visa australia
Berapakah Harga Visa Australia? dan Apa Syarat-Syaratnya?
29/10/2019
manfaat daun binahong
4 Manfaat Daun Binahong Yang Jarang Diketahui Banyak Orang
31/10/2019

2 Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan, Lengkapi Syaratnya

cara mencairkan bpjs ketenagakerjaan

Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan – Ingin segera mendapatkan dana dari BPJS ketenagakerjaan setelah keluar dari pekerjaan. Proses pencairan dana hanya membutuhkan waktu 30 menit saja. Tapi sebelum melakukan proses pencarian sebaiknya pelajari berapa banyak dana yang bisa dicairkan.

Sesuai peraturan pemerintah, ada tiga jumlah yang bisa Anda cairkan. Pertama adalah 10% kemudian 30% dan terakhir 100%. Khusus untuk 10% dan 30% Anda hanya bisa memilih salah satu saja tidak boleh keduanya. Dana 10% dicarikan untuk persiapan pensiun sedangkan 30% digunakan untuk perumahan.

Terakhir baru bisa dicairkan setelah tidak lagi bekerja di perusahaan berselang satu bulan. Pencarian 100% hanya bisa dilakukan sendiri oleh peserta kecuali mengalami cacat. Maka akan digantikan dengan surat kuasa. Syarat utama yang dibutuhkan untuk mencarikan dana 100% adalah paklaring atau surat pengalaman/ berhenti bekerja.

Jadi manakah jumlah BPJS ketenagakerjaan yang akan Anda pilih? Masing-masing pencarian memiliki syarat yang berbeda. Cermati syarat apa saja yang harus kamu persiapkan sebelum mencarikan dana.

syarat mencairkan bpjs ketenagakerjaan
Syarat-Syarat Mencairkan BPJS ketenagakerjaan

Masing-masing pencarian memiliki syarat yang berbeda, sebaiknya persiapkan dengan baik. Jangan sampai ketika akan mengajukan pencarian dan terdapat syarat yang kurang.

Baca Juga  4 Pilihan Beasiswa Kuliah di Jerman yang Bisa Kamu Raih

Syarat lain yang harus dipenuhi bagi Anda yang ingin mencarikan 10% dan 30% adalah sudah bergabung dengan perusahaan selama 10 tahun dan masih aktif bekerja.

Secara umum dokumen penting yang dibutuhkan untuk BPJS 10% dan 30 % adalah sebagai berikut:

– Fotocopy kartu BPJS ketenagakerjaan dan membawa yang asli

– Fotocopy e-KTP atau paspor dan juga yang asli

– Fotocopy Kartu keluarga (KK) dan menunjukkan aslinya

– Surat keterangan masih aktif bekerja

– Buku rekening tabungan

– Dokumen perumahan (khusus dana 30%)

Bagi Anda yang hendak mencairkan dana 100% tidak harus menunggu berumur 56 tahun. Anda juga bisa mendapatkannya ketika mengundurkan diri atau PHK. Jadi tidak perlu menunggu pensiun untuk mendapatkannya. Berikut ini persyaratan dokumen yang harus dipenuhi.

– Fotocopy Kartu BPJS ketenagakerjaan dan aslinya

– Surat pengalaman atau surat keterangan berhenti bekerja

– Fotocopye-KTP atau SIM serta aslinya

– FotocopyKartu keluarga (KK) dan aslinya

– Buku tabungan dan fotokopinya

– Pas foto 3X4 dan 4X6 masing-masing 4 lembar.

Apabila Anda sudah menyiapkan semua persyaratan dokumen tersebut, lanjutkan untuk mengikuti cara mencairkan BPJS ketenagakerjaan ini.

cara mencairkan bpjs ketenagakerjaan
Cara Mencairkan Dana JHT di Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan paling mudah adalah datang ke kantor BPJS ketenagakerjaan langsung. Proses offline ini cukup memakan waktu karena Anda harus mengantri di kantor. Sesampainya disana ikuti langkah-langkah berikut ini:

– Mengisi formulir klaim JHT yang disediakan petugas

– Menandatangani surat pernyataan tidak bekerja di perusahaan manapun jika ingin mencairkan dana 100%

– Mengumpulkan dokumen persyaratan yang telah disiapkan untuk dicek kelengkapannya

– Mengikuti panggilan wawancara dan foto.

Baca Juga  Manfaat, Syarat dan 5 Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Apabila semua langkah di atas telah dijalani maka Anda cukup menunggu proses pencairan dana ke nomor rekening bank. Proses akan berjalan lancar dan cepat jika semua persyaratan tidak ada yang kurang.

cara mencairkan bpjs ketenagakerjaan online
Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Online

Selain melalui kantor BPJS tenaga kerja, Anda juga bisa mengajukan klaim melalui online. Sebelum mengajukan, semua dokumen harus di scan terlebih dahulu karena nanti akan diupload secara online.

Anda bisa mengklaim melalui https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/ dan harus membuat akun terlebih dahulu. Cara membuat akun cukup klik menu daftar kemudian isi semua data yang dibutuhkan dan submit. Anda akan mendapat kode verifikasi untuk masuk ke laman berikutnya.

Apabila akun Anda sudah aktif maka klaim online JHT sudah bisa dilakukan. Cara mencairkan BPJS ketenagakerjaan adalah sebagai berikut ini:

– Masuk ke akun yang telah Anda buat kemudian masuk pada menu e-klaim JHT.

– Anda harus mengisi beberapa formulir yang muncul. Kemudian Anda akan mendapatkan PIN konfirmasi melalui SMS atau email.

– PIN tersebut akan digunakan untuk verifikasi bahwa Anda memang benar mengajukan klaim. Selanjutnya Anda akan diberikan formulir pengajuan klaim.

Baca Juga  Perhatikan 3 Hal Ini Saat Memilih Tempat Les Bahasa Inggris

– Isi formulir pengajuan e-klaim BPJS sesuai informasi. Disinilah Anda harus mengunggah dokumen yang tadinya telah discan. Jika semua formulir telah diisi kemudian klik simpan.

– Apabila semua data yang diisi berhasil disimpan maka akan ada email konfirmasi masuk berupa klaim online.

– Tinggal menunggu apakah klaim Anda berhasil diterima dan dayang ke kantor BPJS terdekat untuk menunjukan dokumen asli dan pencairan dana.

Melalui klaim online ini Anda tidak perlu antri lama di kantor BPJS. Prosedur ini bisa diselesaikan dalam 30 menit saja dan semua berkas harus di scan secara jelas. Jika tidak maka Anda harus mengulang lagi karena dokumen yang diberikan tidak memenuhi syarat.

Mudah dan cepat, kini Anda tidak perlu bolak balik dalam klaim dana BPJS tenaga kerja. Cukup mengisi data secara online dan datang ke kantor BPJS terdekat untuk menunggu pencairan dana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *