universitas di perancis dan jurusannya
Daftar 10 Universitas di Perancis dan Jurusannya yang Perlu Diketahui
19/12/2018
makanan penyubur kandungan
5 Daftar Makanan Penyubur Kandungan Untuk Wanita
20/12/2018

Menakjubkan, Inilah 10 Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

manfaat buah naga untuk ibu hamil

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil – Selama kehamilan ibu perlu memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsinya, karena apa yang dikonsumsi ibu juga akan berdampak pada janin yang dikandungnya. Hal itu membuat ibu hamil menjadi berhati – hati dalam mengonsumsi makanan.

Banyak ibu hamil muda yang belum mengetahui manfaat buah naga untuk ibu hamil. Sebagian ibu hamil mempertanyakan apakah buah naga baik untuk dikonsumsi selama kehamilan karena mereka khawatir buah naga tidak baik untuk kehamilan mereka.

Baca Juga  Amankah Konsumsi Yakult untuk Ibu Hamil? Ini Penjelasannya

Faktanya, buah naga baik dikonsumsi selama kehamilan buah naga kaya akan nutrisi yang baik untuk ibu hamil dan perkembangan janin yang ada di dalam kandungan. Bahkan berbagai nutrisi yang terkandung di dalam buah naga, terutama buah naga merah dapat melindungi bayi dari cacat lahir. Menakjubkan bukan?

khasiat buah naga untuk ibu hamil
Menakjubkan, Inilah 10 Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Kandungan nutrisi yang terdapat pada buah naga diantaranya serat, vitamin B1, B2, protein, karbohidrat, zat besi, antioksidan dan masih banyak kandungan nutrisi lainnya. Apa saja manfaat buah naga untuk ibu hamil? Yuk kita simak uraiannya di bawah ini.

1. Mengandung Banyak Serat

Buah naga mengandung banyak serat yang sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Dalam 1 porsi buah naga diperkirakan terdapat 0,3 – 0,9 gram serat. Mengonsumsi buah naga akan membantu ibu terhindar dari gangguan pencernaan seperti sembelit.

2. Mencegah Cacat Lahir

Di dalam buah naga terkandung asam folat yang berperan penting dalam menjaga kesehatan janin. Asam folat merupakan sebutan untuk vitamin B9 yang dikenal juga dengan nama folat. Asam folat berfungsi untuk membantu perkembangan otak dan sumsum tulang belakang bayi sehingga dapat mencegah cacat lahir pada bayi.

Selain itu, asam folat dipercaya dapat menurunkan risiko terjadinya keguguran pada awal kehamilan serta meminimalisir terjadinya preeklamsia pada ibu hamil. Karena banyaknya manfaat asam folat yang terdapat dalam buah naga, ibu hamil disarankan mengonsumsi buah naga.

3. Membantu Pembentukan Sel Darah Merah

Ibu hamil sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, karena kekurangan zat besi selama kehamilan akan berdampak pada bayi yang dikandung. Beberapa dampaknya seperti berat badan bayi rendah dan bayi terlahir dalam kondisi prematur.

Buah naga disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil karena mengandung zat besi sebanyak 0,55 Fe dalam tiap 100 gram buah naga. Tingginya kandungan zat besi ini sangat baik untuk ibu hamil karena zat besi membantu proses pembentukan sel – sel darah merah. Dengan mengonsumsi buah naga, ibu hamil akan terhindar dari penyakit anemia dan mencegah bayi lahir prematur.

manfaat buah naga untuk ibu hamil

4. Mengatasi Sembelit

Kurangnya konsumsi sayur dan buah – buahan dapat menyebabkan ibu hamil menjadi sembelit atau susah buang air besar. Salah satu manfaat buah naga untuk ibu hamil yaitu membantu mengatasi masalah sembelit karena buah naga mengandung serat.

Kebutuhan serat harian untuk ibu hamil sekitar 28 gram. Sedangkan satu porsi buah naga mengandung serat sebanyak 0,3 – 0,9 gram serat. Tercukupinya kebutuhan serat harian dapat memperlancar pencernaan dan mencegah sembelit.

Baca Juga  7 Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil, Salah Satunya Menjaga Kesehatan Janin

5. Meningkatkan Sistem Imun pada Ibu Hamil

Tingginya kandungan vitamin C pada buah naga berperan dalam menjaga sistem imun atau daya tahan tubuh pada ibu hamil. Daya tahan tubuh yang kuat akan membuat ibu hamil tidak mudah terserang penyakit seperti flu, infeksi bakteri dan penyakit lainnya.

6. Sebagai Sumber Energi

Buah naga mengandung karbohidrat yang dapat memberikan sumber energi untuk ibu hamil. Karbohidrat yang terkandung pada tiap 100 gram buah naga sekitar 9 – 14 gram. Mengonsumsi buah naga dapat membantu ibu hamil mendapatkan tambahan energi.

7. Membantu Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi

Buah naga kaya akan nutrisi yang menjadikan buah naga bermanfaat bagi ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Kandungan riboflavin pada buah naga berperan dalam membantu pertumbuhan otot, saraf dan tulang bayi. Manfaat buah naga untuk ibu hamil ini bisa diperoleh dengan mengonsumsi buah naga secara rutin agar kebutuhan nutrisi dapat terpenuhi.

8. Membantu Perkembangan Otak

Janin membutuhkan nutrisi untuk membantu perkembangan otaknya. Dengan mengonsumsi buah naga, nutrisi yang diperlukan untuk perkembangan otak janin dapat tercukupi karena buah naga mengandung tiamin. Sehingga manfaat buah naga untuk ibu hamil ini membantu perkembangan otak pada bayi di dalam kandungan.

9. Membantu Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Manfaat buah naga untuk ibu hamil selanjutnya, ibu hamil mendapatkan kalsium yang terdapat pada buah naga. Kandungan kalsium di dalam buah naga bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi pada janin.

Baca Juga  11 Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil Yang Jarang Diketahui

10. Melindungi Sel dari Kerusakan

Buah naga kaya akan antioksidan yang berperan dalam menangkal radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel. Manfaat buah naga untuk ibu hamil dapat melindungi membran sel pada anak dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Embun Rinjani

Nama pena saya Embun Rinjani. Teruntuk para pembaca, terima kasih telah membaca tulisan – tulisan saya. Saya senang bisa berbagi informasi dan pengetahuan dengan para pembaca semuanya.

Saya memiliki hobi traveling, membaca, dan menulis. Sesuai dengan hobi saya, saya suka pergi ke tempat – tempat baru yang belum pernah saya kunjungi.

Dengan membaca, saya bisa menambah wawasan dan juga mendapatkan informasi – informasi yang update. Dari hobi membaca itu, saya jadi suka menulis. Semoga tulisan – tulisan saya bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *