cara kuliah di australia
Cara Kuliah di Australia dan Syarat-Syarat yang Perlu Disiapkan
25/10/2019
visa australia
Berapakah Harga Visa Australia? dan Apa Syarat-Syaratnya?
29/10/2019

Ingin Kuliah di Perth? Ketahui Biaya Kuliah di Australia

biaya kuliah di australia

Biaya Kuliah di Australia – Jalan masuk kuliah di australia tersedia dalam dua jalan yang bisa kita pahami bersama. Jalan pertama adalah menggunakan beasiswa baik beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah Republik Indonesia berupa LPDP atau kementerian pendidikan dan kebudayaan.

Atau menggunakan jalur beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah federal australia melalui australian awards scholarship. Kedua beasiswa ini termasuk beasiswa bergengsi yang bisa diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia dari berbagai kelas, elemen, letak geografis dan gender apapun.

Sementara jalur masuk kuliah di australia selanjutnya adalah jalur masuk mandiri yang berarti anda membayar keseluruhan biaya kuliah secara mandiri atau dengan uang sendiri. Jalur masuk ini tentunya harus menyiapkan bukan hanya biaya kuliah di Australia berbentuk spp saja

Baca Juga  5 Kampus Tujuan Kuliah di New Zealand Terbaik Untuk Dicoba

Tetapi juga termasuk biaya hidup di australia, biaya transportasi di australia hingga biaya akomodasi tambahan semisal uang telekomunikasi, fotokopi, pembelian buku hingga persiapan tinggal keluarga (jika membawa keluarga).

Biaya kuliah di australia jalur mandiri juga belum dihitung dengan biaya visa pelajar (belum lagi dihitung jika anda membawa keluarga), ditambah dengan biaya asuransi di australia yang cukup kompetitif, tetapi memiliki fasilitas kesehatan yang lengkap dibandingkan di Indonesia.

Selain itu, bagi anda yang memiliki riwayat kesehatan tertentu seperti tbc atau penyakit berat lainnya bisa menambahkan asuransi atau berkonsultasi dengan pihak asuransi di australia. Hal ini untuk mengantisipasi jika anda terkena gangguan kesehatan lagi dan ternyata tidak dicover oleh asuransi australia maka akan cukup menyulitkan posisi keuangan anda.

biaya hidup australia
Biaya kuliah di Australia Akan Dikomparasikan Dengan Biaya Hidup disana

Secara garis besar, biaya kuliah di australia akan dikomparasikan dengan biaya hidup di australia dan beberapa kota di australia, semisal biaya hidup di Melbourne, biaya hidup di sydney biasanya akan berbanding lurus dengan biaya kuliah di melbourne dan biaya kuliah di sydney.

Hal ini karena Melbourne dan sydney merupakan dua dari tiga kota utama di australia yang memiliki biaya hidup tertinggi di seluruh daratan di australia. Jika dihitung biaya kuliah di australia dalam rupiah, maka dua kota tersebut (termasuk Canberra) menduduki kota dengan biaya hidup di australia dan biaya kuliah di australia tertinggi.

Di tiga kota Canberra, Sydney dan Melbourne terdapat kampus kampus besar yang sering menjadi rujukan utama (dan termasuk kampus 5 besar terbaik di australia yaitu Universitas Nasional Australia, Universitas Sydney dan Universitas Melbourne).

 biaya kuliah di australia

Berapakah Biaya Kuliah di Australia?

Secara keseluruhan dan umum, biaya kuliah di australia per tahunnya untuk jenjang sarjana sekitar 15.000 sampai dengan 30.000 dollar australia. Sementara untuk jenjang magister sekitar 20.000 hingga 39.000 dollar Australia.

Biaya kuliah di australia dalam rupiah sendiri setiap tahunnya untuk sarjana sekitar 170 juta hingga 400 juta sementara untuk jenjang magister sekitar 200 juta hingga 450 juta. Tentu saja yang mesti anda ingat bahwa biaya kuliah tersebut belum termasuk dengan biaya hidup.

Komponen biaya hidup di australia yang biasanya sering dihitung adalah uang makan (living allowance), uang akomodasi (sewa apartemen atau rumah), uang transportasi (sewa mobil atau naik kendaraan umum), uang gas dan air (bill) serta uang telekomunikasi (pulsa handphone). di luar itu masih ada biaya biaya lain seperti biaya hiburan, travelling, nongkrong hingga fotokopi dan membeli buku.

Baca Juga  Cara Kuliah di Australia dan Syarat-Syarat yang Perlu Disiapkan

Universitas-universitas yang berada di tiga kota besar seperti universitas nasional australia di Canberra, Universitas Sydney di Sydney dan Universitas Melbourne di Melbourne biasanya mengenakan biaya kuliah lumayan kompetitif jika dibandingkan dengan universitas lain misalnya di adelaide, perth atau hobart.

Nah, biasanya universitas di adelaide, perth dan hobart berada di ranking luar lima besar dan memiliki biaya hidup yang lebih murah. Biaya hidup di perth, adelaide dan hobart jauh lebih murah ketimbang di Sydney, Melbourne dan Canberra.

Faktor ini juga dipengaruhi karena syndey, melbourne dan canberra adalah kota besar, kota industri dan bisnis dan menjadi lokasi pusat pemerintahan, sama persis seperti jakarta, surabaya dan medan. Sementara biaya hidup di adelaide, perth dan hobart bisa ditekan karena ketiganya bukanlah kota industri yang besar, bukan juga pusat pemerintahan federal (hanya pusat pemerintahan negara bagian saja).

biaya hidup di sydney
Perbandingan Biaya hidup di Melbourne Dengan Biaya hidup di Perth

Mari kita bandingkan lebih spesifik antara biaya hidup di Melbourne dengan biaya hidup di perth. Dengan biaya kuliah di melbourne dan biaya kuliah di melbourne. Masing-masing memiliki universitas unggulan dimana melbourne memiliki universitas melbourne yang masuk ke dalam lima besar universitas terbaik di australia.

Sementara perth memiliki universitas unggulan universitas perth yang masuk ke dalam sepuluh besar universitas terbaik di Australia.

Jika dibandingkan secara apple to apple tentu saja tidak bisa universitas perth dihadap hadapkan dengan universitas melbourne karena berbeda secara kualitas. Tetapi perbandingan ini untuk memberikan perbandingan biaya hidup di melbourne dan biaya hidup di perth.

Secara umum Melbourne merupakan kota besar yang menjadi ibukota negara bagian dan pernah menjadi ibukota negara federal, begitu juga perth merupakan kota besar yang menjadi negara bagian tetapi tidak pernah menjadi ibukota federal dan yang paling mendasar, pertumbuhan bisnis dan industri di Melbourne jauh lebih maju dibandingkan dengan di kota kota lain seperti perth dan adelaide, apalagi Hobart yang berada di Tasmania.

– Biaya sewa tempat tinggal di Melbourne

Biaya hidup di Melbourne yang merupakan kota terbesar ketiga setelah canberra, syndey serta menjaid pusat industri bisnis, dapat dirinci ke dalam biaya hidup di melbourne tahun 2019 yang dikumpulkan dari mereka yang pernah tinggal di melbourne australia.

Sewa tempat tinggal di Melbourne sekitar 1550 sampai 1600 dollar australia per bulannya.

Baca Juga  Biaya Kuliah di Jerman dan Syarat Kuliah di Jerman yang Perlu Diketahui

– Biaya kebutuhan sehari-hari

Belanja kebutuhan bahan pokok bras sekitar 30 sampai 35 dollar australia, atau sereal sekitar 50 sampai 55 per bulannya. Sementara jika makan di luar rata rata anda harus mengeluarkan uang sekitar 15 hingga 40 dollar sekali makan saja.

– Biaya transfortasi

Untuk transportasi di Melbourne anda bisa menggunakan monthly pas (atau semacam kartu bulanan seperti KRL/Transjakarta e-money) yang hanya menghabiskan 150 dollar australia perbulannya. Pada bagian komponen terakhir akan makan biaya hiburan berupa biaya bioskop 19 dollar, biaya akses internet sekitar 25 sampai 40 dollar serta secangkir minuman hangat cappucino sekitar 5 dollar australia.

– Biaya sewa tempat tinggal di Perth.

Nah, coba bandingkan dengan biaya hidup di perth. Sewa tempat tinggal di perth sekitar 1400 dollar australia (jauh lebih murah ketimbang di melbourne), sementara jika berbelanja sama saja sekitar beras seharga 30 dollar australia begitu juga sereal 50 dollar australia.

– Biaya Makan di Perth

Untuk makan di luar juga sama sekitar 15 sampai 40 dollar australia. Transportasi bulanan dengan kartu bulanan juga sekitar 150 dollar australia, sementara untuk tiket bioskop jauh lebih murah sekitar 13 dollar australia, akses internet 20 dollar australia, dan secangkir kopi senilai 4 sampai 5 dollar australia. Secara keseluruhan Perth lebih murah sedikit dibandingkan Melbourne.

Untuk menghemat biaya hidup di australia anda bisa menjalankan hidup hemat dengan mencari sewa apartemen atau rumah di luar kota atau perbatasan dengan sub-urban, kemudian gunakan monthly card, monthly discount hingga belanja bulanan/pekanan dan kurangi jajan di luar atau nongkrong-nongkrong.

Rianto Subandi

Hai, selamat datang di lapak inspirasi. Lapak ini adalah kumpulan inspirasi yang ditulis sembari menikmati secangkir teh manis dan sepotong senja di sore hari.

Selanjutnya, perkenalkan nama saya Rianto, menjadi blogger sejak 2009. Remah remah tulisan saya mengenai inspirasi kehidupan dapat ditelusuri di blog ini atau di kompasiana. selamat menikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *