manfaat tape singkong
Selain Manis, Ini Manfaat Tape Singkong yang Jarang Diketahui
22/10/2018
universitas di jerman yang gratis
Daftar Universitas Di Jerman yang Gratis Ini Perlu Anda Coba
23/10/2018

Manfaat Senam Aerobik Bagi Kesehatan Tubuh Pria dan Wanita

manfaat senam aerobik

Manfaat Senam Aerobik – Pada era modern ini, kebutuhan olahraga bagi masyarakat menjadi kebutuhan primer. Bukan lagi kebutuhan nomer dua yang diselip-selipkan jika ada kesempatan.

Peningkatan kebutuhan ini juga menjadi bagian dari anjuran hidup sehat. Banyak masyarakat yang terpapar penyakit-penyakit degeneratif karena kekurangan olahraga, sering berdiam diri, dan kurang banyak gerak serta seringnya melakukan gaya hidup yang buruk

Sehingga berbagai macam penyakit seperti diabetes, jantung koroner hingga gagal ginjal siap menyerang Anda yang malas berolahraga.

manfaat senam aerobik

Olahraga Penting Untuk Kesehatan

Biasanya hal tersebut diawali dengan gaya hidup buruk. Serta disertai kurangnya disiplin dalam mengatur asupan makanan dan waktu berolahraga.

Terutama bagi pekerja kantoran. Waktu yang sempit dari pagi hingga sore. Memaksa mengurangi waktu olahraga. Hingga kecukupan materi dari kantor. Membuat anda makan-makanan junk food.

Makan-makanan dengan banyak gula dan karbohidrat. Serta kekurangan serat sayur-sayuran dan buah-buahan. Ditambah anda sering merokok dan minum-minuman beralkohol. Maka resiko-resiko tersebut semakin besar mengintai anda.

Trend olahraga masyarakat dari tahun ke tahun mengalami perubahan. Dari yang awalnya membutuhkan banyak materi. Seperti olahraga di fitness atau gym. Kemudian bergeser ke olahraga sepeda.

Bergeser lagi ke lari marathon dengan banyaknya fun run. Kemudian berganti menjadi senam. Senam menjadi bagian dari olahraga yang menarik. Setelah muncul nama-nama senam populer. Seperti senam poco-poco dan senam gemufamire.

Baca Juga  Pentingnya Senam Anak TK Pada Usia Dini dan Manfaatnya

Apalagi senam-senam ini diiringi lagu-lagu pop dangdut. Sehingga membuat masyarakat semakin tertarik menjadikan senam sebagai olahraga rutin. Selain senam-senam dengan nama-nama tertentu. Ada senam aerobik yang menjadi favorit kalangan wanita. Senam-senam aerobik banyak digelar di rumah-rumah warga.

Mereka biasanya mengadakan senam secara rutin sekali sepekan. Terutama di hari minggu pagi agar banyak masyarakat ikut serta. Kelebihan senam aerobik dibanding olahraga yang lain. Terletak pada musik pengiring yang membuat olahraga semakin semarak dan ceria. Selain itu, senam aerobik mempunyai instruktur, sehingga memudahkan pemula gampang mengikuti.

manfaat senam aerobik
12 Manfaat Senam Aerobik Bagi Kesehatan Tubuh Pria dan Wanita

Karena semakin banyak diminati, maka tak heran Senam aerobik menjadi senam favorit yang digelar di berbagai macam tempat dan baik pria dan wanita menyukainya.

Dan bagi anda yang berminat dengan senam aerobik, maka Ketahui manfaat senam aerobik bagi kesehatan, pria dan wanita, diantaranya:

1. Memperbaiki pernafasan

Manfaat senam aerobik pertama adalah membantu anda mengatur dan memperbaiki pernafasan. Bagi anda yang sering ngos-ngosan ketika mendaki, memanjat bidang yang lebih tinggi.

Bisa jadi ada masalah dalam aliran darah di tubuh anda atau karena banyaknya tumpukan lemah di dalamnya. Anda disarakan melakukan senam aerobik untuk memperlancar aliran darah dan membuat oksigen mengalir ke seluruh tubuh.

2. Mempercantik kulit

Manfaat senam aerobik kedua adalah Mempercantik kulit dan mungkin hal ini tanpa disadari oleh kaum hawa.

Karena senam aerobik dapat membuat sering membuat anda keluar keringat, membakar kalori dan lemak yang berada di dalam tubuh anda.

Justru dapat memperkencang kulit-kulit. Mengeluarkan kotoran yang tidak perlu, sehingga membuat kulit anda tampak sehat dan terlihat lebih muda.

3. Memperkuat sendi-sendi tulang

Manfaat senam aerobik ketiga adalah memperkuat sendi-sendi tulang dan Osteoporosis adalah salah satu penyakit yang berkaitan dengan tulang dan sering mengincar wanita di usia yang sudah tidak terlalu muda.

Bagi anda yang merasa mempunyai potensi osteoporosis, maka cobalah untuk melakukan senam aerobik rutin.

Baca Juga  Mengerikan, Ini 6 Bahaya Penyakit Gondongan yang Tidak Segara Diobati

Sehingga kegiatan senam akan memperkuat sendi-sendi tulang anda dan mengurangi resiko terpapar osteoporosis.

4. Mengurangi terpapar resiko darah tinggi

Manfat senam aerobik keempat adalah mengurangi terpapar resiko darah tinggi, Karena senam aerobik membuat seluruh tubuh anda bergerak.

Maka aliran darah yang mengalir di tubuh anda akan lancar dan dapat menjangkau ke seluruh tubuh.

Aliran darah yang lancar ini sangat dibutuhkan ketika tubuh membutuhkan asupan oksigen, sehingga mengurangi resiko terkena tekanan darah tinggi.

5. Membersihkan arteri

Senam aerobik mampu mengontrol peningkatan kolesterol baik dan mengurangi kolesterol jahat.

Serta berguna dalam menghilangkan penumpukan plak di pembuluh darah akibat terlalu banyak lemah.

Penumpukan plak ini sendiri menjadi pertanda meningkatnya resiko penyakit arteri yang berhubungan dengan jantun koroner. Rutin melakukan senam aerobik bisa membuat anda terhindar dari resiko tersebut.

6. Mengurangi stress serta mengembalikan mood baik

Olahraga semacam senam aerobik berguna dalam merangsang endorphin yang membuat anda lebih tenang dan damai.

Baca Juga  Cara Menaikan Berat Badan Bayi dan Penyebab Bayi Terlihat Kurus

7. Menyehatkan otot

Otot manusia membutuhkan oksigen untuk mengurangi asam laktat. Senam seperti aerobik memasok oksigen masuk ke dalam otot sehingga menyehatkan otot anda dari pernyakit bernama nyeri otot kronis dan nyeri otot punggung.

8. Membuat umur bertambah panjang

Olahraga seperti senam aerobik akan membuat anda semakin ceria dan damai. Jika anda rutin mengontrol kadar endorphin dalam tubuh anda. Maka anda akan sering-sering ceria yang membuat angka harapan hidup anda naik.

9.Mencegah penyakit

Senam aerobik mengontrol diri dari beberapa penyakit berat seperti stroke, diabetes, kolesterol hingga jantung koroner.

10.Mengontrol berat bedan

Latihan senam aerobik yang teratur dan disiplin dapat menurunkan berat badan sesuai dengan target anda.

Baca Juga  6 Khasiat dan Manfaat Daun Srikaya Untuk Pengobatan

11.Meningkatkan fungsi jantung

Latihan senam aerobik yang rutin dan teratur dapat menstabilkan irama detak jantung.

12.Menambah stamina tubuh

Latihan senam aerobik yang rutin dan teratur dapat menjaga stamina anda terus menyala sepanjang hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *