cara memperkenalkan diri dalam bahasa jerman
Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Jerman yang Bisa Dicoba
30/01/2019
makanan yang mengandung asam folat
Daftar Buah dan Makanan yang Mengandung Asam Folat dan Manfaatnya
30/01/2019

15 Manfaat Daun Pegagan Si Tanaman Gulma Untuk Kesehatan

manfaat daun pegagan

Manfaat Daun Pegagan – Centella Asiatica atau lebih dikenal oleh masyarakat nusantara dengan nama pegagan, adalah tanaman liar yang memiliki daun berbentuk melingkar.

Pegagan termasuk tanaman yang merambat dengan stalon karena tidak memiliki batang, melainkan hanya rimpang pendek. Pada satu tunas tanaman pegagan ini terdapat beberapa tangkai, dengan tiap tangkainya hanya ada satu daun.

Baca Juga  Selain Dijadikan Jamu Beras Kencur, Ini 6 Khasiat Kencur Lainnya

Meskipun dianggap sebagai gulma, namun siapa sangka bahwa terdapat banyak manfaat daun pegagan bagi kesehatan.

Jenis-Jenis Pegagan

Di Indonesia, terdapat dua jenis pegagan yang paling banyak dikenal, yaitu pegagan merah dan pegagan hijau.

Pegagan merah atau lebih dikenal dengan nama daun antanan batu adalah jenis pegagan yang banyak tumbuh di kebun atau daerah bebatuan. Sementara itu, pegagan hijau lebih sering tumbuh di daerah yang lembab, seperti tepian sungai.

Selain dua jenis pegagan tersebut, sebenarnya masih ada jenis lainnya, seperti pegagan kembang, pegagan beurit, dan pegagan air yang biasa digunakan pecinta aquascape.

Kandungan Daun Pegagan

Meskipun terdapat beberapa jenis, namun kandungan pegagan diklaim tidak terlalu banyak berbeda. Beberapa senyawa yang terdapat dalam daun pegagan adalah brahmic acid, brahminoside, asiaticoside, isothankuniside, dan madecassoside.

Selain itu, ada juga senyawa brahmoside, madasiatic acid, meso-inositol, centelloside, carotenoids, thankuniside, hydrocotylin, vellarine, dan tanin.

Baca Juga  6 Manfaat Buah Srikaya Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Terdapat juga kandungan beberapa mineral seperti natrium, magnesium, kalium, kalsium dan besi. Ada pula kandungan yang cukup diperhatikan, yaitu glikosida triterpenoida yang diklaim merupakan antilepra dan penyembuh luka.

khasiat daun pegagan
15 Manfaat Daun Pegagan Si Tanaman Gulma Untuk Kesehatan

Dengan senyawa-senyawa dan kandungan mineral yang ada di dalamnya, tidak heran jika pegagan memang sangat baik dijadikan obat herbal. Faktanya, pegagan memang telah digunakan dalam pengobatan tradisional di Cina dan India.

Pengobatan tradisonal tersebut biasanya memanfaatkan pegagan untuk menyembuhkan luka, mengobati sifilis, pembelahan mental, ulkus lambung, epilepsi, asma, hepatitis dan diare.
Medis juga telah menyebutkan bahwa pegagan baik untuk mengobati varises, psoriasis, dan insufisiensi kronis, meskipun harus dicampur dengan beberapa bahan yang lainnya.

Selain itu, manfaat daun pegagan bisa dikonsumsi secara tunggal atau tidak perlu menambahkan bahan lain adalah sebagai berikut.

1. Menurunkan gula dalam darah. Walaupun memiliki cita rasa sedikit manis, namun pegagan ini terbukti tidak menambah kandungan glukosa dalam darah.

2. Mengobati iritasi kulit dan menurunkan suhu panas tubuh(antipiretika). Hal itu karena pegagan memiliki sifat mendinginkan.

3. Membersihkan dan melancarkan peredaran darah, khususnya sirkulasi darah pada lengan dan kaki.

4. Melancarkan buang air kecil karena bersifat diuretik.

5. Membantu tubuh untuk menghentikan pendarahan (haemostatika).

6. Meningkatkan fungsi syaraf memori, daya ingat, dan mental.

Baca Juga  Meski Asam Khasiat Belimbing Wuluh Sangat Beragam Untuk Tubuh

7. Anti bakteri dan tonik alami.

8. Antispasma dan antiinflamasi.

9. Hipotensif.

10. Insektisida alami.

11. Antialergi dan stimulan bagi tubuh.

12. Mengantisipasi adanya pertumbuhan jaringan kulit pada bekas luka secara berlebihan atau disebut juga keloid.

13. Mampu mengurangi stres atau depresi.

14. Menurunkan tekanan darah secara tidak drastis. Hal tersebut sangat baik bagi seseorang yang sudah usia lanjut.

cara memasak daun pegagan
Nama Lain Pegagan

Jika kamu ingin mengonsumsi pegagan, maka sebenarnya bisa dengan mudah ditemukan di sekitar rumah. Bisa juga tanaman ini memiliki nama lain di daerahmu. Nah, berikut ini adalah nama-nama lain dari pegagan.

1. Cirebon: Semanggen

2. Aceh: Peugaga,

3. Banjar: Jalukap

4. Sumatra Utara: Ampagaga

5. Sunda: Antanan, dulang sontak

6. Jawa: Gagan-gagan, rendeng, pane gowang

Baca Juga  10 Manfaat Daun Kumis Kucing Sebagai Obat Tradisional

7. Bali: Piduh

8. Lombok: Bebele

9. Papua: Sandanan

10. Makasar: Pagaga

11. Bugis: Daun tungke

12. Minang: Pigago

13. Solok: Daun tapak kudo

Cara Pengolahan Pegagan

Untuk mendapatkan berbagai manfaat pegagan tersebut, kita bisa mengonsumsinya dengan banyak cara. Salah satu yang paling banyak adalah dengan membuat daun pegagan menjadi teh untuk diminum air seduhannya.

Baca Juga  Selain Rasanya Nikmat, Inilah 9 Manfaat Sayur Kangkung Bagi Kesehatan

Selain itu, karakteristik daun pegagan yang tidak berbulu menjadikannya aman untuk dikonsumsi secara segar. Beberapa orang mengonsumsinya dengan menjadikannya sebagai lalapan. Pegagan juga bisa ditumbuk dan dioleskan pada bagian kulit yang iritasi.

Jika ingin lebih praktis, maka kini sudah banyak produk berbentuk kapsul, krim, hingga body lotion berbahan pegagan ini dan semoga saja artikel mengenai manfaat daun pegagan dapat bermanfaat yah bagi kita semua.

Amry Hidayat

Ini saya, Amry Hidayat. Terima kasih sudah membaca tulisan-tuisan saya, yang semoga tidak membosankan. Jika memang membosankan, tolong dimaklumi selagi saya terus mengasah kemampuan.

Maklumi juga karena saya ini baru anak Mei 1995 kemarin. Gaya saya yang naratif semoga tidak juga mengganggu. Hal itu karena kegiatan yang tidak jauh dari dunia sastra, sampai membuahkan satu buku puisi berjudul Ampre Memper (2015) dan beberapa antologi bersama di tahun selanjutnya.

Kalau bukan itu, palingan bermain-main dengan gambar bergerak di instagram @amryhidayat.

Request atau beri masukan soal penulisan konten melalui amryhidayat.official@gmail.com atau cari saja saya di sekitar perempuan yang tertawa terbahak-bahak. Jangan datangi rumah saya, karena kadang di Jogja kadang di Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *