cara menghitung kehamilan
Wahai Bunda, Ini 3 Ragam Cara Menghitung Kehamilan
22/04/2019
manfaat baby oil untuk wajah
Kandungan dan 6 Manfaat Baby Oil Untuk Wajah dan Kencantikan
23/04/2019

Catat, Ini Makanan dan Aktivitas Pantangan Darah Tinggi

pantangan darah tinggi

Pantangan Darah Tinggi – Penderita hipertensi emang harus cukup peka untuk menahan diri supaya tidak mengonsumsi bahan-bahan tertentu dan melakukan aktivitas-aktivitas tertentu yang dapat meningkatkan tekanan darah. Oleh sebab itu, harus diketahui pantangan darah tinggi apa saja yang sebaiknya dijauhi.

Baca Juga  Lupakan Rasa Asam, Ini 5 Manfaat Jus Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh

Seseorang yang memiliki darah tinggi atau hipertensi memang harus memperhatikan bahan makanan yang dikonsumsi. Berikut ini adalah beberapa bahan makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita hipertensi.

Catat, Ini Daftar Makanan Pantangan Darah Tinggi yang Perlu Di Waspadai

makanan pantangan darah tinggi

1. Garam atau sodium

Natrium klorida adalah salah satu bahan bumbu masakan yang menjadi pantangan darah tinggi. Penyakit jantung juga diharapkan tidak mengkonsumsi makan makanan yang asin dan mengandung garam atau sodium.

2. Acar

Acar merupakan sayur-sayuran yang diolah supaya awet. Masalahnya adalah, pengawet acar lazimnya menggunakan gula, cuka, ataupun garam. Jam hari itu kentut membuat acar tidak aman dikonsumsi oleh penderita hipertensi.

3. Gorengan

Pada dasarnya pantangan darah tinggi yang satu ini akan lebih keras jika hipertensi yang ada di akibatkan oleh kolesterol penghambat pembuluh darah. Apalagi, gorengan umumnya mengandung garam dan rasa-rasa lainnya.

Baca Juga  Kandungan dan 16 Khasiat Daun Kelor Untuk Kesehatan Tubuh

4. Susu murni

Kita ketahui bahwa susu mengandung lemak yang cukup tinggi. Lemak jenuh yang terdapat pada susu akan membuat kesehatan jantung dan pembuluh darah terganggu. Hal itu kemudian akan membuat hipertensi mungkin kambuh.

5. Kulit ayam

Kulit ayam juga diketahui mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi, sama seperti daging merah dan mentega. Oleh karena itu, kulit ayam sebaiknya dihindari oleh para penderita hipertensi.

6. Mie instan

Pada dasarnya, mie instan mengandung lemak dan natrium yang cukup tinggi. Itu belum ditambah dengan serbuk bumbu yang mengandung garam. Dengan demikian, mie instan menjadi pantangan darah tinggi yang cukup disayangkan.

7. Alkohol

Diketahui secara umum bahwa alkohol kenapa dengan cepat mengubah tekanan darah menjadi lebih tinggi. Hal tersebut merk siku pada kerusakan dinding pembuluh darah dan gejala komplikasi lainnya,

Baca Juga  10 Manfaat Labu Kuning, Salah Satunya Untuk Seksualitas Pria

8. Gula

Makanan berbahan gula tinggi akan membuat berat badan kita naik dan obesitas cenderung terjadi. Dengan posisi tubuh yang kurang ideal, penurunan kinerja jantung sangat mudah terjadi. Penurunan kerja jantung tersebut dapat menyebabkan darah tinggi.

9. Margarin

Sebenarnya kita dapat memilih margarin yang tidak mengandung lemak Trans. Namun, untuk lebih aman, anggap saja margarin sebagai salah satu bahan makanan pantangan darah tinggi.

10. Kopi

Pantangan darah tinggi yang cukup disayangkan juga adalah kopi, terlebih lagi ketika diminum saat pagi hari. Sebenarnya yang perlu kita hindari adalah kafein didalam kopi tersebut, sehingga beberapa minuman yang sebaiknya juga kita hindari adalah seperti minuman soda dan teh berkafein.

11. Daging merah

Pantangan darah tinggi yang cukup disayangkan lagi adalah daging merah, seperti daging kambing, kerbau, sapi hingga babi yang mengandung banyak lemak jenuh dan lemak Trans.

12. Kentang goreng

Kentang goreng diketahui mengandung lemak Trans yang cukup berbahaya bagi kesehatan jantung. Terlebih lagi, kentang goreng yang diproduksi oleh rumah makan cepat saji dengan campuran lemak. Selain itu, kentang goreng biasa diberi rasa asin untuk dasar rasa.

olahraga pantangan darah tinggi
Daftar Pantangan Darah Tinggi Bentuk Aktifitas Fisik

Selain memperhatikan makanan yang menjadi pantangan darah tinggi tersebut, kita juga harus memahami beberapa aktivitas yang menjadi pantangan penderita darah tinggi. Berikut ini adalah beberapa aktivitas yang Sebaiknya tidak dilakukan oleh penderita darah tinggi.

Baca Juga  12 Makanan Penurun Darah Tinggi Yang Ada di Sekitar Kita

1. Olahraga angkat beban

2. Terjun payung

3. Menyelam

Amry Hidayat

Ini saya, Amry Hidayat. Terima kasih sudah membaca tulisan-tuisan saya, yang semoga tidak membosankan. Jika memang membosankan, tolong dimaklumi selagi saya terus mengasah kemampuan.

Maklumi juga karena saya ini baru anak Mei 1995 kemarin. Gaya saya yang naratif semoga tidak juga mengganggu. Hal itu karena kegiatan yang tidak jauh dari dunia sastra, sampai membuahkan satu buku puisi berjudul Ampre Memper (2015) dan beberapa antologi bersama di tahun selanjutnya.

Kalau bukan itu, palingan bermain-main dengan gambar bergerak di instagram @amryhidayat.

Request atau beri masukan soal penulisan konten melalui amryhidayat.official@gmail.com atau cari saja saya di sekitar perempuan yang tertawa terbahak-bahak. Jangan datangi rumah saya, karena kadang di Jogja kadang di Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *