manfaat sayur pare
Lupakan Rasa Pahit, Inilah 9 Manfaat Sayur Pare Bagi Kesehatan
15/01/2019
sariawan di gusi
Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Sariawan di Gusi
16/01/2019

Cara Mengatasi Bayi Cegukan Dengan 7 Langkah Mudah

cara mengatasi bayi cegukan

Cara Mengatasi Bayi Cegukan – Cegukan terjadi pada semua orang baik anak-anak maupun orang. Bagi orang dewasa, mungkin cegukan bukanlah masalah serius, tapi bagaimana kalau cegukan terjadi pada bayi? Orang sering merasa khawatir dan panik jika cegukan terjadi pada bayinya.

Cegukan terjadi karena adanya kontraksi tiba-tiba pada otot diafragma. Bayi sering mengalami cegukan karena belum matangnya fungsi syaraf yang mengatur difragma, yaitu otot penyekat antara rongga dada dan perut. Biasanya cegukan banyak terjadi pada bayi dengan usia kurang dari 1 tahun dan akan semakin jarang mengalaminya seiring bertambahnya usia.

Baca Juga  Catatan Sebelum Memberi Microlax untuk Bayi

Cegukan pada bayi bisa terjadi karena berbagai hal seperti terlalu banyak mengkonsumsi ASI, terlalu bersemangat, minum terlalu cepat, atau karena terlalu banyak menelan udara. Cegukan juga lebih sering terjadi pada bayi yang mengkonsumsi susu botol dibanding bayi yang minum ASI. Hal ini terjadi karena ketika mengkonsumsi ASI, udara yang masuk ke dalam lambung lebih sedikit dibanding mengkonsumsi susu botol.

Cara Mengatasi Bayi Cegukan Dengan 7 Langkah Mudah

tips mengatasi bayi cegukan

Orang tua sering merasa khawatir jika bayi mengalami cegukan. Berikut ini beberapa tips cara mengatasi bayi cegukan :

1.Pijat punggung

Ketika mendapati bayi cegukan, cara pertama untuk mengatasinya adalah dengan memberikan pijatan pada punggung bayi. Menenangkan bayi dengan menggosok-gosok punggung bisa membantu mengeluarkan udara yang masuk ke dalam perut bayi sekaligus membuatnya nyaman. Saat dipijat punggungnya tadi, bayi biasanya akan bersendawa dan cegukan akan hilang.

2.Berhenti makan atau menyusu ketika cegukan

Melanjutkan makan ketika bayi cegukan akan membuat bayi muntah dan makin rewel. Biarkan cegukan berhenti dahulu, kemudian bisa dilanjutkan makan

Baca Juga  Mengenali Penyebab dan 5 Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

3.Sendawa

Bersendawa bisa mengeluarkan kelebihan udara atau gas yang ada di dalam tubuh bayi. Biasanya bayi akan bersendawa dengan sendirinya. Namun terkadang bayi tidak bersendawa, sehingga anda harus merangsang bayi agar bersendawa. Caranya adalah posisikan tubuh bayi dalam keadaan tegak, kemudian gosok-gosok punggungnya dengan pelan sehingga bayi mengeluarkan sendawa.

4.Pastikan posisi menyusui benar

Posisi menyusui yang kurang tepat terkadang menyebabkan udara yang masuk ke tubuh bayi terlalu banyak. Jadi pastikan posisi menyusui anda benar, yaitu puting beserta areola (bagian kulit yang berwarna lebih gelap pada puting) masuk semuanya ke mulut bayi dan perut bayi berhadapan langsung dengan perut ibu. Posisi menyusui yang benar akan membuat bayi merasa lebih nyaman, sehingga terhindar dari cegukan.

Harap diperhatikan juga agar si kecil menyusui dengan pelan-pelan. Minum ASI dengan tergesa-gesa justru bisa menjadi bumerang karena memicu masuknya udara dan menyebabkan bayi cegukan.

5.Berikan ASI

Telah dijelaskan diatas bahwa bayi yang mengkonsumsi ASI akan memiliki risiko cegukan lebih kecil. Gerakan menyusui bisa membantu diafragma bayi lebih rileks sehingga mengurangi risiko terjadinya cegukan. Setelah menyusui, biarkan bayi bersendawa karena hal itu akan memberikan ruang bagi udara yang terjebak di perut bayi.

6.Memeluk bayi

Cara mengatasi bayi cegukan selanjutnya adalah dengan memberikan pelukan. Pelukan hangat penuh kasih sayang dari bunda dipercaya mampu memberi ketenangan pada bayi, sehingga cegukan akan mereda dan kembali normal.

7.Bawa bayi ke tempat yang hangat

Cegukan bisa disebabkan karena penurunan suhu yang drastis. Perubahan suhu yang signifikan bisa mempengaruhi suhu tubuh bayi karena seorang bayi belum bisa menjaga kestabilan suhu tubuhnya. Karena itu, orang tua disarankan menjaga bayi tetap hangat dengan cara membawa ke tempat yang hangat atau mengganti pakaian dengan yang berbahan lebih tebal.

Cara Mencegah Cegukan Pada Bayi

cara mencegah bayi cegukan

Sebenarnya cegukan pada bayi merupakan hal yang biasa, tapi beberapa tips berikut bisa digunakan untuk mencegah atau mengurangi cegukan

• Menyusui dalam kondisi tenang

Menyusui dalam keadaan tenang akan mengurangi kemungkinan cegukan karena fokus perhatian bayi ketika menyusu tidak terpecah. Adanya gangguan atau kondisi yang kurang tenang akan mengalihkan perhatian bayi dari menyusu, sehingga bisa mengakibatkan bayi cegukan

• Hindari menggendong bayi dengan gerakan memantul ke atas dan ke bawah

Menggendong bayi dengan gerakan memantul-mantul ke atas dan ke bawah bisa menyebabkan bayi tersedak. Oleh karena itu, usahakan bayi dalam posisi tegak setelah selesai menyusui

Baca Juga  Kenali Tanda-Tanda Kolik Pada Bayi dan Cara Mudah Mengatasinya

Cegukan umum terjadi pada bayi dan tidak mengindikasikan adanya masalah kesehatan, tapi ada beberapa kondisi cegukan yang harus diwaspadai. Orang tua harus waspada pada cegukan yang berlangsung lama. Selain itu pada bayi yang baru lahir, cegukan bisa mengganggu pernafasan.

Cegukan biasanya hanya berlangsung selama beberapa menit, tetapi jika cegukan berlangsung berjam-jam bisa jadi penyebabnya tidak sederhana. Sehingga anda perlu menghubungi dokter anak untuk mendapatkan diagnosa dan penanganan yang tepat

Andik Al Jogjawi

Hallo semuanya. Perkenalkan, nama saya Andik. Aku lahir, besar, dan tumbuh di Yogyakarta. Jadi aku merasa ada ikatan yang kuat dengan kota gudeg ini.

Awal mula perkenalanku dengan dunia menulis adalah, ketika aku direkrut menjadi penulis buku di salah satu perusahaan alat pendidikan di Jogja. O ya, salah satu buku karanganku sedang dalam proses cetak oleh perusahaan penerbit di Jogja lho. Doakan aja biar cepat terbit ya.

Biasanya aku menulis topik gaya hidup, tips, dan kesehatan. Buat aku, aktivitas menulis artikel itu sangat menyenangkan, karena ada kepuasan tersendiri ketika kita bisa berbagi informasi maupun ide.

Disamping itu, menulis juga bisa dilakukan di mana aja dan kapan saja. Selain menulis, aku punya hobby lainnya, yaitu jogging. Nah, itu dulu perkenalannya ya. Terima kasih dan salam kenal…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *