menyediakan beasiswa bagi mahasiswanya. Beberapa universitas yang banyak menawarkan beasiswa diantaranya Curtin university, university of Melbourne, Australian National university, Deakin university, Murdoch university, dll.

Baca Juga  Review, Disinilah 3 Tempat GMAT Preparation Jakarta Terbaik

Jadi kalau kalian gagal mendapat beasiswa Australia, silakan mempersiapkan rencana B, yaitu mencari beasiswa dari universitas. Untuk mengetahui universitas mana saja yang menyediakan beasiswa dan hibah, silakan klik link berikut ini https://indonesia.embassy.gov.au/jaktindonesian/australianuniversities.html

Untuk bisa kuliah di luar negeri memang akan ada lebih banyak tantangan. Tapi masalah pendanaan jangan sampai membuat kalian menyerah. Asal berani dan mampu bersaing, ada banyak beasiswa yang akan membantu kalian mewujudkan mimpi kuliah di luar negeri. Selamat mencoba dan sukses selalu ya!

Andik Al Jogjawi

Hallo semuanya. Perkenalkan, nama saya Andik. Aku lahir, besar, dan tumbuh di Yogyakarta. Jadi aku merasa ada ikatan yang kuat dengan kota gudeg ini.

Awal mula perkenalanku dengan dunia menulis adalah, ketika aku direkrut menjadi penulis buku di salah satu perusahaan alat pendidikan di Jogja. O ya, salah satu buku karanganku sedang dalam proses cetak oleh perusahaan penerbit di Jogja lho. Doakan aja biar cepat terbit ya.

Biasanya aku menulis topik gaya hidup, tips, dan kesehatan. Buat aku, aktivitas menulis artikel itu sangat menyenangkan, karena ada kepuasan tersendiri ketika kita bisa berbagi informasi maupun ide.

Disamping itu, menulis juga bisa dilakukan di mana aja dan kapan saja. Selain menulis, aku punya hobby lainnya, yaitu jogging. Nah, itu dulu perkenalannya ya. Terima kasih dan salam kenal…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *