cara cepat belajar bahasa jerman
5 Cara Cepat Belajar Bahasa Jerman yang Bisa Kamu Coba
07/02/2019
manfaat kemangi
Bukan Lalapan Biasa, Ternyata Ini 7 Manfaat Kemangi Luar Biasa
07/02/2019

4 Pilihan Beasiswa Kuliah di Jerman yang Bisa Kamu Raih

beasiswa kuliah di jerman

Beasiswa Kuliah di Jerman – Jerman memang mulai menampakkan diri sebagai negara yang baik bagi pelajar. Tidak heran jika banyak mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke sana.

Namun, bagi mahasiswa Indonesia, mata uang euro yang digunakan Jerman cukup menjadi kerisauan. Hal tersebut mengingat kurs euro terhadap rupiah cukup tinggi. Oleh karena itu, tidak salah jika banyak pelajar mencoba mencari beasiswa kuliah di Jerman yang dapat diandalkan.

Baca Juga  Ini Dia 8 Universitas Kedokteran di Jerman Yang Terbaik

Perlu kamu ketahui bahwa kuliah di Jerman sebenarnya gratis untuk jenjang bachelor. Oleh karena itu, beasiswa yang banyak berlaku adalah beasiswa untuk S-2. Meskipun begitu, ada juga beberapa beasiswa yang membiayai kebutuhan ringan jenjang bachelor.

4 Pilihan Beasiswa Kuliah di Jerman yang Bisa Kamu Raih

Berikut ini adalah beasiswa penuh untuk kuliah di Jerman yang bisa kamu raih dan andalkan, lalu beasiswa apa sajakah itu? berikut di bawah ini adalah ulasannya

cara mendapatkan beasiswa kuliah di jerman
1. Beasiswa LPDP

Bagi mahasiswa yang berasal dari Indonesia, tentu saja beasiswa yang harus pertama kali dicoba adalah Beasiswa Lembaga

Pengelola Daba Pendidikan atau lebih dikenal dengan Beasiswa LPDP. Selain pemberian biayanya penuh, beasiswa kuliah di Jerman oleh Pemerintah Indonesia ini memiliki jaringan yang sangat banyak, termasuk ke universitas-universitas di Jerman.

Beasiswa LPDP ini memiliki beberapa cabang berdasarkan kategore tertentu, yaitu sebagai berikut:

a. LPDP Reguler

b. LPDP Disertasi

c. LPDP Dokter Spesialis

d. LPDP Afirmasi.

Beasiswa LPDP afirmasi dibagi lagi menjadi Daerah Tertinggal, Alumni Bidikmisi Berprestasi, Individu Berprestasi dari Keluarga Miskin/Prasejahtera, Prestasi Olahraga/ Seni/ Kebudayaan/ dan Keagamaan, Penyandang Disabilitas, PNS/TNI/POLRI, Santri, Prestasi Olimpiade Bidang Sains/ Teknologi/ dan Keterampilan, Unggulan Dosen Indonesia (BUDI), dan Program LPDP Co-Funding.

2. Beasiswa DAAD

Beasiswa yang ini diadakan oleh institusi resmi Jerman. Berbeda dengan LPDP yang justru mencari mahasiswa baru lulus, DAAD ini justru mengunggulkan pendaftar yang sudah pernah bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang tekonologi, ekonomi, atau pun sosial.

Baca Juga  Mengenal Sistem Pendidikan di Jerman Yang Unik dan Sukses

Meskipun begitu, calon penerima diharuskan belum lebih dari 6 tahun sejak lulus sarjana. Beberapa program yang ditawarkan adalah sebagai berikut.

a. Media Studies

b. Mathematics

c. Economic Sciences/Business

d. Administration/Political Economics

e. Development Cooperation

f. Regional and Urban Planning

g. Medicine and Public Health

h. Social Sciences, Education and Law

i. Agricultural and Forest Sciences

j. Engineering and Related Sciences

k. Natural and Environmental Sciences

Untuk mendapatkan beasiswa ini, kamu harus rajin cek pengumuman. Hal tersebut karena Beasiswa DAAD ini tidak diadakan berdasarkan pengulangan waktu tertentu, tetapi berasarkan seri. Artinya, tahun ini bisa diadakan pada bulan yang berbeda dengan tahun sebelumnya atau tidak sama sekali.

beasiswa kuliah di jerman
3. Beasiswa Universitas RWTH Aachen

Untuk kamu yang masih bingung menentukan universitas, kamu mungkin bisa mendaftar ke RWTH Aachen, sekaligus membidik beasiswanya.

Selain menjadi universitas berperingkat 100 terbaik sedunia, universitas ini juga menyediakan bantuan pembiayaan bagi mahasiswa dari luar Jerman. Beasiswa yang ditawarkan oleh universitas ini berlaku untuk semua program jurusan.

4. Beasiswa Crifri Frias

Selain RWTH Aachen, kamu juga bisa memilih Universitas Freiburg sebagai universitas tujuan karena menyediakan beasiswa kuliah di Jerman bagi mahasiswa internasional.

Baca Juga  Mau Travelling ke Jerman? Wajib kunjungi 6 Kota Di Jerman Ini

Beasiswa yang juga dikelola oleh Universitas Freiburg ini mencari pendaftar yang merupakan seorang peneliti. Kamu bisa mendapatkan pembiayaan untuk melanjutkan penelitianmu, disamping terus memperdalam ilmu mengenai penelitian tersebut.

Itu tadi adalah beberapa beasiswa kuliah di Jerman yang bisa dijadikan pilihan. jika tidak berhasil, kamu masih bisa mendapatkan beberapa beasiswa separuh pembiayaan yang banyak ditawarkan oleh masing-masing universitas.

Embun Rinjani

Nama pena saya Embun Rinjani. Teruntuk para pembaca, terima kasih telah membaca tulisan – tulisan saya. Saya senang bisa berbagi informasi dan pengetahuan dengan para pembaca semuanya.

Saya memiliki hobi traveling, membaca, dan menulis. Sesuai dengan hobi saya, saya suka pergi ke tempat – tempat baru yang belum pernah saya kunjungi.

Dengan membaca, saya bisa menambah wawasan dan juga mendapatkan informasi – informasi yang update. Dari hobi membaca itu, saya jadi suka menulis. Semoga tulisan – tulisan saya bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *