preschool jakarta
2 Daftar Preschool Jakarta yang Recommended, Dimanakah Itu?
15/10/2018
darah haid menggumpal
Waspada, inilah Faktor Penyebab Darah Haid Menggumpal
17/10/2018

10 Khasiat dan Manfaat Terong Belanda Untuk Kesehatan

manfaat terong belanda

Manfaat Terong Belanda – Terong belanda atau Tamarillo merupakan buah yang masuk dalam keluarga terong tetapi berwarna merah atau kuning jingga.

Terong belanda sendiri belum populer bagi masyarakat Indonesia, hal ini dikarenakan penyebarannya yang belum merata. Walaupun namanya terong belanda, tetapi sebenarnya bentuk dan rasa berbeda dengan sayuran terong ungu maupun terong hijau yang dikenal di masyarakat kita.

Baca Juga  Kenali Penyebab Bintitan serta Pengobatan dan Pencegahannya

Disebut terong belanda karena buah ini diperkenalkan oleh orang Belanda saat mereka menjajah Indonesia. Buah terong belanda memiliki bentuk seperti sawo dengan bentuk oval berukuran kecil dan biasanya berwarna merah keunguan.

Daging dari buahnya berwarn10 Khasiat dan Manfaat Terong Belanda Untuk Kesehatana kuning dengan rasa asam serta dipenuhi biji-bijian yang juga bisa dimakan. Karena rasanya yang masam itulah, terong belanda biasanya dikonsumsi dalam bentuk jus buah dan sangat jarang dimakan langsung.

Kandungan Nutrisi Terong Belanda

Terong belanda memiliki kadar kalori yang rendah, tetapi memiliki kandungan lemak, protein, serat, mineral, kalsium, pottasium dan sodium yang tinggi. Selain itu terong belanda juga kaya akan vitamin, diantaranya vitamin A, C, E, serta sumber vitamin B komplek seperti niasin, tiamin, dan riboflavin.

manfaat terong belanda
10 Khasiat dan Manfaat Terong Belanda Untuk Kesehatan

Terlepas dari rasanya yang asam dan sedikit kecut, daging buah terong belanda ini menyegarkan karena mengandung banyak air.

Banyaknya nutrisi yang dikandungnya juga membuatnya memiliki manfaat yang banyak, berikut beberapa manfaat terong belanda bagi kesehatan :

1.Meningkatkan daya tahan dan kekebalan tubuh

Terong belanda memiliki khasiat untuk meningkatkan daya tahan dan kekebalan tubuh karena kandungan vitamin C yang ada padanya.

Dengan daya tubuh yang baik maka akan membantu anda untuk selalu fit dan tidak mudah terserang penyakit. Selain itu, kandungan vitamin B komplek juga membantu melancarkan metabolisme tubuh guna mengubah makanan menjadi nutrisi bagi organ dalam tubuh sehingga kebugaran anda tetap terjaga.

2.Mencegah anemia

Anemia merupakan kondisi ketika darah kekurangan sel darah merah yang cukup yang ditandai dengan badan cepat lelah, pusing, limbung, sesak nafas, konsentrasi menurun, dan jantung berdetak cepat. Penyebab utama dari anemia adalah kekurangan zat besi. Terong belanda bermanfaat dalam pencegahan anemia karena kandungan zat besi di dalamnya, dimana terdapat 0,4-0,9 gr zat besi pada setiap 100 gr terong belanda.

3.Menjaga kesehatan gigi dan tulang

Terong belanda memiliki kandungan berbagai mineral, diantaranya kalsium, fosfor, dan kalium. Mineral tersebut berperan penting dalam proses pembentukan tulang dan gigi. Dengan mengkonsumsi terong belanda akan membantu memperkuat tulang dan gigi, sehingga anda akan terhindar dari pengeroposan tulang atau osteoporosis.

4.Menjaga kesehatan mat

Buah terong belanda memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Vitamin A berperan penting untuk membentuk sistem penglihatan yang baik. Sehingga dengan mengkonsumsi terong belanda secara rutin, akan meningkatkan kualitas penglihatan mata kita dan mengurangi risiko terkena berbagai gangguan mata seperti katarak, rabun, maupun mata iritasi.

manfaat terong belanda

5.Mengurangi kadar gula darah yang berlebih

Terong belanda juga bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 atau kencing manis adalah kondisi dimana terdapat tingkat kadar gula (glukosa) yang tinggi di dalam darah.

Terong belanda bermanfaat untuk membantu mengendalikan diabetes karena adanya kandungan asam klorogenat di dalamnya. Asam klorogenat merupakan senyawa yang dipercaya memiliki antioksidan aktif yang membantu mengurangi kadar gula darah yang berlebih.

Baca Juga  Kenali Ciri Ciri Difteri, Cara Mengatasi Difteri Dan Mencegahnya

6.Menjaga dan melancarkan pencernaan

Terong belanda merupakan salah satu buah yang memiliki kadar serat yang tinggi. Kadar serat tinggi tersebut akan membantu untuk melancarkan proses pencernaan dalah tubuh sehingga akan mengurangi risiko terkena berbagai gangguan pencernaan seperti sembelit, sulit buang air besar, maupun diare.

7.Menurunkan kolesterol

Kolesterol memang dibutuhkan tubuh kita sebagai sumber energi. Tetapi kandungan kolesterol berlebih akibat pola makan yang buruk juga tidak baik karena bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, maupun hipertensi.

Nah, terong belanda memilliki kandungan serat yang juga bermanfaat untuk menghambat penyerapan kolesterol jahat yang berbahaya bagi tubuh. Jadi untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh, anda bisa mengkonsumsi jus terong belanda sehingga pembuluh darah anda tetap sehat.

8.Menjaga kesehatan jantung dan mencegah hipertensi

Manfaat terong belanda selanjutnya adalah menjaga kestabilan denyut jantung. Aritmia jantung, yaitu kondisi dimana detak jantung tidak beraturan diduga diakibatkan karena hipokalemia atau kekurangan kalium dalam tubuh.

Mengkonsumsi terong belanda akan membantu mencegah penyakit ini karena kandungan kalium di dalamnya. Selain itu, kandungan kalium tadi juga membantu tubuh anda untuk menjaga tekanan darah tetap normal. Terdapat kandungan 321 mg kalium dalam setiap 100 gram terong belanda, jumlah tersebut mencukupi untuk membantu menjaga detak jantung dan tekanan darah tetap normal.

9.Mengurangi risiko kanker

Terong belanda juga bisa dimanfaatkan sebagai anti kanker alami. Hal ini karena terong belanda memiliki kandungan antioksidan flavonoid dan antosianin. Antioksidan tersebut memiliki kemampuan menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab kanker.

10.Menjaga kesehatan kulit wajah

Bagi anda yang menginginkan kulit bersih dan mulus, ada baiknya untuk menggunakan bahan alami dan murah, yaitu dengan memanfaatkan terong belanda.

Baca Juga  8 Manfaat Buah Kesemek Ini Jarang Diketahui Banyak Orang

Kandungan vitamin A dan C pada terong belanda dapat membantu membuat wajah awet muda, menghilangkan kotoran dan bintik wajah, serta mengatasi kulit kering. Untuk memanfaatkan terong belanda sebagai perawatan wajah, anda bisa mengkonsumsi langsung atau dapat juga menjadikannya sebagai masker.

Itulah beberapa manfaat terong belanda bagi kesehatan yang perlu anda ketahui. Nah, setelah mengetahui manfaatnya, ayo tunggu apalagi? Segera masukkan terong belanda ke dalam daftar menu wajib anda ya

Andik Al Jogjawi

Hallo semuanya. Perkenalkan, nama saya Andik. Aku lahir, besar, dan tumbuh di Yogyakarta. Jadi aku merasa ada ikatan yang kuat dengan kota gudeg ini.

Awal mula perkenalanku dengan dunia menulis adalah, ketika aku direkrut menjadi penulis buku di salah satu perusahaan alat pendidikan di Jogja. O ya, salah satu buku karanganku sedang dalam proses cetak oleh perusahaan penerbit di Jogja lho. Doakan aja biar cepat terbit ya.

Biasanya aku menulis topik gaya hidup, tips, dan kesehatan. Buat aku, aktivitas menulis artikel itu sangat menyenangkan, karena ada kepuasan tersendiri ketika kita bisa berbagi informasi maupun ide.

Disamping itu, menulis juga bisa dilakukan di mana aja dan kapan saja. Selain menulis, aku punya hobby lainnya, yaitu jogging. Nah, itu dulu perkenalannya ya. Terima kasih dan salam kenal…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *