kursus ielts di jakarta
3 Persiapan Kursus IELTS di Jakarta yang Perlu Kamu Persiapkan
20/02/2019
kepala negara jerman
Mengenal Sistem Pemilihan Kepala Negara Jerman
21/02/2019

Waspadai Penyakit Leukimia, Jangan Sepelekan 7 Gejala Leukimia Ini

penyakit leukimia

Penyakit Leukimia – Leukimia atau dikenal kanker darah merupakan kanker yang menyerang sumsum tulang belakang yang menjadi tempat dimana sel darah putih diproduksi. Walaupun penyakit leukimia seringkali menyerang anak – anak, namun leukimia juga dapat menyerang orang dewasa.

Penyakit leukimia menyerang sumsum tulang belakang dan memicu produksi sel – sel darah putih atau leukosit yang abnormal secara berlebihan. Hal ini menyebabkan terjadinya penumpukan leukosit abnormal pada sumsum tulang belakang, sehingga sel – sel yang sehat jumlahnya menjadi sedikit dan tidak dapat menjalankan fungsinya dengan normal.

4 Jenis Penyakit Leukimia

Penyakit leukimia yang paling sering ditemui ada 4 jenis, yaitu:

• Acute Lymphocytic Leukemia (ALL) atau Leukimia limfositik akut

Leukimia jenis ALL umumnya menyerang anak – anak, tetapi ALL juga bisa menyerang orang dewasa. Kanker darah jenis ALL ini menghambat fungsi limfosit yang menyebabkan penderitanya berpotensi mengalami infeksi serius.

• Acute Myelogenous Leukemia (AML) atau Leukemia mielogen akut

Leukimia jenis AML lebih sering menyerang orang dewasa walaupun kanker darah jenis ini bisa menyerang anak – anak atau remaja. AML membentuk sel – sel mieloid yang tidak sempurna dan menyumbat pembuluh darah.

Baca Juga  Mengatasi Anemia Dengan Makanan Penambah Hb

• Chronic Lymphocytic Leukemia (CLL) atau Leukemia limfotik kronis

Jenis kanker CLL hanya dialami oleh orang dewasa. Kanker darah jenis ini biasanya baru terdeteksi saat kanker telah berada pada stadium lanjut.

• Chronic Myelogenous Leukemia (CML) atau Leukemia mielogen kronis

CML lebih sering diderita oleh orang – orang yang berusia di atas 20 tahun. Kanker jenis ini memiliki 2 tahap, pada tahap pertama sel – sel abnormal berkembang secara perlahan dan tahap kedua jumlah sel abnormal berkembang dengan pesat.

Penumpukan sel darah putih abnormal yang terjadi di aliran darah dapat menyebar ke berbagai organ lainnya seperti limfa, hati, paru – paru, ginjal, bahkan bisa menyebar hingga ke otak. Bagaimana gejala dan ciri – ciri leukimia? Simak penjelasannya berikut ini.

gejala penyakit leukimia
Gejala Gejala Leukimia yang Perlu Anda Waspadai

Gejala leukimia bisa bervariasi, tergantung dari jenis leukimia. Gejala leukimia seringkali samar dan tidak spesifik, yang mungkin bisa Anda abaikan karena menyerupai gejala flu dan penyakit lainnya. Secara umum gejala dan ciri – ciri leukimia yaitu:

1. Anemia

Salah satu gejala leukimia yaitu anemia. Hal ini dikarenakan penyakit leukimia menyebabkan produksi sel darah putih menjadi berlebihan sehingga penderita leukimia biasanya menjadi kekurangan sel darah merah. Anemia ditandai dengan beberapa gejala seperti lesu, lemah, cepat lelah, kulit pucat, dan napas cepat.

2. Darah Sukar Membeku

Pada manusia sehat umumnya jika mereka terluka maka darah yang keluar akan segera menggumpal dan darah yang mengalir akan segera berhenti. Namun hal ini berbeda pada penderita leukimia.

Penderita leukimia yang mengalami luka, aliran darah akan sulit berhenti. Hal ini dikarenakan sel darah putih yang abnormal mengacaukan trombosit yang berperan berperan dalam proses pembekuan darah.

3. Mudah Memar dan Sering Berdarah

Ciri – ciri leukimia yang umum terjadi adalah penderita sering mengalami pendarahan dan mudah memar di bagian tubuh yang diakibatkan karena kekurangan trombosit. Jika tubuh kekurangan trombosit maka darah menjadi terlambat membeku. Penderita leukimia juga bisa memar dengan mudah saat berbenturan dengan benda tumpul.

4. Sering Terjadi Infeksi

Pada tubuh yang sehat, sel darah putih berperan untuk melawan berbagai infeksi yang menyerang tubuh. Namun, penyakit leukimia menyebabkan sel darah putih yang abnormal tidak bisa menjalankan fungsinya sebagaimana mestinya.

Akibatnya, tubuh penderita leukimia menjadi rentan terkena infeksi dari kuman, bakteri, maupun virus. Walaupun sudah menggunakan antibiotik, namun infeksi ini masih sering muncul.

5. Nyeri Sendi dan Tulang

Gejala lain penyakit leukimia yaitu penderita leukimia akan sering mengalami nyeri sendi dan tulang terutama di bagian tulang belakang. Penderita leukimia juga bisa merasakan nyeri di bagian perut karena organ hati dan limpa mengalami pembengkakan.

6. Sulit Bernapas

Gejala leukimia pada penderita penyakit leukimia bisa juga ditandai dengan kesulitan benapas. Hal ini disebabkan oleh penggumpalan sel leukimia di sekitar thymus yang letaknya di pangkal leher.

Selain itu, pembengkakan kelenjar getah bening di dada dapat terdorong ke arah batang tenggorokan. Hal – hal tersebut yang menyebabkan penderita penyakit leukimia menjadi sulit benapas.

7. Bengkak pada Bagian Tubuh Tertentu

Sel kanker memicu terjadinya pembengkakan pada kelenjar getah bening. Pembengkakan ini bisa terjadi di beberapa bagian tubuh seperti persendian leher, tulang selangka, dan ketiak.

Selain gejala di atas, gejala leukimia lainnya yaitu menurunnya nafsu makan, sakit kepala, mual, demam, menggigil, sering mimisan, keringat berlebih pada malam hari, dan berat badan menurun secara drastis.

diagnosis penyakit leukimia
Diagnosis dan Pengobatan Leukimia

Jika Anda menemui gejala – gejala seperti yang telah disebutkan di atas pada diri Anda atau orang terdekat Anda dan gejala tersebut tidak segera membaik, segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter.

Baca Juga  Selain Leukimia, Inilah 13 Penyebab Trombosit Turun

Umumnya dokter akan mengidentifikasi gejala – gejala yang dialami, melakukan pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan laboratorium seperti tes darah dan biopsi. Biopsi dilakukan dengan mengambil sampel pada sumsum tulang belakang.

Pengobatan yang dilakukan oleh dokter pada dasarnya tergantung pada jenis leukimia, usia pasien, kondisi kesehatan, dan stadium penyakit leukimia.

Embun Rinjani

Nama pena saya Embun Rinjani. Teruntuk para pembaca, terima kasih telah membaca tulisan – tulisan saya. Saya senang bisa berbagi informasi dan pengetahuan dengan para pembaca semuanya.

Saya memiliki hobi traveling, membaca, dan menulis. Sesuai dengan hobi saya, saya suka pergi ke tempat – tempat baru yang belum pernah saya kunjungi.

Dengan membaca, saya bisa menambah wawasan dan juga mendapatkan informasi – informasi yang update. Dari hobi membaca itu, saya jadi suka menulis. Semoga tulisan – tulisan saya bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *