predisposisi adalah
4 Penyebab Mimisan pada Anak dan 3 Cara Mudah Mengatasinya
09/03/2019
khasiat buah bit
Selain Untuk Kesehatan dan Diet, Ini 7 Khasiat Buah Bit Lainnya
11/03/2019

Bunda, Ini 10 Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

cara mengatasi perut kembung pada bayi

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi – Perut kembung pada bayi memang membuat khawatir orang tua. Hal itu tentu karena bayi menjadi rewel. Untuk itu beberapa cara mengatasi perut kembung pada bayi harus segera dilakukan.

Perut kembung pada bayi terjadi karena adanya gas yang terperangkap di dalam perut bayi. Hal itu terjadi bisa karena proses kimiawi di dalam perut ataupun udara yang terperangkap dari saluran pencernaan bagian atas.

Baca Juga  Jangan Khawatir Bun, Ini 4 Cara Mengatasi Kembung Pada Bayi

Salah satu tanda perut kembung pada bayi adalah rewel disertai bentuk perut yang membesar dan terasa agak keras. Gerakan bayi juga akan cenderung menggeliat dan melengkungkan punggung ke bagian belakang. Kakinya akan diangkat bersamaan sekali buang angin.

Bunda, Ini 10 Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

cara mengatasi perut kembung pada bayi dengan alami
Apabila demikian, maka Bunda perlu melakukan beberapa cara mengatasi perut kembung pada bayi. Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengeluarkan gas di dalam perut bayi.

1. Meletakkan bayi di atas kasur dalam posisi telentang

Angkat kedua kakinya secara rileks dan gerakan menyerupai sedang mengayuh sepeda. Gerakan tersebut akan membantu gas di dalam perut keluar melalui kentut atau sendawa.

2. Memijat

Pijatlah perlahan perut bayi dengan gerakan searah jarum jam. Lakukan pemijatan ketika bayi telentang dan tidak rewel.

3. Mengusap punggung bayi

Letakkan bayi di atas pangkuan secara telungkup, kemudian usap punggung bayi secara perlahan.

Baca Juga  Jangan Khawatir, Ini 5 Penanganan Sederhana Batuk Berdahak Pada Bayi

4. Tegakkan posisi bayi ketika sedang menyusu

Hal ini akan membuat air susu lebih mudah dan lancar masuk ke dalam perut si bayi tanpa menjebak udara.

5. Usahakan untuk menyusui bayi

Usahakan menyusui bayi sebelum bayi tersebut rewel karena kelaparan. Hal itu karena ketika bayi sedang merasa lapar maka maka akan cenderung membuka mulut sehingga kemungkinan menelan udara akan lebih banyak.

6. Jangan memberi makan bayi saat menangis

Jangan memaksakan memberi makan bayi ketika dia sedang menangis. Bayi yang menangis akan cenderung menelan udara bersama makanannya.

cara mengatasi perut kembung pada bayi

7. Perhatikan makanan yang dikonsumsi bayi

Selain Penanganan pada bayi itu sendiri, Ibu juga perlu memperhatikan hal-hal yang menyangkut dirinya terutama mengenai makanan. Beberapa makanan diketahui dapat menciptakan efek gas beberapa saat setelah dicerna.

Makanan-makanan yang berbahan seperti kubis, kembang kol, bawang, kentang, ataupun brokoli diketahui dapat mempengaruhi kualitas ASI pada ibu yang menyusui.

Baca Juga  Cara Mengatasi Bayi Cegukan Dengan 7 Langkah Mudah

8. Perhatikan efek samping makanan bayi

Jika bayi sudah memiliki makanan lain selain ASI, maka tentu saja perlu diperhatikan efek samping dari makanan tersebut.

Makanan-makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi ibu karena akan menciptakan efek gas, juga sebaiknya tidak dikonsumsi oleh Si Buah Hati sebelum usianya lebih dewasa.

9. Jangan berikan minuman lain selain ASI

Terutama untuk anak di bawah usia 6 bulan. Diketahui bahwa susu formula ataupun air mineral akan membawa udara masuk lebih banyak ketimbang ASI.

Minuman-minuman yang mengandung glukosa juga sebaiknya tidak diberikan kepada bayi, misalnya jus sekali pun. Itu karena sistem pencernaan bayi belum terlalu baik dalam menangani gula buah atau fruktosa.

10. Perhatikan dot yang digunakan untuk meminum susu.

Dot bayi yang memiliki lubang terlalu besar akan membuat bayi menjadi gelagapan. Namun, dot bayi yang memiliki lubang terlalu kecil akan cenderung membuat udara lebih banyak terperangkap bersama makanan yang ditelan oleh si bayi.

Baca Juga  Inilah Ciri-Ciri dan Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

Bunda, itu tadi adalah beberapa cara mengatasi perut kembung pada bayi. Kita tidak perlu terlalu panik menghadapi bayi yang tiba-tiba memiliki perut terasa keras atau lebih besar ketimbang biasanya.

Namun, kita juga perlu hati-hati ketika bayi itu menjadi semakin rewel diikuti dengan gejala-gejala seperti muntah, sulit buang air besar, ataupun demam. Jika demikian, maka sebaiknya segera konsultasikan ke dokter anak terdekat.

Amry Hidayat

Ini saya, Amry Hidayat. Terima kasih sudah membaca tulisan-tuisan saya, yang semoga tidak membosankan. Jika memang membosankan, tolong dimaklumi selagi saya terus mengasah kemampuan.

Maklumi juga karena saya ini baru anak Mei 1995 kemarin. Gaya saya yang naratif semoga tidak juga mengganggu. Hal itu karena kegiatan yang tidak jauh dari dunia sastra, sampai membuahkan satu buku puisi berjudul Ampre Memper (2015) dan beberapa antologi bersama di tahun selanjutnya.

Kalau bukan itu, palingan bermain-main dengan gambar bergerak di instagram @amryhidayat.

Request atau beri masukan soal penulisan konten melalui amryhidayat.official@gmail.com atau cari saja saya di sekitar perempuan yang tertawa terbahak-bahak. Jangan datangi rumah saya, karena kadang di Jogja kadang di Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *