cara menghilangkan dahak di tenggorokan
Cara Menghilangkan Dahak Di Tenggorokan Dengan 5 Cara Mudah
25/10/2018
cara menghilangkan bekas koreng
7 Cara Menghilangkan Bekas Koreng Secara Alami dan Tidak Alami
26/10/2018

Kegunaan Baking Soda Bagi Kesehatan Dan Urusan Rumah Tangga

kegunaan baking soda

Kegunaan Baking Soda – Pada umumnya baking soda atau natrium bikarbonat dipakai dalam pembuatan kue. Baking soda memang dikenal karena kemampuannya membuat hasil adonan kue mengembang.

Namun selain kegunaanya sebagai pengembang adonan kue, baking soda juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan membantu keperluan rumah tangga kita.

Kegunaan Baking Soda Bagi Kesehatan Dan Urusan Rumah Tangga

kegunaan baking soda
Lalu, apakah Anda ingin tahu lebih dalam? Simak ulasan lengkapnya yang kami rangkum dari berbagai macam sumber, berikut ini

1.Mengobati asam lambung

Penyakit asam lambung disebabkan oleh asam lambung atau isi lambung naik ke tenggorokan yang mengakibatkan rasa panas pada ulu hati.

Kombinasi baking soda yang dicampur dengan air diyakini dapat mengurangi berbagai permasalahan pencernaan, seperti naiknya asam lambung.

Baking soda memiliki kecenderungan sifat basa, sehingga bisa berfungsi untuk menormalkan atau menetralkan asam lambung.

Cara menggunakan banking soda untuk mengobati asam lambung adalah dengan mancampur seperempat sendok teh baking soda dengan air hangat hingga larut dan minum 3 kali sehari.

Sebelum anda menggunakan baking soda untuk mengobati asam lambung, disarankan untuk konsultasi dulu dengan dokter.

Hal ini karena baking soda mengandung kadar garam dan kadar gas yang tinggi, sehingga tidak dianjurkan untuk orang yang memiliki tekanan darah tinggi atau sedang diet.

2.Membantu kesehatan mulut dan memutihkan gigi

Memiliki gigi putih bersih merupakan idaman setiap orang. Untuk mendapatkannya, kita bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah, misalnya menggunakan baking soda.

Baking soda memiliki kemampuan sebagai scrub yang mengangkat kotoran yang ada pada lapisan luar gigi.

Selain memutihkan gigi, baking soda juga menyehatkan mulut karena membantu untuk menetralkan asam yang ditimbulkan oleh bakteri di mulut.

Baca Juga  Selain Manis, Ini Manfaat Tape Singkong yang Jarang Diketahui

Ada beberapa metode memutihkan gigi dengan baking soda, salah satunya adalah dengan mencampurkan baking soda dan air.

Caranya adalah dengan mencampur baking soda dan air secukupnya, aduk rata hingga tercipta pasta cair. Lalu oleskan campuran ke sikat gigi dan sikat gigi anda selama sekitar 1 menit. Setelah itu kumur-kumurlah dengan air hingga tidak ada lagi sisa baking soda di dalam mulut, dan gigipun akan tampak putih.

Selain itu, ada beberapa metode lainnya diantaranya kombinasi baking soda dengan lemon, cuka apel ataupun dengan pasta gigi

kegunaan baking soda

3.Untuk berendam kaki

Baking soda memiliki kandungan senyawa alkali yang mampu membantu membersihkan racun dan membunuh bakteri.

Karena itu merendam kaki dengan baking soda bermanfaat untuk menghilangkan bau, menyembuhkan kaki pecah-pecah, dan membersihkan minyak berlebih pada kulit kaki.

Selain itu, baking soda juga bermanfaat untuk menyegarkan kaki yang pegal-pegal dan lelah.

Caranya adalah mencampur satu sendok makan baking soda dimasukkan ke dalam ember yang berisi air hangat.

Setelah rata, rendam kaki anda sekitar 30 menit. Kemudian usap kaki anda dengan handuk hingga kaki mengering.

4.Menghilangkan bau badan

Kegunaan baking soda berikutnya adalah untuk menghilangkan bau badan atau sebagai deodoran alami

Bau badan biasanya terjadi ketika kita memiliki keringat berlebih pada kulit kita.

Nah, baking soda memiliki kemampuan untuk menyerap kelembapan kulit sehingga menjaga kulit tetap kering dan mencegah bau ketiak. Baking soda juga memiliki kelebihan lainnya, yaitu membunuh bakteri dan menetralkan asam yang ada pada keringat.

Caranya, anda tinggal mencampur baking soda dan air secukupnya hingga terbentuk pasta. Lalu oleskan pada ketiak, tunggu 15-20 menit kemudian dibilas.

Kegunaan baking soda untuk keperluan rumah tangga

1.Membersihkan kamar mandi

Kamar mandi merupakan sarang dari kuman dan bakteri karena tempatnya yang lembab.

Baking soda memiliki sifat anti bakteri sehingga bisa digunakan untuk membersihkan toilet secara alami. Caranya sangat mudah, anda tinggal menabur butiran baking soda ke bagian kamar mandi yang mau dibersihkan.

Lalu sikat lantai, toilet, maupun dinding kamar mandi dengan sikat basah. Dengan memanfaatkan baking soda yang ada di dapur, akan lebih menghemat pengeluaran anda karena tidak perlu membeli pembersih toilet. Dengan cara yang sama, anda bisa menggunakan baking soda untuk membersihkan dapur ataupun garasi di rumah anda.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Dahak Di Tenggorokan Dengan 5 Cara Mudah

2.Membersihkan noda pakaian

Baking soda merupakan pembersih dan penghilang bau alami, sehingga menambahkannya ke dalam cucian sangat efektif untuk menghilangkan noda dan bau badan (keringat) yang menempel pada pakaian serta melembutkannya.

Selain itu, baking soda juga menjaga mesin cuci anda tetap bersih. Caranya adalah dengan melarutkan baking soda ke dalam ember berisi air, lalu rendamlah pakaian ke dalam larutan baking soda selama semalam, kemudian cuci seperti biasa.

3.Sebagai alat pemadam api sederhana

Jika anda mengalami kebakaran di dapur, maka anda bisa menggunakan baking soda untuk memadamkannya.

Caranya adalah dengan menuangkan baking soda ke dalam botol atau wadah lalu simpan di dapur. Saat terjadi kebaaran ringan di dapur, anda tinggal menuangkan bubuk baking soda ke sumber api.

Baca Juga  Manfaat Senam Aerobik Bagi Kesehatan Tubuh Pria dan Wanita

Hal ini bisa terjadi karena baking soda yang dipanaskan akan menghasilkan karbondioksida. Nah, karbondioksida yang dihasilkan itu akan mengurangi atau mengeliminasi oksigen yang dibutuhkan api.

Selain keguanaan tersebut, baking soda juga berguna untuk membersihkan saluran air, menghilangkan bau tak sedap pada kulkas atau lemari, membersihkan karpet maupun membersihkan perabot dari plastik

Andik Al Jogjawi

Hallo semuanya. Perkenalkan, nama saya Andik. Aku lahir, besar, dan tumbuh di Yogyakarta. Jadi aku merasa ada ikatan yang kuat dengan kota gudeg ini.

Awal mula perkenalanku dengan dunia menulis adalah, ketika aku direkrut menjadi penulis buku di salah satu perusahaan alat pendidikan di Jogja. O ya, salah satu buku karanganku sedang dalam proses cetak oleh perusahaan penerbit di Jogja lho. Doakan aja biar cepat terbit ya.

Biasanya aku menulis topik gaya hidup, tips, dan kesehatan. Buat aku, aktivitas menulis artikel itu sangat menyenangkan, karena ada kepuasan tersendiri ketika kita bisa berbagi informasi maupun ide.

Disamping itu, menulis juga bisa dilakukan di mana aja dan kapan saja. Selain menulis, aku punya hobby lainnya, yaitu jogging. Nah, itu dulu perkenalannya ya. Terima kasih dan salam kenal…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *