sekolah perancis
Mengetahui Model Sekolah Perancis dan Mata Pelajarannya
09/07/2019
cara menghilangkan panu di wajah
Cara Menghilangkan Panu di Wajah Dengan 5 Bahan Alami
10/07/2019

Waspadai Penyebab dan Lakukan 7 Cara Mengobati Panu Dengan Tepat

cara mengobati panu

Cara Mengobati Panu – Panu adalah salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh adanya infeksi dari jamur Malassezia.

Meskipun sebenarnya timbulnya panu pada anggota tubuh sangat mengganggu penampilan, akan tetapi lazimnya jamur yang timbul secara normal pada tumbuh dan kulit tidak akan menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Bahkan, beberapa jenis jamur justru berperan untuk melindungi kita dari beberapa jenis infeksi dan patogen lain yang akan membahayakan. Pada dasarnya jamur memang dapat hidup berdampingan dengan sel tubuh dalam hubungan simbiotik dengan sel kulit.

Baca Juga  Selain Salep, Ini 4 Cara Menghilangkan Panu yang Bisa Dicoba

Akan tetapi, jamur pada kulit juga dapat berkembang biak secara berlebihan karena berbagai macam hal dan jamur tersebut memengaruhi warna atau pigmentasi alami pada kulit, sehingga jika hal tersebut terjadi maka kemungkinan besar kita dapat memiliki bagian kulit yang berwarna lebih terang atau gelap dibandingkan dengan kulit sekitar .

penyebab panu
Apakah Penyebab Panu?

Penyebab panu terjadi ketika ada jamur Malassezia yang berkembangbiak dengan cepat dan tidak terkendali pada permukaan kulit. Faktor yang menyebabkan kenapa jamur ini bisa muncul dan dengan cepat berkembang masih belum diketahui dengan pasti.

Meskipun begitu, beberapa faktor penyebab panu yang diperkirakan dapat mendorong perkembangan jamur pada kulit, adalah sebagai berikut:

1. Berada di tempat yang memiliki cuaca panas dan lembap yang membuat kulit mudah terkena jamur, apalagi tubuh kotor dalam waktu yang cukup lama.

2. Keluar keringat berlebih sehingga kulit menjadi sarang bakteri dan jamur.

3. Kulit berminyak bercampur dengan kotoran dari udara dan sentuhan.

4. Sistem imunitas tubuh yang melemah karena beberapa faktor, sehingga antioksidan di dalam tubuh tidak dapat menangkal gangguan penyakit.

5. Perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh sehingga mempengaruhi metabolisme.

Baca Juga  9 Manfaat Masker Tomat Untuk Kesehatan Kulit dan Pengunaanya

Selain beberapa faktor diatas yang masih menjadi penyebab ada beberapa faktor lain yang dapat membuat panu jadi lebih mudah muncul adalah adanya riwayat penyakit serupa di keluarga atau seseorang yang tinggal bersama dan adanya indikasi kanker kulit.

Tanda-Tanda dan Gejala Panu

Tidak semua perubahan warna kulit yang menjadi lebih terang ketimbang sekitarnya merupakan panu. Sebaliknya, perubahan kulit yang menggelap juga bisa saja panu. Panu yang muncul pada orang dengan kulit gelap bahkan dapat menunjukkan ciri dengan perubahan kulit yang kehilangan warna.

Oleh karena itu, kita harus mengenali tanda dan gejala panu yang sesungguhnya sehingga menerapkan penanganan pada kasus yang tepat. Berikut ini adalah beberapa tanda dan gejala panu yang sebenarnya.

1. Muncul bercak pada kulit dengan warna yang lebih terang atau justru lebih gelap dibandingkan kulit sekitarnya. Bahkan warna yang ditimbulkan jamur dapat berubah menjadi merah muda, merah, gelap, atau cokelat.

Baca Juga  2 Cara Mengobati Cantengan Dirumah Dan Cara Untuk Mencegahnya

2. Kulit terasa kering, gatal, dan bersisik, serta makin kentara ketika terkena sinar matahari atau sedang berjemur.

3. Rentan menghilang atau berkurang ketika berada di cuaca yang lebih dingin dan tidak begitu lembap. Panu cenderung tidak terlihat ketika mandi.

4. Melebar ke area kulit yang biasanya basah lebih lama terkena keringat.

cara mengobati panu

7 Cara Mengobati Panu Dengan Penanganan yang Tepat

Panu yang muncul terutama di tempat yang mudah terlihat tentu saja harus segera diobati agar lebih baik dalam berpenampilan dan bersosialisasi. Meskipun tidak akan menimbulkan kerusakan organ, namun panu tetaplah kelainan.

Berikut ini adalah beberapa langkah dan beberapa penanganan cara mengobati panu yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan panu, lalu apa sajakah itu?

1. Hindari tempat-tempat yang memiliki suhu panas berlebih, seperti berjemur atau beraktivitas terlalu lama di luar ruangan ketika sedang terkena panu.

2. Rajin membersihkan keringat dengan cara mengobati panu dengan mandi menggunakan sabun, bukan hanya mengelap atau memberi bedak pada area yang berkeringat. Namun, beberapa orang percaya bahwa mandi ketika sedang berkeringat justru akan menimbulkan panu.

3. Hentikan sementara penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung minyak dan pilihlah produk yang tidak mengandung minyak atau non-komedogenik.

4. Pilihlah pakaian longgar atau tidak membuat kulit terasa terhimpit.

5. Perhatikan kebersihan peralatan mandi, terutama handuk. Jangan pula bergonta-ganti pakaian dengan orang lain.

6. Lebih baik untuk tidak menggunakan tanning bed atau sun lamp karena akan membuat tinea versicolor lebih jelas terlihat.

7. Pada dasarnya jamur panu hanya tumbuh di permukaan kulit sehingga cara menggosoknya hingga iritasi dipercaya dapat menghilangkan jamur yang menempel. Meskipun begitu, kulit bisa justru memiliki noda hitam bekas gosokan.

Baca Juga  Kandungan dan 16 Khasiat Daun Kelor Untuk Kesehatan Tubuh

Itulah tadi uraian mengenai penyebab panu sampai cara mengobati panu dengan tepat akan tetapi jika misalkan panu masih ada pada area tubuh Anda segera konsultasikan kepada dokter dan jangan lupa sebenarnya kita tidak akan terkena panu apabila kita menjaga kebersihan tubuh, terutama dengan menjaga pergantian sel kulit mati secara teratur.

Amry Hidayat

Ini saya, Amry Hidayat. Terima kasih sudah membaca tulisan-tuisan saya, yang semoga tidak membosankan. Jika memang membosankan, tolong dimaklumi selagi saya terus mengasah kemampuan.

Maklumi juga karena saya ini baru anak Mei 1995 kemarin. Gaya saya yang naratif semoga tidak juga mengganggu. Hal itu karena kegiatan yang tidak jauh dari dunia sastra, sampai membuahkan satu buku puisi berjudul Ampre Memper (2015) dan beberapa antologi bersama di tahun selanjutnya.

Kalau bukan itu, palingan bermain-main dengan gambar bergerak di instagram @amryhidayat.

Request atau beri masukan soal penulisan konten melalui amryhidayat.official@gmail.com atau cari saja saya di sekitar perempuan yang tertawa terbahak-bahak. Jangan datangi rumah saya, karena kadang di Jogja kadang di Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *