manfaat baby oil untuk wajah
Kandungan dan 6 Manfaat Baby Oil Untuk Wajah dan Kencantikan
23/04/2019
peninggalan kerajaan majapahit
Belajar Sejarah, Ini Berbagai Peninggalan Kerajaan Majapahit
23/04/2019

Fakta dan 4 Cara Menghilangkan Selulit Dengan Alami Dirumah

cara menghilangkan selulit

Cara Menghilangkan Selulit – Selulit adalah sebuah kondisi kulit berlesung atau bergelombang. Selulit biasanya terjadi di bagian tubuh yang terdapat tumpukan lemak, seperti paha atau pun bokong. Berikut ini adalah fakta-fakta lain mengenai selulit.

Fakta Unik Selulit

cara menghilangkan selulit  dengan alami

1. Meskipun begitu, penyebab selulit bukanlah lemak. Tumpukan lemak akan cenderung membuat bagian tubuh menebal, tetapi secara merata. Sementara selulit membuat bagian kulit menjadi tidak rata.

2. Yang menentukan terjadinya selulit justru struktur jaringan ikat di bawah kulit, yaitu jaringan ikat fibrosa yang berfungsi untuk melekatkan kulit pada otot.

3. Berbeda dengan jaringan ikat pada pria yang menyilang atau diagonal, jaringan ikat pada perempuan terbentuk vertikal atau tegak lurus terhadap kulit. Hal tersebut membuat sabuk-sabuk serat menarik bagian kulit ke bawah dan menciptakan cekungan.

Baca Juga  Selain Dijadikan lalapan, Inilah 10 Khasiat Daun Kemangi

4. Adapun kulit yang menonjol pada selulit dikarenakan adanya pergeseran lemak yang membuat kulit naik ke atas lebih tinggi dari sekitarnya.

5. Selulit akan semakin terlihat ketika kita bertambah usia. Hal itu karena ketika kita masih muda, jaringan ikat akan lebih kenyal atau elastis sehingga dapat menyesuaikan bentuk kulit. Ketika semakin dewasa dan hormon ikut menghancurkan jaringan ikat, selulit akan semakin sulit dikontrol.

6. Kendornya kulit juga dapat mempengaruhi terjadinya selulit. Oleh karena itu, pada orang-orang yang mengalami penuaan dini, selulit akan lebih mudah terjadi.

7. Selulit sangat erat kaitannya dengan hormon dan genetik, sehingga diet atau olahraga yang maksimal tidak dapat menjamin hilangnya selulit.

8. Satu-satunya usaha yang bisa kita lakukan untuk mengurangi penampakan selulit adalah dengan menjalani gaya hidup sehat, seperti menjaga hidrasi tubuh dalam melakukan diet atau program olahraga.

9. Mengurangi lapisan lemak di bawah kulit tidak akan menghilangkan selulit secara signifikan, tetapi cukup untuk membuatnya tersamar.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Biang Keringat dan 4 Jenis Biang Keringat

10. Pengaturan pola makan serta porsi yang tepat akan membuat jaringan ikat menjadi lebih kuat dan terjaga kekenyalannya. Ini dapat dilakukan sebagai usaha atau cara menghilangkan selulit.

11. Menjaga asupan air mineral akan membuat tubuh terhindar dari retensi cairan yang memperburuk penampakan selulit.

12. Menjaga metabolisme tubuh penting dilakukan karena metabolisme tubuhlah yang akan menentukan penumpukan lemak atau pun kesehatan jaringan di sekitar pembuluh darah.

13. Selulit muncul umumnya pada perempuan yang sudah menikah, karena perubahan hormon dan penuaan dini sudah mulai terjadi. Meskipun begitu, tidak sedikit juga anak muda yang belum menikah mengalami selulit.

cara menghilangkan selulit
4 Cara Menghilangkan Selulit Dengan Bahan Alami Dirumah

Meskipun secara medis sudah dijelaskan bahwa selulit tidak akan mudah hilang atau bahkan mustahil, beberapa orang tetap percaya dapat membuat kulitnya kembali rata dengan perawatan rutin.

Konsepnya adalah dengan cara mengencangkan kulit sehingga daya tarik jaringan ikat atau pun daya dorong lemak pada rongga jaringan ikat dapat terkalahkan oleh kohesi horizontal kulit.

Bahan-bahan berikut diklaim dapat membuat kulit menjadi lebih kencang hingga dapat menghilangkan selulit.

Baca Juga  Penyebab dan 3 Cara Mengobati Rambut Rontok Dirumah

1. Ampas Kopi

Kandungan kafein yang terdapat dalam kopi diperkirakan dapat mengencangkan kulit. Caranya adalah dengan memanfaatkan ampas kopi sebagai scrub alami di bagian selulit.

Ampas kopi yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan selulit adalah ampas kopi murni tanpa gula atau krimer.

2. Lidah Buaya

Aloevera atau lidah buaya memang dikenal sejak lama sebagai tanaman yang berharga bagi perawatan kecantikan, termasuk perawatan kulit. Kandungan berbagai antioksidan dan vitamin E di dalamnya dianggap mampu menghilangkan selulit.

Cara menghilangkan selulit menggunakan lidah buaya adalah dengan mengoleskan jel lidah buaya ke permukaan kulit dan biarkan lendirnya meresap.

3. Cuka Apel

Kandungan alkali di dalam cuka apel diklaim dapat mengangkat racun pada tubuh secara alami, termasuk menghilangkan selulit yang bagi sebagian percaya bahwa itu adalah pembukaan racun.

Caranya adalah dengan mengoleskan cuka apel dan membiarkannya semalaman. Setelah 12 jam, kulit yang diolesi cuka apel dipercaya menjadi lebih kencang.

4. Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga telah digunakan sejak lama untuk menghaluskan kulit, melenturkan kulit, hingga merangsang pembentukan kolagen. Hal tersebut secara tidak langsung dapat berguna sebagai cara menghilangkan selulit.

Kita dapat meminum satu atau dua sendok makan minyak kelapa setiap hari atau pun dengan mengusapkannya di bagian kulit berselulit. Akan lebih baik apabila disertai dengan pijatan halus.

Baca Juga  Kandungan, Bahaya dan 11 Manfaat Temu Putih yang Jarang Diketahui

5. Tomat dan Wortel

Dua bahan sayuran tersebut dipercaya dapat digunakan sebagai bahan atau cara menghilangkan selulit secara alami. Caranya adalah dengan menumbuk halus dan mengoleskannya pada bagian kulit yang berselulit.

Lulurkan disertai dengan pijatan halus supaya meresap ke dalam pori-pori. Lakukan Cara tersebut sesaat Sebelum mandi.

Itulah tadi beberapa fakta dan cara cara menghilangkan selulit secara alami. Selulit bisa muncul kapan saja dan pada siapa saja, oleh karena itu sebaiknya kita memulai hidup sehat sejak dini dan sering bergerak.

Amry Hidayat

Ini saya, Amry Hidayat. Terima kasih sudah membaca tulisan-tuisan saya, yang semoga tidak membosankan. Jika memang membosankan, tolong dimaklumi selagi saya terus mengasah kemampuan.

Maklumi juga karena saya ini baru anak Mei 1995 kemarin. Gaya saya yang naratif semoga tidak juga mengganggu. Hal itu karena kegiatan yang tidak jauh dari dunia sastra, sampai membuahkan satu buku puisi berjudul Ampre Memper (2015) dan beberapa antologi bersama di tahun selanjutnya.

Kalau bukan itu, palingan bermain-main dengan gambar bergerak di instagram @amryhidayat.

Request atau beri masukan soal penulisan konten melalui amryhidayat.official@gmail.com atau cari saja saya di sekitar perempuan yang tertawa terbahak-bahak. Jangan datangi rumah saya, karena kadang di Jogja kadang di Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *