perekonomian negara perancis
Gambaran Perekonomian Negara Perancis yang Perlu Anda Ketahui
05/01/2019
makanan untuk memperbanyak asi
Selain Daun Katuk, Ini 7 Makanan Untuk Memperbanyak ASI
05/01/2019

Jangan Anggap Remeh, Ini 9 Manfaat Terong Ungu Untuk Kesehatan

manfaat terong ungu

Manfaat Terong Ungu – Terong ungu pasti sudah tidak asing di telinga kita. Terong ungu sangat mudah dijumpai di sekitar kita, di pasar di warung-warung juga di rumah makan, dan pastinya dengan harga yang sangat terjangkau. Berbagai macam olahan terong ungu juga banyak disukai banyak orang seperti terong balado, sambal terong, terong bakar dan masih banyak olahan terong ungu lainnya.

Selain sebagai sayuran pendamping menu makanan terong ungu juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan kita. Terong ungu banyak mengandung gizi yang bermanfaat untuk kesehatan kita diantaranya serat protein, lemak, karbohidrat, berbagai vitamin seperti A, B, C, E dan K, mengandung mineral dan juga senyawa Nasuin yang merupakan antioksidan yang dapat dijumpai pada kulit terong.

Baca Juga  Segudang Manfaat Rumput Fatimah Dari Kesehatan dan Kecantikan

Jadi jangan anggap remeh terong ungu, lalu apa sajakah manfaat terong ungu? berikut akan dibahas manfaat-manfaat dari terong ungu untuk kesehatan tubuh, diantaranya:

Jangan Anggap Remeh, Ini 9 Manfaat Terong Ungu Untuk Kesehatan

khasiat terong ungu
1. Membantu menstabilkan asam lambung

Terong ungu dapat membantu mengontrol produksi kadar asam dalam lambung agar jumlahnya tidak berlebihan. Dengan mengkonsumsi terong ungu kadar asam lambung anda akan terkontrol dan tidak tersiksa dengan sakitnya maag karena naiknya asam lambung.

2. Mencegah penuaan dini

Kandungan senyawa dalam terong ungu dapat menjadi nutrisi kulit sehingga dapat mencegah penuaan dini seperti kulit keriput dan juga kulit kusam. Terong ungu juga mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan sel-sel kulit mati sehingga kulit kehilangan kelembaban dan menjadi kusam dan lebih gelap. Mengkonsumsi terong ungu juga dapat menambah kelembaban kulit dan juga membuat kulit menjadi kenyal.

Baca Juga  8 Manfaat Buncis Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan Tubuh

3. Menjaga kesehatan mata.

Terong ungu merupakan sumber pigmen flavonoid yang juga dikenal sebagai antosianin yang memiliki manfaat menjaga kesehatan kornea dan juga pembuluh darah pada mata. Warna kulit terong yang ungu menunjukkan kadar pigmen flavonoid yang dikandungnya sangat tinggi.

4. Meningkatkan fungsi otak

Kulit terong ungu juga memberikan manfaat tersendiri. Kulit terong ungu mengandung nasunin. Nasunin adalah zat anti oksidan yang dapat memperlancar distribusi gizi kedalam sel otak. Nasunin pada kulit terong ungu juga dapat melindungi lipid sel-sel otak.

Selain Nasunin terong ungu juga mengandung fitronutrien yang berfungsi menjaga membran sel dan melindunginya dari kerusakan. Fitronutrein pada terong ungu juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif. Jadi kalau makan terong ungu kulitnya jangan dibuang.

5. Membantu memelihara kesehatan tulang

Seperti yang sudah disebutkan diatas, terong ungu mengandung mineral yaitu tembaga yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Kandungan tembaga pada terong ungu membantu pembentukan kolagen untuk tulang dan juga jaringan ikat. Selain mineral tembaga terong ungu juga mengandung mineral kalsium yang dapat membantu merangsang pertumbuhan tulang.

Baca Juga  Penyebab Kaligata Dan Bagaimana Cara Mengatasinya

6. Membantu memelihara kesehatan jantung

Terong ungu adalah salah satu sayuran yang mengandung banyak kalium. Kalium adalah senyawa yang dapat menurunkan kolestrerol yang tinggi dan juga mampu menstabilkan tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi dapat merobek dinding arteri jantung yang kemudian menjadi tempat kolesterol jahat dan menyumbat aliran darah yang mengandung banyak oksigen.

kandungan terong ungu

7. Melancarkan pencernaan

Terong ungu mengandung banyak serat dan juga sedikit lemak dan kolesterol sehingga seratnya dapat membantu tubuh memproses makanan dan menyerap nutrisi pada makanan dengan mudah.

Serat pada terong ungu juga dapat merangsang gerakan peristaltik dan kontraksi otot yang membantu sisa hasil pencernaan makanan keluar dari tubuh. Serat pada terong ungu juga menjaga tubuh agar selalu rutin membuang air besar (BAB).

8. Melawan kanker

Terong ungu mengandung polifenol yang dapat melindungi sel akibat radikal bebas sehingga dapat menghentikan penyebaran sel kanker dan uga dapat mencegah perkembangan tumor. Selain polifenol terong ungu juga mengandung asam klorogenat yang berfungsi meningkatkan produksi enzim pembersih di dalam tubuh yang kemudian dapat membuat sel kanker mati dan juga dapat menangkal berbagai virus.

9. Mencegah anemia

Terong ungu mengandung zat besi yang cukup tinggi sehingga mengkonsumsi terong ungu dapat mencegah anemia. Terong ungu juga banyak mengandung tembaga, mineral yang penting untuk sel darah merah sama seperti dengan zat besi.

Baca Juga  Penyebab Telat Haid Dan Cara Mengatasinya

Jika kekurangan zat besi ataupun tembaga makan dapat menyebabkan anemia. Dengan zat besi dan mineral tembaga yang cukup jumlah sel darah merah akan terpenuhi dan mengalir ke pembuluh darah sehingga membuat kita tidak mudah lelah.

Sudah tau kan manfaat-manfaat terong ungu untuk kesehatan tubuh kita. Nah yuk mulai sekarang kita jangan meremehkannya yah dan cobalah untuk konsumsi terong ungu demi kesehatan kita.

zahwa arsyazzahra

Hai perkenalkan namaku Za. Kenapa singkat sekali ya? Karen nama panjangku Zahwa Arsy Azzahra, dan teman-temanku merasa namaku suzah banget jadinya disingkat seperti itu :D. Gadis beruntung kelahiran 20 Desember ini hobi sekali travelling dan menulis, nulis apapun!

Meskipun menempuh pendidikan teknik, tak menghalangi aku buat terus menulis. Bahkan menjadikan semangat buat aku, bagaimana nantinya seorang lulusan teknik bisa menjadi penulis yang karyanya banyak disukai orang 🙂

Yuk, saling menyambung silaturahmi! Reach me on zahwaarsyazzahra@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *