manfaat sawi
Selain Kaya Akan Nutrisi, Ini 6 Manfaat Sawi Untuk Kesehatan
09/04/2019
asas otonomi daerah
Mengenal Sejarah Asas Otonomi Daerah di Negara Indonesia
10/04/2019

Bunda, Ketahui Makanan Penambah Berat Badan Bayi Sesuai Umur

makanan penambah berat badan bayi

Makanan Penambah Berat Badan Bayi – Banyak orang tua khawatir jika anak mereka yang baru lahir terlihat lebih kecil daripada anak usia yang sama pada bayi lainnya. Kekhawatiran ini kemudian terus dipelihara ketika anak sudah besar dan menjadikan ibu atau ayah bayi merasa selalu was-was dengan perkembangan si kecil.

Namun, Anda tidak perlu khawatir dengan berat badan bayi pada rentang usia 0 bulan hingga sekitar 3 tahun. Karena pada rentang demikian, berat badan bayi masih bisa dikatrol atau dinaikkan secara bertahap dengan memberikan asupan makanan penambah berat badan bayi secara alami.

Baca Juga  4 Syarat Kandungan Susu Penambah Berat Badan Anak

Sebelum memberikan makanan penambah berat badan bayi. Sebaiknya anda tahu rentang berat badan bayi secara normal sepanjang usia 0 bulan hingga 3 tahunan. Hal ini penting agar anda tidak terlalu khawatir dan memaksakan si kecil untuk terus-terusan makan.

Tentu saja anda tidak ingin si kecil kelebihan berat badan atau obesitas karena terus menerus diberikan asupan makanan. Karena bayi yang cenderung obesitas justru akan membahayakan kesehatan si bayi itu sendiri.

Rentang Berat Badan Bayi Menurut Usia

makanan penambah berat badan bayi

Rentang berat badan bayi pada usia o bulan atau baru saja lahir adalah sekitar 2,5 kilogram sampai 4 kilogram. Jika berat badan bayi anda di bawah angka tersebut atau di atas angka tersebut. Konsultasikan dengan dokter.

Baca Juga  Jangan Khawatir Bun, Ini 4 Cara Mengatasi Kembung Pada Bayi

Dokter akan melakukan tindakan-tindakan yang disesuaikan untuk merawat si bayi. Sementara untuk usia 5 bulan, berat badan bayi normal adalah dua kali lipat saat bayi lahir. Sementara usia satu tahun, berat badan bayi sekitar tiga kali lipat berat badan saat lahir. Sementara untuk usia 2,5 tahun, berat badan bayi sekitar empat kali berat badannya saat lahir.

makanan penambah berat badan bayi

Bunda, Ketahui Makanan Penambah Berat Badan Bayi Sesuai Umur

Untuk memberikan makanan penambah berat badan bayi. Mula-mula Bunda harus tahu bahwa bayi umur 0 bulan sampai 6 bulan tidak boleh mengonsumsi makanan apapun, kecuali ASI dan hal ini harus diperhatikan.

Karena saluran usus bayi belum sempurna dan belum bisa mencerna makanan padat. ASI adalah asupan satu-satunya yang harus diberikan ibu bayi. Jika ingin menambah berat badan bayi, maka si ibu harus banyak makan-makanan bergizi dan sehat. Agar vitamin dan mineral dari makanan si ibu bisa disalurkan melalui ASI kepada si bayi.

Baca Juga  Selain Rasanya Nikmat, 9 Susu Penambah Tinggi Badan Ini Bisa Dicoba

– Makanan bayi usia 6 bulan

Jangan pernah memaksakan bayi di bawah usia 6 bulan untuk diberikan pisang atau telur. Karena pernah terjadi bayi tersedak, dan bayi mengalami masalah perut hingga menyebabkan kematian. Bayi baru boleh diberikan pisang dalam bentuk bubur pisang.

Ingat! Bubur pisang ya. Sebagai suplemen makanan penambah berat badan bayi di usia 8 bulan ke atas. Antara usia 6 bulan hingga 8 bulan jika berat badan bayi belum standar bisa anda berikan ASI dan tambahan susu formula. Sementara bubur pisang yang lembut baru bisa diberikan di atas usia 8 bulan.

– Makanan bayi umur 8 bulan ke atas

Setelah usia 8 bulan ke atas. Bayi bisa diperkenalkan dengan makanan penambah berat badan bayi yang bertekstur lembut. Misalnya kuning telur bisa dihaluskan dengan campuran kaldu. Kuning telur ini bermanfaat untuk perkembangan otak si bayi.

Selain kuning telur, ada juga alpukat yang bermanfaat untuk saluran pencernaan bayi. Selain itu, anda bisa menambahkan minyak zaitun sebagai makanan penambah berat badan bayi. Caranya dengan mencampurkan pada bubur yang di makan si kecil. Minyak zaitun ini mengandung lemak yang baik untuk kesehatan bayi.

Baca Juga  4 Susu Penambah Berat Badan Bayi Paling Rekomendasi

Selain makanan di atas, terdapat juga daging ayam dengan bentuk kuah kaldu. Jadi daging ayam yang sudah disuwir-suwir dan dijadikan kuah kaldu. Nah, kuah kaldunya ini yang dijadikan suplemen makanan penambah berat badan bayi. Kuah kaldu ayam mengandung banyak vitamin, protein, lemak dan berbagia mineral untuk tumbuh kembang bayi.

Rianto Subandi

Hai, selamat datang di lapak inspirasi. Lapak ini adalah kumpulan inspirasi yang ditulis sembari menikmati secangkir teh manis dan sepotong senja di sore hari.

Selanjutnya, perkenalkan nama saya Rianto, menjadi blogger sejak 2009. Remah remah tulisan saya mengenai inspirasi kehidupan dapat ditelusuri di blog ini atau di kompasiana. selamat menikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *