contoh kalimat simple past tense
Rumus, Penggunaan, dan Contoh Kalimat Simple Past Tense
23/01/2019
biang keringat pada bayi
Inilah Ciri-Ciri dan Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi
24/01/2019

Apakah Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Selama Ini Sudah Benar?

cara memandikan bayi baru lahir

Cara Memandikan Bayi Baru Lahir – Bagian yang seringkali sangat sulit dilakukan oleh anak pertama yang baru lahir adalah memandikan. Kegiatan mandi pada bayi yang baru lahir sangat penting dan harus dilakukan oleh orang tua. Namun karena tubuh mereka yang sangat mungil dan rentan penyakit kegiatan memandikan seolah-olah menjadi momok yang menakutkan.

Bagi para ibu, apakah sudah memandikan bayi dengan benar? Apa saja peralatan yang harus digunakan dan bagaimana cara yang benar? Apakah yang harus dihindari untuk memandikan bayi yang baru lahir?

Baca Juga  Lucu dan Gemes, Ini 5 Perkembangan Bayi 1 Bulan yang Perlu Diketahui

Cara-cara yang benar harus diperhatikan untuk membuat bayi lebih nyaman, tidak kaget ketika terkena air dan bahkan menelan air mandi yang terkena sabun.

Apakah Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Selama Ini Sudah Benar?

Beberapa orang tua memilih untuk memandikan bayi mereka hanya dengan mengelap tubuh dengan handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat. Sayangnya cara tersebut justru salah. Memperkenalkan bayi pada air bisa dilakukan dengan mandi sehingga mereka justru tidak akan mudah terkena penyakit.

Bayi yang baru saja lahir tentu tidak harus sering dimandikan karena akan membuat kulit kering. Bagi bayi yang baru lahir cukup dimandikan tiga kali dalam satu minggu saja dan itupun harus dikondisikan dengan tubuh mereka. Jika bayi sedang pilek sebaiknya jangan dimandikan.

Baca Juga  Wahai Bunda, Inilah Cara Memperbanyak ASI dengan Benar dan Efektif

Waktu untuk memandikan bayi juga harus diperhatikan. Bayi yang terlalu kenyang setelah minum ASI sebaiknya jangan dimandikan. Kondisi yang terlalu kenyang akan membuat bayi mudah muntah karena bayi akan banyak bergerak ketika dimandikan. Sebaiknya memandikan bayi di pagi hari dan bukan saatnya mereka tidur.

Jika ingin memandikan bayi pada sore hari sebaiknya pastikan bahwa cuaca tidak terlalu dingin. Cuaca yang dingin justru akan membuat mereka mudah terserang pilek. Tidak perlu memandikan bayi di kamar mandi, karena tubuh yang masih kecil maka bisa dimandikan di kamar dengan ember agar lebih mudah memindahkannya di atas tempat mengeringkan dengan handuk sekaligus memberikannya pakaian.

 cara memandikan bayi baru lahir
Begini Cara Memandikan baru Lahir yang Benar Dengan Memperhatikan Faktor-Faktor Ini

Cara memandikan bayi baru lahir yang benar bisa memperhatikan faktor-faktor tersebut. Langkah-langkah untuk memandikan yang benar dan bisa dipraktekan adalah sebagai berikut ini:

1. Tuangkan Air Kedalam Bak Mandi

Tuang air ke dalam bak mandi dan cek temperatur air apakah sudah tepat yaitu 32 derajat. Jangan terlalu panas dan sebaiknya hangat-hangat kuku saja. Tinggi air dalam bak bisa mencapai 7 cm dimana air bisa menutup tubuh bayi. Jangan lupa siapkan tempat untuk mengeringkan tubuh bayi tidak jauh dari bak mandi.

2. Lepas pakaian bayi di atas tempat yang kering

Lepas pakaian bayi di atas tempat yang kering atau di atas tempat tidur. perlahan masukan bayi ke dalam bak dimulai dari kaki dan pastikan tangan Anda menyangga bagian punggung dan kepalanya.

3. Gunakan satu tangan untuk menyangga tubuhnya

Setelah bagian tubuh bayi masuk ke dalam air, gunakan satu tangan untuk menyangga tubuhnya dan tangan yang lain memulai membersihkan kelopak mata dengan kapas. Gunakan dua kapas yang sudah dibasahi untuk kedua kelopak mata dilakukan dari dalam keluar. Lanjutkan dengan hidung, telinga dan wajah.

Baca Juga  Apakah Bahaya Bayi Tidur Tengkurap? Berikut Tips Aman Menidurkannya

4. Memulai menuangkan sabun pada telapak tangan

Memulai menuangkan sabun pada telapak tangan dan gunakan sedikit agar kulit bayi tidak kering. Pastikan tangan benar-benar menyangga bayi karena sabun akan memudahkan bayi tergelincir dalam bak mandi.

Berikan sabun pada ketiak, punggung dan leher hingga kelamin. Bagian tersebut yang sering kotor karena keringat. Pastikan seluruh kotoran bersih.

5. Mulailah guyur tubuh bayi dari atas kepala perlahan

Mulailah guyur tubuh bayi dari atas kepala perlahan jangan sampai mereka tesedak air. Seka wajah bayi dengan kain handuk kecil yang kering kemudian angkat bayi dan keringkan di tempat yang sudah
disiapkan sebelumnya.

6. Keringkan tubuh bayi perlahan dan cepat

Jangan terlalu lama agar mereka tidak kedinginan lalu kenakan pakaian.

 cara memandikan bayi baru lahir dengan benar
Perhatikan Hal Ini Jika Sedang Memandikan bayi

Sebagai ibu pasti sudah bisa merasakan apakah cara memandikan bayi baru lahir yang selama ini dilakukan sudah membuat mereka nyaman. Pada saat memandikan dan belajar cara memandikan ada beberapa hal yang perlu dihindari yakni sebagai berikut ini:

– Menggunakan sabun sembarangan, kulit bayi sangat sensitif sehingga sabun yang digunakan juga khusus. Gunakan selalu sabun khusus bayi yang tidak akan membuat kulit bayi terlalu kering bahkan gatal.

Baca Juga  5 Cara Menidurkan Bayi Yang Aman Untuk Bunda dan Ayah

– Terlalu sering memandikan, seperti yang sudah dijelaskan terlalu sering memandikan justru berbahaya untuk bayi. Kulit bayi terlalu sensitif dan penggunaan sabun berlebihan akan membuat kulit mereka kering dan mudah lecet. Bayi yang terlalu sering mandi juga mudah terserang pilek.

– Suhu air yang salah, penting untuk mengecek suhu air sebelum memasukan bayi ke dalam bak mandi. Suhu air yang terlalu dingin akan membuat mereka mudah pilek. Suhu air yang terlalu panas akan membuat kulit mereka terbakar.

Pastikan cara memandikan bayi yang baru lahir sudah tepat. Jika bayi selalu menangis pada saat mandi atau akan mandi maka ada rasa tidak nyaman yang mereka rasakan. Sebaiknya teliti lagi apakah ada cara yang salah pada saat memandikan.

Felichyta Yuliarti

Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.

Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.

Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.

Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya. Salam kenal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *