manfaat jus apel
Kandungan dan Ragam Manfaat Jus Apel Untuk Kesehatan Tubuh
24/04/2019
pengertian monopoli
Mengenal Pengertian Monopoli, Contoh dan Jenis Aturannya
25/04/2019

Manfaat Vitamin B12 dan Daftar Makanan Sumber B12

manfaat vitamin b12

Manfaat Vitamin B12 – Vitamin B12 adalah salah satu vitamin yang digunakan oleh tubuh dan menjadi salah satu vitamin paling penting dalam berbagai proses yang terjadi di dalam tubuh. Vitamin ini tidak dihasilkan oleh tubuh, tetapi diserap dari makanan dan minuman yang dimakan oleh kita.

Sehingga jika anda teridentifikasi kekurangan vitamin B 12 anda akan disuplai dengan vitamin B12 buatan dari industri. Karena tubuh membutuhkan proses yang lumayan lama dalam menyerap vitamin B12.

2 Manfaat Vitamin B12 yang Luar Biasa

 manfaat vitamin b12
1. Menjaga kesehatan sistem saraf

Beberapa manfaat vitamin B12 bagi tubuh adalah menjaga kesehatan sistem saraf yang meliputi sistem saraf kulit, sistem saraf mata dan sistem saraf tepi dan pusat. Vitamin B12 juga bermanfaat dalam mendorong pembentukan sel-sel darah merah yang otomatis akan membantu mengurangi potensi terjadinya anemia.

Baca Juga  Manfaat Kesehatan Daun Katuk dan Cara Mengolahnya

2. Membantu proses penyebaran oksigen

Produksi sel-sel darah merah juga membentu siklus persebaran oksigen ke seluruh tubuh. Manfaat vitamin B12 adalah membantu proses sintesis yang terjadi di dalam DNA atau ribo nucleus acid.

Sistem gen dalam sistem sel terkecil di dalam tubuh kita. Sementara manfaat vitamin B12 bagi sistem pencernaan adalah membantu mengekstrak energi dari makanan yang kita makan dan membantu tubuh mengaktivasi asam folat yang bermanfaat bagi pertumbuhan tulang dan gigi bagi anak kecil.

 manfaat vitamin b12
Makanan Sumber Vitamin B12

Manfaat vitamin B12 ini bisa anda dapatkan jika anda rutin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12. Beberapa makanan yang mengandung vitamin B12 adalah berbagai jenis daging, ikan dan produk olahan susu.

isalnya daging ayam daging sapi, daging kambing, telur ayam, daging ikan ikan laut, kerang serta produk olahan susu seperti susu murni, susu cair, yoghurt dan juga keju.

Baca Juga  6 Khasiat Timun Salah Satunya Mengurangi Resiko Kanker

Vitamin B12 sendiri terdapat pada makanan jenis daging dan olahan susu karena sifat vitamin B12 yang terikat dengan protein. Sementara daging dagingan dan susu adalah produk yang mengandung protein hewani tinggi. Walaupun terikat dengan protein, vitamin B12 ternyata masuk ke dalam jenis vitamin yang mudah terikat dengan air.

Vitamin B12 sendiri terikat dengan protein ketika berada di dalam daging. Tetapi ketika kita konsumsi dan diolah oleh tubuh. Oleh asam lambung vitamin B12 akan dipisahkan dengan protein. Vitamin B12 kemudian akan diserap oleh usus di dalam perut dan kemudian bergabung dengan aliran darah untuk menutrisi tubuh.

Proses Pengolahan Vitamin B12 Pada Tubuh

Proses pengolahan vitamin B12 ini jika berlebih oleh tubuh akan otomatis disimpan di dalam hati atau organ hati. Persediaan ini bisa mencukupi kebutuhan tubuh untuk konsumsi vitamin B12 selama beberapa tahun.

Tetapi tidak menutup kemungkinan beberapa orang kekurangan B12 karena berbagai faktor seperti orang lanjut usia, penderita HIV/Aids karena masalah kekebalan tubuh serta mereka yang menjalani vegetarian (otomatis tidak mengonsumsi daging protein hewani).

Selain itu, orang-orang yang mengonsumsi obat penekan asam lambung berbentuk proton pump inhibitor (PPI) seperti omeprazole, lansoprasole dan esomeprazole juga berpotensi kekurangan vitamin B12 karena adanya faktor penguragan asam lambung. Tetapi semua kekurangan ini bisa diatasi dengan asupan suplemen B12.

Baca Juga  Vitamin, Bumbu, dan Makanan Penambah Nafsu Makan Anak Anak

Suplemen B12 yang berbentuk tablet ini berfungsi mengobati penderita kekurangan vitamin B12 baik dalam bentuk defisiensi karena penyakit, faktor usia atau karena adanya anemia pernisiosa (anemia karena kekurangan vitamin B12).

Penggunaan suplemen vitamin B12 harus di bawah pengawasan dokter khususnya bagi mereka yang menderita tekanan darah tinggi, diabetes, asam urat dan penyakit kanker atau jantung dan sehabis operasi jantung.

Pengunaan suplemen vitamin B12 juga disarankan tidak bersamaan dengan minum-minuman beralkohol karena bisa mengurangi kemampuan tubuh dalam menyerap vitamin B12. Jika anda mengonsumi minum alkohol seperti miras atau bir, maka akan sia-sia dan tidak mendapat manfaat Vitamin B12.

Rianto Subandi

Hai, selamat datang di lapak inspirasi. Lapak ini adalah kumpulan inspirasi yang ditulis sembari menikmati secangkir teh manis dan sepotong senja di sore hari.

Selanjutnya, perkenalkan nama saya Rianto, menjadi blogger sejak 2009. Remah remah tulisan saya mengenai inspirasi kehidupan dapat ditelusuri di blog ini atau di kompasiana. selamat menikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *