Perkembangan Janin 4 Bulan yang Perlu Diketahui Calon Ibu
06/05/2019
cara menyapih anak
Wahai Bunda, Ini Cara Menyapih Anak Dengan Cerdas dan Praktis
07/05/2019

Waspada, Ini Gejala dan Daftar Makanan Penyebab Asam Lambung Naik

penyebab asam lambung naik

Penyebab Asam Lambung Naik – Asam lambung penting untuk sistem pencernaan. Asam ini membantu kita memproses makanan dan membunuh bakteri berbahaya. Perut membuat hormon yang disebut gastrin, yang menciptakan asam klorida. Ketika kadar asam ini meningkat, itu dapat menyebabkan hyperacidity. Asam lambung berlebih dapat berkisar dari ringan hingga berat.

Pola makan, lingkungan, dan bahkan stres kita dapat menjadi faktor penyebab asam lambung berlebih. Sebenarnya, ada cara yang relatif sederhana untuk mengurangi asam lambung berlebih atau mencegahnya sama sekali.

Apa yang Menyebabkan Terlalu Banyak Asam Lambung?

Kebanyakan orang yang mengalami gejala asam lambung berlebihan mengeluh tentang sensasi terbakar sejak awal. Kita akan melihat gejala asam lambung berlebih secara terperinci, tetapi pertama-tama, mari kita perhatikan apa yang menyebabkan asam lambung berlebih.

Baca Juga  Waspadai Penyakit Leukimia, Jangan Sepelekan 7 Gejala Leukimia Ini

Asam dapat menumpuk di perut karena makanan, konsumsi alkohol yang berlebihan, produksi asam tinggi yang tidak normal, atau hanya dapat diturunkan secara turun temurun. Ketika kelebihan asam lambung tidak diobati, itu dapat menyebabkan bisul.

makanan penyebab asam lambung naik
Waspada, Inilah Daftar Makanan Penyebab Asam Lambung Naik

Tahukah Anda bahwa makanan juga memainkan peran besar dalam mengendalikan asam lambung. Ada makanan tertentu yang menyebabkan lebih banyak asam dan yang lain lebih bisa ditoleransi. Inilah yang menyebabkan kelebihan asam lambung, dimulai dengan makanan, lalu apa sajakah makanan penyebab asam lambung? berikut di bawah ini ulasannya:

Baca Juga  Manfaat Vitamin B12 dan Daftar Makanan Sumber B12

1. Buah Buahan yang Menyebabkan Penumpukan Asam

Daftar makanan penyebab asam lambung naik yang pertama adalah buah-buahan yang dapat menyebabkan penumpukan asam di lambung, seperti Jeruk, lemon, jeruk nipis, jeruk bali, dan nanas dapat menyebabkan penumpukan asam.

Sehingga ada baiknya ganti buah buahan tersebut dengan buah apel, anggur, pisang, melon, dan pir adalah pilihan yang jauh lebih baik karena aman untuk lambung.

2. Sayuran Kelengan

Daftar makanan penyebab asam lambung naik yang selanjutnya adalah sayuran, akan tetapi sebagian besar sayuran cocok dengan diet rendah asam, tetapi sayuran yang digoreng, kalengan, atau krim harus dihindari. Beberapa orang menemukan bahwa bawang dan produk olahan tomat mengganggu mereka.

3. Produk susu

Susu murni, krim tinggi lemak, susu coklat, dan keju yang beraroma tinggi harus dihindari. Produk rendah lemak dan bebas lemak jauh lebih aman.

3. Daging tinggi lemak

Daftar makanan penyebab asam lambung naik yang selanjutnya adalah daging tinggi lemak dan daging beku seperti pada bagian, sayap ayam, sosis, bacon, kulit unggas, dan daging goreng atau berminyak, sehingga daging ayam tanpa kulit dan daging tanpa lemak adalah pilihan yang lebih baik.

Baca Juga  Kegunaan Baking Soda Bagi Kesehatan Dan Urusan Rumah Tangga

4. Minuman Kafein dan Alkholol

Minuman seperti alkohol, kopi, teh mint, cokelat panas, dan minuman berkafein lainnya

5. Mengkonsumsi Makanan Pedas

Makanan pedas yang mengandung cabai, kari, bawang putih, dan salsa adalah beberapa contohnya yang perlu Anda hindari.

6. Makanan yang Mengadung Serat

Serat yang terlalu banyak dapat menyebabkan produksi asam menjadi berlebih karena makanan membutuhkan waktu lama untuk melewati lambung.

Apakah Faktor Penyebab Asam Lambung Naik?

faktor penyebab asam lambung naik

– Stres

Penelitian menunjukkan orang yang sangat stres menghasilkan lebih banyak asam di perut mereka.

– Infeksi

Infeksi bakteri oleh bakteri H. pylori juga dapat meningkatkan produksi asam.

Baca Juga  Catat, Ini Makanan dan Aktivitas Pantangan Darah Tinggi

– Makanan tidak teratur

Tidak makan secara teratur atau memiliki celah panjang di antara waktu makan dapat menyebabkan akumulasi asam.

– Kurang tidur

Ini juga dapat meningkatkan produksi asam pada beberapa individu

Gejala Gejala Asam Lambung Naik

Gejala asam lambung berlebihan bervariasi dari orang ke orang, tetapi daftar berikut menguraikan gejala yang paling umum:

• Ketidaknyamanan perut

Perasaan tidak nyaman di perut bagian tengah hingga atas disebut dispepsia. Ini bisa termasuk rasa sakit di perut, kembung, bersendawa, mual, dan muntah. Terkadang orang-orang dengan kombinasi gejala-gejala ini menderita sakit maag.

• Mulas

Juga disebut sebagai refluks asam, ini terjadi ketika malfungsi sfingter esofagus bagian bawah. Sfingter seharusnya rileks untuk memungkinkan makanan melewati esofagus ke dalam lambung dan kemudian menutup untuk menjaga asam dan makanan dalam lambung, tetapi jika terjadi kerusakan, asam lambung dapat naik ke tenggorokan.

Baca Juga  Sering Pusing? Ketahui 4 Penyebab Hb Rendah dan Gejalanya

• Gangguan pencernaan

Banyak orang yang menderita asam lambung mengeluh tentang perasaan gangguan pencernaan. Ulkus juga disebut tukak lambung. Mereka pada dasarnya adalah lubang kecil atau lesi di lapisan perut. Bisul disebabkan oleh kerusakan jaringan sel.

Kembung, bersendawa, dan perut kembung biasa terjadi pada orang yang mengalami gejala asam lambung berlebih. Namun, tanda-tanda ini dapat terjadi sesaat sebelum refluks asam. Karena asam lambung sebenarnya korosif, penting untuk mengobati gejala ini sehingga tidak merusak kerongkongan.

Solusi Cara menghilangkan asam lambung berlebih

Jika Anda menderita dan berusaha mencari cara untuk mengurangi asam lambung berlebih, Anda mungkin akan beruntung dengan salah satu pendekatan berikut.

Beberapa orang memang menggunakan antasid untuk membantu melawan gejalanya, tetapi penting untuk mengetahui bahwa penggunaan antasid kronis dapat menyebabkan efek samping.Berikut ini adalah solusi yang lebih alami untuk kelebihan asam lambung:

• Cuka sari apel

Ini memiliki komponen asam alami yang sebenarnya baik untuk gangguan pencernaan. Enzim dalam cuka memecah makanan dan membantu mengurangi keasaman. Dianjurkan untuk mengonsumsi cuka sari apel sebelum atau sesudah makan. Perlu diingat bahwa itu tidak berarti Anda bisa makan makanan yang tidak sehat.

• Jus hijau

Jus hijau dapat membuat tubuh menjadi alkali dan mengurangi peradangan. Mereka juga merangsang jus lambung, yang dapat membantu pencernaan. Jus hijau paling efektif bila dikonsumsi sekitar 30 menit sebelum waktu makan. Tidak disarankan untuk meminumnya setelah makan karena dapat mengganggu proses pencernaan yang sudah dimulai.

• Green breakfast smoothie

Smoothie berwarna hijau dapat membuat tubuh menjadi alkali dan dianggap sebagai makanan yang mudah dicerna. Bayam, mentimun, beri, jus lemon, dan jus almond tanpa pemanis bisa menjadi bagian dari smoothie ini.

• Salad dan sayuran mentah

Salad dan sayuran mentah bersifat basa alami, sehingga dapat membantu perut asam. Sayuran yang matang dapat memperparah perut yang terlalu asam.

Baca Juga  6 Kegunaan Minyak Zaitun Bagi Perawatan Tubuh dan Kesehatan

• Minyak zaitun

Satu sendok makan minyak zaitun membantu melapisi perut dan dapat membantu mengatasi mulas dan gangguan pencernaan. Anda juga bisa mengoleskan minyak zaitun pada makanan Anda. Pertimbangkan bahwa ketika minyak zaitun dipanaskan, mereka menjadi lebih asam.

• Madu

Madu mentah atau organik adalah pilihan yang baik dan seperti minyak zaitun, madu dapat melapisi perut. Hanya satu atau dua sendok teh yang Anda butuhkan. Madu dapat dikonsumsi baik sebelum makan atau sesudah makan.

• Makan secara perlahan

Mengkonsumsi makanan secara perlahan dan dalam lingkungan yang tenang dan bebas stres dapat mencegah lonjakan kadar asam.

Ketika tubuh Anda memproduksi terlalu banyak asam lambung, asam itu memasuki kerongkongan, Anda mungkin mengalami mulas. Jika kondisi ini terjadi terlalu sering, kesehatan Anda dapat menurun secara dramatis.

Seseorang sering minum susu untuk meredakan sakit maag dan mengurangi produksi asam lambung. Meskipun praktik ini dapat menurunkan sementara asam lambung, ia tidak mengobati penyebab refluks asam yang mendasarinya.

Rina Hutapea

Hai Guys, selamat datang di laman ini. Perkenalkan nama saya Rina Hutapea, dan saat ini aktif menulis Novel, cerpen, cerbung dan juga artikel. Sebagai seorang yang hobby menulis, traveling dan membaca adalah senjata utama untuk menemukan ide-ide baru.

Namun akan lebih baik lagi jika teman-teman pembaca selalu memberikan kritik dan juga saran, supaya saya bisa menghasilkan tulisan yang lebih baik lagi kedepannya.

Teman-teman juga bisa menghubungi lewat account Instagram Rina_hutapea13, semoga setiap rangkaian kata di laman ini bisa bermanfaat untuk kita semua, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *