cara membuat masker timun
5 Resep Cara Membuat Masker Timun Paling Mudah di Rumah
25/07/2019
manfaat daun afrika
Manfaat dan Khasiat Daun Afrika Untuk Mengobati Banyak Penyakit
26/07/2019

Manfaat, Syarat dan 5 Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

cara mengecek saldo bpjs ketenagakerjaan

Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan – Sudah bekerja tapi belum dapat BPJS ketenagakerjaan? Buat kamu yang belum mendaftar, segera hubungi admin perusahaan untuk mendaftarkan semua karyawan di program pemerintah ini. Penting bagi seorang karyawan mendapat hak nya dalam program BPJS ketenagakerjaan.

Dulunya Badan Penyelenggara Jaminan Nasional (BPJS) ini hanya melayani asuransi di bidang kesehatan. Mereka yang bekerja di pemerintahan seperti PNS dan ABRI adalah orang yang bisa menerima dana asuransi kesehatan ini. Seiring perkembangan, BPJS kesehatan kini bisa diterima oleh karyawan perusahaan swasta.

Baca Juga  Kerja Di Jerman Gratis Ongkos Dan Tempat Tinggal Cek Disini

Selain jaminan kesehatan, semua karyawan yang telah bekerja selama enam bulan juga akan menerima BPJS ketenagakerjaan. Program ini merupakan sebuah investasi bagi karyawan yang dapat dicairkan kemudian hari. Melalui BPJS ketenagakerjaan inilah masyarakat memiliki jaminan hari tua.

manfaat bpjs ketenagakerjaan
3 Manfaat Program BPJS Ketenagakerjaan

Setiap perusahaan wajib mendaftarkan karyawannya untuk mengikuti program BPJS ketenagakerjaan. Tujuannya adalah untuk memberikan dana tidak terduga saat terjadi kecelakaan kerja atau kematian. Berikut ini penjelasan manfaat dari BPJS tenaga kerja bagi karyawan penerima upah.

1. Jaminan hari tua

Manfaat yang pertama ini sudah tidak asing lagi. Pada saat karyawan pensiun dan mencapai umur 56 tahun akan memperoleh dana tabungan selama bekerja melalui BPJS ini. Peraturan baru juga memperbolehkan karyawan untuk mencairkan dana sebesar 10% dan sisanya untuk masa pensiun.

Jika karyawan mengalami kematian maka ahli waris yang didaftarkan sesuai wasiat akan menerima hak tersebut.

2. Jaminan kecelakaan kerja

Jaminan ini sangat penting bagi karyawan yang bekerja di tambang, pabrik atau sering menggunakan alat berat. Ketika kecelakaan terjadi saat bekerja jaminan langsung diberikan untuk perawatan dan santunan berbentuk uang. Ada beberapa macam jenis santunan yang diberikan seperti santunan tidak mampu bekerja, santunan kecacatan dan pemakaman.

3. Jaminan kematian

Jaminan ini diberikan apabila karyawan peserta mengalami meninggal dunia dan penyebabnya selain kecelakaan kerja. Ahli waris akan mendapat jaminan ini ditambah dengan berbagai macam santunan. Jika ahli waris masih menempuh pendidikan akan mendapat beasiswa khusus karyawan yang sudah mengikuti masa iuran 5 tahun.

cara mengecek saldo bpjs ketenagakerjaan

5 Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Gak Pake Ribet

Sudah mengenal bukan betapa pentingnya mengikuti BPJS tenaga kerja di Indonesia? Bagi kamu yang sudah mulai mengikutinya yuk simak bagaimana cara untuk mengecek saldo BPJS. Ada banyak cara yang bisa dipilih dan kini dapat dilakukan lebih mudah.

  1. Datang langsung

Cara mengecek saldo BPJS ketenagakerjaan yang pertama yang bisa kamu tempuh adalah langsung datang ke kantor BPJS terdekat.

Mungkin saja kantor kamu bersebelahan dengan kantor BPJS jadi bisa juga mengeceknya secara berkala. Sayangnya kamu harus rela untuk mengantri karena tidak sedikit orang yang mengurus kartu BPJS mereka.

Cukup datang ke petugas kemudian tunjukkan kartu BPJS kamu untuk mengetahui berapa jumlah saldo saat ini. Kemudian petugas akan memberikan hasil print slip saldo BPJS ketenagakerjaan milikmu.

2. Cara mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan SMS

Jika kamu malas mengantri cobalah untuk mengecek melalui pesan singkat atau SMS. Metode ini sangat mudah dan tidak membutuhkan banyak pulsa untuk sekali SMS. Pertama kamu harus mendaftarkan diri terlebih dahulu dengan cara mengirim SMS ke nomor 2757. Isi dari SMS tersebut adalah sebagai berikut:

Daftar(spasi)SALDO#NO_KTP#TGL_LAHIR(DD-MM-YYYY)#NO_PESERTA#EMAIL(jika ada).

Setelah berhasil mendaftar kamu bisa mengirim pesan baru dengan format : SALDO (spasi) no peserta. Kirim kembali ke nomor 2757 kemudian balasan saldo akan muncul.

2. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online

Cara ketiga ini yang paling modern, siapa saja mengakses website BPJS ketenagakerjaan dengan lebih mudah tanpa biaya pulsa. Pengecekan dilakukan melalui website https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/ kemudian daftarkan diri terlebih dahulu melalui menu registrasi. Melalui menu ini kamu harus mengisi formulir secara terperinci.

Isilah nomor KPJ aktif, nama, tanggal lahir, nomor e-KTP, nama ibu kandung dan nomor ponsel atau email. Kemudian melalui sms atau email kamu akan mendapatkan nomor PIN yang digunakan untuk pengecekan saldo.

Setelah nomor PIN diperoleh kamu bisa mulai mengecek saldo dengan masukan alamat email and kata sandi pada kolom user. Kemudian pilih menu layananan dan cek saldo JHT baru masukan PIN yang telah dikirim sebelumnya. Saldo akan muncul setelah proses selesai.

3. Cek Saldo BPJS Tenaga Kerja Melalui ATM

Cara keempat adalah melalui ATM. Jenis ATM yang bisa digunakan hanyalah ATM BNI saja. Bank BNI telah bekerja sama dengan BPJS untuk mempermudah siapa saja mengecek saldo atau membayar tagihan BPJS kesehatan. Layanan ini tidak akan memotong saldo tabungan kamu jadi jangan khawatir. Carilah ATM BNI terdekat kemudian masukan kartu debit.

Setelah itu masukan pin dan pilih menu cek saldo BPJS ketenagakerjaan yang sudah disediakan. Melalui layar ATM kamu akan melihat berapa jumlah saldo BPJS yang dimiliki. Cara ini sangat praktis dan gak ribet bagi kamu nasabah bank BNI. Jika tidak kamu bisa memilih cara yang lain.

4. Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan Aplikasi

Cara terakhir dan paling baru yang bisa diakses adalah melalui aplikasi. Bagi kamu yang memiliki smartphone ada cara yang paling mudah, tanpa antri dan menghabiskan pulsa. Cukup dengan menginstal BPJSTK mobile kamu sudah bisa mengecek saldo kapanpun dibutuhkan. Aplikasi ini tidak berbayar alias gratis.

Jika aplikasi sudah kamu instal dilakukan registrasi membuat akun terlebih dahulu. Pembuatan akun membutuhkan nomor KPJ yang ada di kartu BPJS, NIK e-KTP dan tanggal lahir. Setelah akun selesai dibuat kamu cukup login dan pilih menu saldo JHT dan cek saldo. Informasi yang berkaitan dengan saldo BPJS akan muncul.

Syarat Pembuatan BPJS Ketenagakerjaan yang Harus Dipenuhi

Jika kamu kini sudah bekerja lebih dari enam bulan di perusahaan sudah saatnya pihak admin mendaftarkanmu. Sebelum mendaftarkan perusahaan akan meminta kamu menyiapkan beberapa dokumen yang nantinya akan diurus ke pihak BPJS. Jadi untuk bersiap-siap, lengkapi dokumen di bawah ini:

– Fotokopi e-KTP dan asli

– Fotokopi KK (Kartu Keluarga) karyawan yang akan mendaftar

– Pas foto karyawan dengan ukuran 2X3 sebanyak 1 lembar

Dokumen lain akan dipersiapkan dari perusahaan seperti NPWP perusahan baik fotokopi dan asli SIUP (Surat Izin Perdagangan), dan Akta Perdagangan perusahaan baik fotokopi dan asli. Perusahaan akan mendaftarkan kamu baik via online atau langsung. Setelah itu kamu akan mendapatkan kartu BPJS tenaga kerja yang nantinya dapat digunakan untuk mencairkan dana.

Darimana uang untuk membayar BPJS ketenagakerjaan? Semua biaya akan menjadi tanggung jawab dari perusahaan. Penting untuk mengikuti program ini, biasanya karyawan yang tidak mendaftarkan diri akan mendapat potongan dari gaji mereka.

Jadi selama kamu sudah mendaftarkan diri gaji bulanan yang diterima adalah gaji bersih. Apabila perusahaan tidak mendaftarkan karyawannya dalam program ini artinya tidak ada jaminan hari tua yang bisa kamu dapatkan.

Felichyta Yuliarti

Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.

Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.

Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.

Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya. Salam kenal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *