penyebab asam lambung naik
Waspada, Ini Gejala dan Daftar Makanan Penyebab Asam Lambung Naik
06/05/2019
penyebab muntaber
Waspadai, Penyebab Muntaber dan Cara Terbaik Untuk Menanganinya
07/05/2019

Wahai Bunda, Ini Cara Menyapih Anak Dengan Cerdas dan Praktis

cara menyapih anak

Cara Menyapih Anak – Menyapih bisa datang dengan banyak emosi campur aduk, Anda mungkin merasa senang dengan kemandirian baru yang Anda dan bayi Anda bisa nikmati, serta kesedihan saat bayi Anda pindah ke tahap lain dalam hidupnya dan Hal ini sepenuhnya normal.

Menyusui selama Anda bisa adalah hal terbaik untuk bayi Anda, bahkan Canadian Pediatric Society merekomendasikan pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan pertama, dan menyusui terus selama itu nyaman bagi Anda dan bayi Anda, bahkan hingga usia balita.

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Menyapih Anak?

Banyak pertanyaan muncul terkait cara menyapih anak, berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan utama yang sering muncul.

Sekitar 6 bulan, bayi Anda akan siap untuk makanan lain. Dia juga akan membutuhkan makanan lain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang sedang tumbuh.

Saat Anda memperkenalkan bayi Anda pada makanan baru, Anda dianjurkan untuk terus menyusui. Anda akan tahu bayi siap untuk memulai makanan lain ketika dia:

Baca Juga  Bunda, Ketahui Makanan Penambah Berat Badan Bayi Sesuai Umur

• Tampak lapar lebih awal dari biasanya.

• Dapat duduk tanpa dukungan, dan memiliki kontrol yang baik pada otot lehernya.

• Pegang makanan di mulutnya tanpa mendorongnya keluar di lidahnya segera.

• Menunjukkan minat pada makanan saat orang lain makan.

• Membuka mulutnya ketika dia melihat makanan datang.

• Dapat memberi tahu Anda bahwa dia tidak menginginkan makanan dengan bersandar atau memalingkan muka.

Jenis Jenis Penyapihan Anak

cara menyapih anak dengan mudah
1. Penyapihan Anak Alami

Penyapihan dapat dilakukan secara alami (dipimpin oleh anak) atau direncanakan (dipimpin oleh ibu). Penyapihan alami atau “penyapihan oleh anak” terjadi ketika bayi Anda mulai menerima lebih banyak — dan berbagai jenis — makanan padat sambil tetap menyusui sesuai permintaan.

Dengan penyapihan jenis ini, Anda memperhatikan isyarat anak Anda dan menyapih dengan kecepatannya. Bayi yang disapih secara alami biasanya berhenti menyusui sepenuhnya antara usia 2 dan 4 tahun.

2. Penyapihan Anak Direncanakan

Penyapihan yang direncanakan atau “penyapihan yang dipimpin oleh ibu” terjadi ketika para ibu memutuskan untuk memulai proses penyapihan.

Baca Juga  Kenali Tanda-Tanda Kolik Pada Bayi dan Cara Mudah Mengatasinya

“Penyapihan sebagian” berarti mengganti satu atau lebih menyusui dengan cangkir atau botol dan menyusui pada waktu lain. Ini dapat bekerja dengan baik jika Anda akan kembali bekerja atau sekolah, tetapi masih ingin menyusui. Pagi-pagi, sore dan malam menyusui dapat berlanjut bahkan jika Anda terpisah dari bayi Anda di siang hari.

cara menyapih anak
Wahai Bunda, Ini Cara Menyapih Anak Dengan Cerdas dan Praktis

Pengalaman menyapih Anda terserah Anda dan bayi Anda. Cobalah untuk mengikuti isyarat bayi Anda jika memungkinkan. Jika Anda merasa bayi Anda tidak cukup mengonsumsi makanan atau cairan lain, temui dokter Anda.

Saat Anda dan bayi siap menyapih, ada beberapa cara menyapih anak yang dapat membantu menjadikan pengalaman itu lebih positif bagi Anda berdua:

Paling mudah bagi Anda dan anak Anda jika menyapih secara bertahap – selama beberapa minggu, bulan, atau bahkan lebih lama. Penyapihan yang tiba-tiba dan tiba-tiba seharusnya hanya dipertimbangkan dalam keadaan ekstrim dan berikut di bawah ini adalah cara menyapih anak dengan cerdas dan praktis:

Baca Juga  Kandungan dan 25 Manfaat Ikan Salmon Untuk Kesehatan Tubuh

1. Mulailah dengan mengganti satu makanan

Ketika satu makanan berjalan dengan baik, gantikan dengan makanan yang lain, dan seterusnya. Lanjutkan dengan cara ini, ganti satu makanan setiap kali. Kecepatannya terserah Anda dan bayi Anda, tetapi secara umum, semakin lambat semakin baik.

Orang lain, seperti ayah bayi Anda, mungkin perlu menawarkan makanan agar bayi Anda menerimanya. Anda bisa mulai dengan cairan (seperti ASI) dalam botol atau cangkir atau makanan pelengkap setelah sekitar 6 bulan. Ikuti petunjuk dari anak kesayangan Anda itu. Dia akan memberi tahu Anda kapan dia sudah cukup waktu untuk disapih.

2. Pegang dan peluk bayi Anda jika Anda menyusu dari botol

Cara menyapih anak selanjutnya Anda memerlukan kedekatan ekstra dan hal ini akan membantu Anda berdua selama proses menyapih. Jangan pernah mengganjal botol. Botol penyangga dapat membuat bayi Anda berisiko tersedak dan menyebabkan karies pada anak usia dini.

Perhatikan isyarat yang Anda berikan kepada bayi Anda. Jika Anda duduk di kursi yang sama yang biasanya Anda gunakan saat menyusui, ia kemungkinan ingin menyusui.

Baca Juga  Mengenali Masa Perkembangan Janin 6 Bulan yang Harus Diperhatikan

3. Hindari Menyapih Secara Tiba Tiba

Jika memungkinkan, hindari menyapih secara tiba-tiba, hal ini bisa membuat Anda tidak nyaman dan membuat bayi Anda kesal. Jika Anda harus minum obat, bicarakan dengan dokter Anda. Ada sangat sedikit obat yang mengharuskan Anda berhenti menyusui.

4. Merawat Payudara

Jika payudara Anda sangat sakit, atau jika Anda dan bayi Anda harus berpisah atau lama, cobalah beberapa saran untuk merawat payudara Anda yang dijelaskan di bawah ini. Jika payudara Anda menjadi tidak nyaman, ungkapkan ASI Anda untuk menghindari saluran yang tersumbat.

Bayi yang sakit jangan tiba-tiba Anda melakukan cara meyapih anak dan solusinya adalah Anda dapat memompa dan menyimpan ASI hingga bayi Anda dapat meminumnya lagi.

cara menyapih anak
Makanan Pelengkap Apa yang Bisa Diberikan?

Sekitar 6 bulan, Anda akan mulai memasukkan makanan padat ke dalam menu makanan bayi Anda. Ketika ini terjadi, bayi Anda akan mulai mengurangi ASI.

Perkenalkan makanan padat satu per satu dan dalam jumlah kecil di awal. Beberapa bayi menjadi sangat sembelit jika mereka diberi terlalu banyak makanan padat sejak dini.

Anda juga bisa memberi bayi sedikit air sekali atau dua kali sehari, biasanya setelah usia 6 bulan. Jangan menawarkan jus pada usia ini. Terlalu banyak jus dapat menyebabkan karies gigi, obesitas atau bahkan kenaikan berat badan dan diare yang buruk.

Baca Juga  15 Cara Menyimpan ASI yang Tepat Berikut Cara Penyajiannya

Jika Anda memberi bayi Anda air, atau susu pengganti, tawarkan dalam gelas darpada botol. Bayi yang disusui dengan mudah belajar minum dari cangkir sejak usia 6 bulan. Anda juga dapat mencoba ini dengan ASI.

Setelah usia 12 bulan, bayi Anda tidak boleh mengonsumsi lebih dari 16 hingga 24 ons (500 mL hingga 720 mL) susu per hari. Kalau tidak, dia tidak mau makan makanan padat. Juga, dia mungkin mengalami anemia defisiensi besi. Jika bayi Anda memiliki alergi susu, bicarakan dengan dokter Anda tentang apa yang harus digunakan untuk pemberian makanan pengganti.

Bayi Menolak Susu, Apakah Berarti Dia Siap Disapih?

Tidak, itu tidak berarti bahwa bayi Anda siap untuk disapih. Kadang-kadang bayi melakukan “mogok menyusui” dan tiba-tiba menolak untuk menyusui. Mungkin ada banyak penyebab, seperti tumbuh gigi, infeksi telinga atau penyakit lain, , perubahan pola makan, sabun, atau bahkan deodoran.

Berikut adalah beberapa tips untuk mendorong bayi Anda untuk mulai menyusui lagi: Jadikan waktu makan menjadi istimewa dan tenang; cobalah untuk membatasi gangguan. Kadang-kadang, ketika bayi bertambah tua, mereka lebih tertarik untuk melihat hal-hal yang terjadi di sekitar mereka kemudian berfokus pada perawatan.

Baca Juga  Cara Menaikan Berat Badan Bayi dan Penyebab Bayi Terlihat Kurus

Peluk dan tenangkan bayi Anda sebanyak mungkin. Tawarkan payudara Anda saat bayi Anda sangat mengantuk atau baru bangun tidur. Jika memungkinkan, coba gunakan berbagai posisi menyusui, sisi alternatif, atau perawat di ruang berbeda.

Jika Anda tidak dapat mengetahui alasan mogok menyusui bayi Anda, kunjungi dokter Anda atau berbicara dengan konsultan laktasi. Jangan frustrasi atau marah. Ingatlah bahwa mogok menyusi bukan berarti bayi Anda menolak.

Rina Hutapea

Hai Guys, selamat datang di laman ini. Perkenalkan nama saya Rina Hutapea, dan saat ini aktif menulis Novel, cerpen, cerbung dan juga artikel. Sebagai seorang yang hobby menulis, traveling dan membaca adalah senjata utama untuk menemukan ide-ide baru.

Namun akan lebih baik lagi jika teman-teman pembaca selalu memberikan kritik dan juga saran, supaya saya bisa menghasilkan tulisan yang lebih baik lagi kedepannya.

Teman-teman juga bisa menghubungi lewat account Instagram Rina_hutapea13, semoga setiap rangkaian kata di laman ini bisa bermanfaat untuk kita semua, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *