khasiat buah pepaya
Selain Untuk Kesehatan Mata, Ini 11 Khasiat Buah Pepaya Lainnya
18/04/2019
manfaat buah rambutan
12 Manfaat Rambutan, Salah Satunya Untuk Seksualitas Pria
18/04/2019

Kandungan dan 25 Manfaat Ikan Salmon Untuk Kesehatan Tubuh

manfaat ikan salmon

Manfaat Ikan Salmon – Sebagai sumber protein berkualitas tinggi, ikan salmon memang sedang populer menjadi bahan makanan pilihan. Beberapa kandungan mineral penting seperti kalium, Ada juga asam EPA dan DHA, selenium, vitamin B12 tas, dan asam lemak omega 3, menjadikan ikan salmon sebagai favorit.

Berdasarkan kandungan-kandungan tersebut, ada banyak manfaat ikan salmon untuk kesehatan tubuh apabila dimasak secara optimal. Berikut ini adalah beberapa manfaat ikan salmon.

Luar Biasa, Ini 25 Manfaat Ikan Salmon Untuk Kesehatan Tubuh

manfaat salmon

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan asam lemak omega 3 yang terdapat dalam ikan salmon akan menjaga kesehatan jantung dengan cara mengurangi terjadinya peradangan di seluruh tubuh. Diketahui bahwa peradangan dapat merusak pembuluh darah dan menyebabkan penyakit jantung.

Baca Juga  8 Cara Menaikan Berat Badan yang Sehat, Mudah Dan Tepat

Asam lemak omega 3 juga akan menurunkan trigliserida atau kolesterol jahat penyebab naiknya tekanan darah hingga stroke.

2. Mengoptimalkan Perkembangan Otak

Manfaat ikan salmon yang paling banyak diketahui umum adalah kandungan kandungannya yang dapat mengoptimalkan perkembangan dan cara kerja otak, terutama pada anak-anak.

Hal itu dapat terjadi karena pengaruh asam lemak omega 3 dan EPA. Kandungan asam lemak omega-3 juga dikatakan sangat penting bagi anak-anak yang mengalami gangguan pemusatan perhatian atau ADHD.

3. Menjaga Kesehatan Kulit Dan Rambut

Khususnya bagi seseorang yang sedang menjalani program diet lemak, lazimnya akan menyebabkan kulit dan rambut kekurangan lemak.

Manfaat ikan salmon akan membuat rambut dan kulit tetap lembab namun tidak meninggalkan lemak jenuh di dalam tubuh. Kandungan lemak yang cukup pada rambut dan kulit akan membuatnya tetap cerah dan kenyal.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Selain diproduksi oleh tubuh dari hasil pembakaran sinar matahari, vitamin D ternyata juga dapat diperoleh dari ikan salmon. Vitamin D diketahui sangat penting dalam meningkatkan kesehatan tulang.

5. Mengurangi Depresi

Sekali lagi, asam omega 3 membuat manfaat ikan salmon dapat dijadikan sebagai antidepresan atau obat depresi. Hal tersebut lebih manjur apabila digunakan pada ibu pasca kehamilan.

Baca Juga  3 Makanan Pantangan Ibu Hamil yang Perlu Anda Hindari

6. Memperkuat sistem imunitas tubuh.

Antioksidan dan berbagai kandungan vitamin di dalam ikan salmon ikut berperan dalam menolak gangguan kesehatan ringan.

7. Menjaga kesehatan mata.

8. Mengurangi resiko diabetes.

9. Menyembuhkan berbagai masalah saraf.

10. Mengurangi efek negatif bagi seseorang yang mengonsumsi obat-obatan banyak.

11. Menyamarkan keriput dan guratan pada kulit tanda penuaan dini.

12. Menjaga kesehatan otot.

13. Mengurangi resiko terkena kanker kolon dan prostat.

14. Mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis.

15. Membantu dalam menyembuhkan luka lebih cepat.

Baca Juga  Perhatikan 11 Pengobatan Cacar Air Ini Agar Tidak Menular

16. Mengurangi resiko berbagai gangguan mental, seperti depresi dan alzheimer.

17. Mengoptimalkan fungsi pembuluh darah.

18. Berperan penting dalam pembentukan otak bayi dan mata bayi selama kehamilan.

19. Menormalkan pola lipid darah.

20. Meningkatkan daya ingat

21. Ekstrak ikan salmon memang diketahui diunggulkan perannya dalam meningkatkan kinerja otak. Kandungan asam lemak omega 3 dapat mengurangi resiko terjadinya demensia dan hilangnya fungsi mental.

manfaat salmon

22. Anti inflamasi

Ikan salmon juga mengandung asam lemak Omega 6 pro inflamasi yang biasanya terdapat pada makanan racikan modern. Kandungan tersebut dapat mengurangi peradangan atau inflamasi penyebab sel rusak dan pantogen masuk.

23. Menjaga suhu tubuh

Mengonsumsi ikan salmon ternyata juga dapat membuat suhu tubuh kita lebih mudah menyesuaikan lingkungan. Di daerah negara beriklim dingin, mengonsumsi ikan salmon dapat mengangkat tubuh.

24. Pelumas sendi

Asam lemak esensial dan kandungan mineral yang terdapat dalam salmon akan membuat sendi terlumasi. Untuk mendapatkan manfaat ikan salmon yang satu ini, konon katanya bawa dibakar adalah cara terbaik.

Baca Juga  Selain Rasanya Nikmat, Inilah 9 Manfaat Sayur Kangkung Bagi Kesehatan

25. Mengurangi berat badan

Di dalam daging ikan salmon terdapat kandungan protein yang cukup besar namun memiliki lemak jenuh yang lebih sedikit dibandingkan bahan serupa. Oleh karena itu, ikan ini dapat dikonsumsi ketika sedang diet atau berusaha menurunkan berat badan.

Itulah tadi uraian singkat mengenai manfaat ikan salmon yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Meskipun ikan salmon memiliki nutrisi yang banyak, namun tentu saja kita harus mengimbanginya dengan bahan makanan yang lainnya, terutama sayur-sayuran yang mengandung serat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *