ielts preparation course jakarta
Persiapkan Tes IELTS Kamu di IELTS Preparation Course Jakarta
14/11/2018
7 Gejala Difteri Pada Orang Dewasa Yang Wajib Anda Waspadai
15/11/2018

Kenali Tanda-Tanda Kolik Pada Bayi dan Cara Mudah Mengatasinya

Kolik Pada Bayi – Apa itu kolik yang terjadi pada bayi yang baru lahir? Jika Anda adalah seorang ibu baru maka kenali apa tanda kolik dan juga bagaimana penangannya. Apakah Anda sering pusing mendengar tangisan bayi Anda sendiri?

Bahkan Anda mencoba untuk menenangkan mereka, memberikan mainan, menggendong dan juga memberikan Asi, namun tangisan mereka tidak kunjung berhenti. Inilah yang disebut dengan kolik.

Jadi kolik adalah kondisi bayi yang baru lahir dan mereka akan terus menerus tanpa henti. Apapun yang Anda lakukan, Anda tidak akan pernah bisa menghentikan tangisan mereka.

Baca Juga  Apakah Bahaya Bayi Tidur Tengkurap? Berikut Tips Aman Menidurkannya

Hal ini sangat alami terjadi namun sayangnya penyebab dari kolik bayi ini masih belum diketahui hingga sekarang. Karena sifatnya yang alami, kolik bayi sering dianggap hal yang biasa padahal ada beberapa kolik bayi yang merupakan tanda-tanda penyakit dalam yang berbahaya.

Kapan kolik bayi ini terjadi? Biasanya kolik terjadi saat bayi berumur 6 hingga 8 minggu. Setelahnya kolik akan menghilang di minggu ke 8 dan 14. Setiap menangis bayi bisa menghabiskan waktu sleama 3 jam dalam satu hari atau bahkan lebih.

Jika Anda bingung dan sering pusing menghadapi kolik ini maka Anda bisa meriksakannya ke dokter untuk pengecekan lebih lanjut. Yang perlu Anda khawatirkan adalah ketika di atas rentang waktu tersebut bayi Anda terus menangis dalam jangka waktu yang lama.

Kenali Tanda-Tanda Kolik Pada Bayi dan Cara Mudah Mengatasinya

Lalu apa saja tanda-tanda dari kolik pada bayi yang harus diperhatikan? berikut di bawah ini adalah ualsan lengkapnya

1. Jam tangis

Ketika menangis secara terus menerus Anda akan lebih mudah memprediksi jam tangis mereka. Sesi tangis kolik ini akan dilakukan secara teratur. Kebanyakan bayi akan buang air besar setelah selesai menangis.

Baca Juga  Kenali Jenis dan Cara Menghilangkan Biang Keringat Pada Bayi

2. Postur

Saat menangis, bayi akan memiliki perubahan postur tubuh. Bayi akan mengalami kaki melingkar, tangan yang mengepal kencang dengan otot perut kecang karena menangis. Ini adalah hal yang sangat umum dan Anda tidak perlu khawatir.

3. Menangis tanpa alasan

Seperti yang dikatakan bahwa kolik adalah kondisi di mana bayi menangis tanpa alasan yang jelas.

Selain itu tangisan akan menjadi sangat keras dan mungkin banyak ibu atau orang tua yang terganggu karena tangisan ini. Karena tidak ada penyebab yang jelas Anda hanya bisa berusaha menenangkan mereka hingga tangisan berhenti.

Waspadai, Gejala-Gejala Dibawah Ini:

Jika di atas adalah tanda dari kolik yang biasa maka Anda juga harus mewaspadai apabila ternyata tangisan bayi adalah gejala awal dari suatu penyakit. Ini yang tidak boleh Anda remehkan, bahkan tanda-tandanya sangat mudah diketahui bahwa bayi Anda sedang sakit. Berikut ini tanda-tanda yang harus segera diwaspadai:

Baca Juga  Cara Membuat Plastisin Untuk Anak dan Keuntungan Plastin

• Muntah, bayi yang menangis kemudian karena terasa sangat keras mereka bisa saja muntah. Banyak yang bisa mereka muntahkan mulai dari susu, air dan juga lendir. Jika anda menemukan lendir yang keluar berwarna kuning atau hijau maka Anda harus memeriksakan ke dokter karena artinya cairan dalam asam lambung telah keluar.

• Tidak ingin makan, waspadai jika dalam waktu 6 minggu bayi Anda hanya menangis dan tidak ingin makan.

• Diare, diare adalah salahsa tu tanda yang sangat berbahaya, adanya diare membuat anak Anda akan kekurangan cairan dalam tubuh.

• Lemas, tubuh bayi yang sudah mulai lemas setelah menangis artinya mereka sudah tidak memiliki energi.

• Kulit pucat, ada beberapa gangguan penyakit dalam apabila muncul kulit yang pucat dan berwarna biru.

• Gangguan pernapasa, setelah menangis bayi yang normal tetap bisa bernafas dengan baik, namun periksakan bayi Anda jika mereka kesulitan bernafas.

Penanganan Awal Kolik Pada Bayi

Apabila gejala bayi parah di atas muncul maka Anda harus segera membawa mereka untuk diperiksa oleh dokter anak untuk penanganan yang lebih lanjut. Nah bagaimana pencegahan terhadap kolik pada bayi yang normal? Jika bayi Anda hanya menangis maka Anda bisa melakukan beberapa cara untuk bisa meredakan tangisan mereka.

Baca Juga  Mata Bayi Belekan Apakah Normal? Ini Cara Aman Memersihkannya

• Menggendong

Menggendong bayi adalah cara alami yang akan dilakukan setiap ibu atau orang tua. Anda bisa menggendong bayi Anda. Tenangkan bayi sambil menepuk punggung mereka dengan lembut.

Baca Juga  5 Tips Menjaga Tabel Berat Badan Bayi Agar Tetap Sehat

Jika Anda tidak bisa atau lelah menggendong Anda bisa meletakan mereka di kursi goyang.

Anda bisa memeluk mereka sambil meggoyangkan kursi sehingga tangisan perlahan menjadi reda. Anda pun tidak perlu lelah berdiri dan menggendong mereka.

• Berjalan-jalan

jika rumah Anda dekat dengan taman ajak bayi Anda untuk berjalan-jalan sambil menghirup udara yang segar. Di taman bayi Anda juga akan melihat banyak hal yang tentu saja membuat tangisan mereka akan berhenti.

Baca Juga  Catatan Sebelum Memberi Microlax untuk Bayi

• Menyanyikan lagu

Anda bisa menepuk punggung dan pantat mereka secara lembut sambil menyanyikan lagu yang mereka suka. Anda juga bisa menambahkan pelukan atau menyanyikannya sambil berdiri dan menggendong mereka. Getaran suara dari dalam tubuh Anda yang melekat ke bayi akan membawa ketenangan.

Felichyta Yuliarti

Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.

Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.

Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.

Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya. Salam kenal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *