kuliah di new zealand
5 Kampus Tujuan Kuliah di New Zealand Terbaik Untuk Dicoba
23/10/2019
biaya kuliah di australia
Ingin Kuliah di Perth? Ketahui Biaya Kuliah di Australia
28/10/2019

Cara Kuliah di Australia dan Syarat-Syarat yang Perlu Disiapkan

cara kuliah di australia

Cara Kuliah di Australia – Ada begitu banyak masyarakat Indonesia yang masih berpikiran bahwa kuliah di australia sangat sulit, bahkan berpikiran bahwa prosesnya terlalu panjang sehingga awal-awal sudah menyerah untuk mencoba menembus kuliah di australia.

Di zaman yang serba modern ini mendaftar kuliah ke luar negeri semudah memainkan game di smartphone. Ini bukan mengada-ngada, karena teknologi semakin memudahkan kita dan juga mendekatkan kesempatan untuk kuliah ke luar negeri.

Syarat-Syarat Kuliah Di Australia

cara kuliah di australia dengan mudah
Jika anda ingin mengetahui cara kuliah di australia secara mudah, maka anda mesti memahami syarat kuliah di australia terlebih dahulu. Syarat kuliah di australia tentu saja berbeda dengan syarat kuliah di Indonesia atau di beberapa negara lain.

1. Memiliki Skor Bahasa Inggris yang Baik

Syarat utama kuliah di australia adalah skor bahasa inggris yang dibuktikan dengan sertifikat IELTS atau TOEFL Ibt. Hanya beberapa universitas di australia yang menerima sertifikat TOEFL ITP, Jadi lebih baik mengambil TOEFL Ibt atau IELTS.

2. Persiapkan Passport

Selanjutnya dokumen yang dibutuhkan adalah passport, jika ingin mengambil program sarjana maka anda harus terjemahkan ijazah SMA dan nilai-nilainya dengan penerjemah tersumpah, kemudian mengikuti test GMAT atau SAT yang biasanya menjadi indikator mengetahui kemampuan anda dalam bidang logika, matematik dan bahasa inggris secara komprehensif.

Baca Juga  Catat, Inilah Perkiraan Biaya Kuliah di Inggris 2019

3. Persiapkan Ijazah

Sementara bagi anda yang ingin mengambil program master dan doktoral untuk kuliah di australia secara mudah, maka anda bisa mengambil test GRE, IELTS dan beberapa dokumen seperti scan ijazah sarjana atau master yang telah diterjemahkan.

Khusus untuk program doktor harus sudah berkomunikasi dengan calon pembimbing di universitas tujuan. Program doktor ini tentu saja berbeda dengan program program lainnya di bawah, karena membutuhkan kecocokan dengan tema kepakaran pembimbing jadi proses perjuangannya jadi lebih panjang.

Bagaimanakah Cara Kuliah di Australia?

syarat kuliah di australia
– Persiapkan Dokumen-Dokumen Penting

Pada tahap selanjutnya, seluruh dokumen tersebut bisa dikirim atau diupload di website admission office yang menjadi pintu masuk penerimaan mahasiswa baru. Ada beberapa universitas yang hanya mensyaratka upload data di website admission office saja, tetapi ada juga yang meminta salinan dokumennya dikirim by ekspedisi ke kantor kampus.

Setiap kampus memiliki kebijakan yang berbeda jadi pastikan anda memahami kebijakan ini dengan baik seperti membaca aturan-aturan yang diterangkan di website admission office.

Baca Juga  8 Kota di Australia Terbaik Untuk Dikunjungi Saat Wisata

– Pengajuan Visa

Pengajuan visa ini mensyaratkan passport, jadi buatlah passort terlebih dahulu. Jika sudah mempunyai anda bisa mengajukan visa student di website VFS lembaga yang ditunjuk kedubes australia untuk mengurusi visa ke australia. Siapkan sejumlah dana untuk menjadi deposit jika ditanyakan atau surat sponsor jika anda kuliah menggunakan beasiswa.

– Melakukan Pembayaran

Cara kuliah di australia selanjutnya, jika anda sudah diterima atau diaccept, maka proses selanjutnya adalah pembayaran uang kuliah atau pembayaran uang pendaftaran. Nah, satu proses penting selanjutnya adalah mengajukan visa belajar ke pemerintah Australia.

Cukup melelahkan bukan? Tetapi sebenarnya tidaklah seruwet yang dibayangkan jika anda sabar dalam menjalani satu per satu. Kebanyakan orang mengira ruwet dan membuatnya males untuk mengejar cita-cita. Nah, ada satu hal lagi yang sebenarnya bisa menjadi jalan pintas cara kuliah di australia secara mudah yaitu menggunakan jasa konsultan pendidikan.

Sudah pada tahu belum? Jasa konsultan pendidikan ini akan meringkas sampai 50 persen proses perjalanan kita, tetapi kita harus membayar sejumlah uang untuk jasa pendidikan ini. Konsultan pendidikan ini akan menjadi semacam penasehat anda ketika memilih universitas di Australia, memilih jurusan, menyiapkan dokumen yang diperlukan, mengajukan visa dan bahkan sampai pada proses pendaftaran.

Anda tinggal duduk manis menunggu kabar, konsultan pendidikan yang direkomendasikan adalah IDP Education yang tersebar di berbagai kota atau Virtu Education (www.virtueducation.org) yang tersebar cabangnya di Jakarta.

Rianto Subandi

Hai, selamat datang di lapak inspirasi. Lapak ini adalah kumpulan inspirasi yang ditulis sembari menikmati secangkir teh manis dan sepotong senja di sore hari.

Selanjutnya, perkenalkan nama saya Rianto, menjadi blogger sejak 2009. Remah remah tulisan saya mengenai inspirasi kehidupan dapat ditelusuri di blog ini atau di kompasiana. selamat menikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *