cara membuat pasir kinetik
3 Cara Mudah Membuat Pasir Kinetik Sendiri Murah dan Aman
18/02/2019
cara mengatasi cegukan
Penyebab dan 5 Cara Mengatasi Cegukan Dengan Bahan Alami
19/02/2019

6 Macam Makanan Pendamping Asi yang Sehat dan Bergizi

makanan pendamping asi

Makanan Pendamping Asi – Bayi membutuhkan susu sebagai makanan utama. Asi adalah makanan utama untuk bayi terbaik yang harus diberikan. Bayi yang baru saja lahir tidak bisa diberikan makanan dan minuman lain selain Asi atau susu formula jika Asi tidak keluar.

Namun semakin cepat perkembangan bayi maka Asi harus memulai dikurangi dan memperkenalkannya dengan jenis makanan atau minuman lainnya. Para ibu harus cermat dalam memilih minuman dan makanan pendamping Asi nantinya.

Baca Juga  Waspada, Inilah 5 Penyebab Mimisan Pada Anak dan Cara Mengatasinya

Minuman dan makanan pendamping Asi ini hanya dapat diberikan setelah bayi berumur lebih dari 6 bulan. Pada saat itu organ pencernaan bayi sudah kuat dan cukup siap untuk menerima asupan makanan dari sumber yang lainnya.

6 Macam Makanan Pendamping Asi yang Sehat dan Bergizi

makanan dan minuman pendamping asi
Nah apa saja minuman yang bisa dipersiapkan oleh para ibu nantinya? Berikut ini macam-macam makanan dan minuman pendamping Asi yang harus disiapkan dari sekarang.

1. Susu kambing

Bayi yang sudah berumur lebih dari 6 bulan hingga 12 bulan bisa diberikan susu kambing. Susu ini lebih baik daripada susu sapi karena sifat protein dalam susu kambing lebih mudah dicerna oleh bayi.

Susu kambing juga akan meningkatkan imun pada bayi agar tidak mudah sakit. Selain itu juga akan membantu pertumbuhan tulang serta gigi. Susu kambing juga mengandung vitamin dan mineral yang lebih tinggi dibandingkan susu yang lainnya.

Baca Juga  Daftar Buah dan Makanan yang Mengandung Asam Folat dan Manfaatnya

2. Apel

Jangan bingung dulu karena apel yang diberikan pada bayi bukanlah apel dalam bentuk padat. Anda harus membuatnya sebagai makanan yang halus atau minuman. Takaran yang tepat adalah satu sendok teh apel yang telah dihaluskan ditambah dengan empat sendok teh air putih atau susu.

Apel mengandung banyak vitamin C dan vitamin lainnya yang akan meningkatkan daya tubuh bayi Anda. Rasanya pun manis sehingga bayi akan mendapatkan rangsangan rasa pada lidah mereka.

3. Air putih

Jika Anda sudah memberikan makanan pendamping Asi, maka berikan air putih di akhir bayi makan. Air putih akan memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh bayi dan membantu pencernaan mereka.

Air putih sangat disarankan untuk dikonsumsi sering ketika bayi mulai diperkenalkan dengan makanan pendamping Asi.Selain di akhir makan, air putih juga dapat diberikan di awal dan disela-sela makan.

buah pendamping asi

4. Jus pepaya

Beberapa dokter menyarankan untuk memberikan jus pada anak. Buah yang sebaiknya digunakan adalah buah pepaya. Kandungan vitamin buah pepaya cukup tinggi untuk bayi. Selain itu kandungan airnya cukup tinggi dan akan mengenyangkan bayi.

Cara membuat jus pepaya ini adalah ditambahkan dengan air secukupnya. Kemudian blender hingga benar-benar halus. Saring hingga mendapatkan sari buah pepaya. Berikan pada bayi dalam jumlah sekitar 4 hingga 6 ons sehari.

Baca Juga  Selain Test Pack, Ini Caranya Tes Kehamilan Dengan Pasta Gigi

5. Alpukat

Apakah alpukat aman untuk bayi? Jawabannya adalah iya. Alpukat sangat bermanfaat sebagai makanan pendamping Asi. Kandungan protein nabati yang terkandung di dalamnya cukup tinggi sehingga memenuhi kebutuhan protein bayi yang aman.

Cara membuatnya adalah dengan menghaluskan alpukat dengan air sampai benar-benar halus. Saring alpukat sampai menjadi bubur. Di awal pemberian pastikan bentuknya benar-benar cair.

Pemberian alpukat semakin mengental seiring pertumbuhan bayi. Cara ini akan membantu pencernaan bayi menyesuaikan dengan makanan padat.

6. Yogurt atau krim keju

Anda bisa memberikan yogurt atau krim keju setelah bayi berumur 12 bulan. Rasa asam dari yogurt dan keju akan membuat bayi mengenal rasa lain dan memperkuat lambung mereka.

Yogurt memiliki banyak vitamin yang akan meningkatkan daya tahan tubuh bayi. Sedangkan keju akan mengenyangkan bayi cukup lama. Jadi pastikan Anda memberikan dalam jumlah yang tidak berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *