baking soda untuk gigi
Kegunaan Baking Soda Untuk Gigi dan Cara Pemakaiannya
06/12/2018
bahasa jerman selamat pagi
Keren, Inilah Bahasa Jerman Selamat Pagi, Malam, Sore dan Tidur
07/12/2018

Selain Faktor Genetik, Ini 6 Faktor Penyebab Autis Pada Anak

penyebab autis

Penyebab Autis – Pada awalnya autisme dipandang sebagai kegagalan atau kekurangan terhadap struktur tubuh atau saraf manusia. Namun, belakangan diketahui anak-anak autisme juga memiliki kelebihan di berbagai hal tertentu. Dengan begitu sebenarnya bisa dipahami bahwa autisme merupakan kelainan.

Namun, tahukah Bunda, jika dibanding dengan standar manusia normal yang berlaku, autisme memang memiliki gangguan dalam beberapa hal seperti interaksi dan perilaku.

Baca Juga  7 Penyebab Cegukan Berikut 5 Cara Mudah Mengatasi Cegukan

Penelitian mengenai autisme ini sudah banyak dilakukan namun hanya sedikit yang mendapat jawaban. Padahal, di negara-negara besar seperti Amerika dan Inggris, angka autisme semakin meningkat. Angka perbandingannya dibanding manusia normal bisa samapai 1:100.

Selain Faktor Genetik, Ini 6 Faktor Penyebab Autis Pada Anak


Jika pengertian autisme itu sendiri sebenarnya belum sepenuhnya dimengerti, maka faktor-faktor penyebabnya juga masih cukup diragukan. Namun, berikut ini adalah beberapa kesimpulan yang dapat dibuat dari penelitian-penelitian.

1. Faktor Genetik

Penyebab autis pertama adalah pola penurunan genetik oleh keluarga yang normal pada anak yang mengalami autisme sebenarnya belum dapat diketahui dengan pasti. Namun, diyakini bahwa pada keluarga yang memiliki anggota satu anak autis juga berpeluang kembali memiliki anak autis. Angka tersebut 20 kali lebih besar ketimbang keluarga yang seluruh anggotanya normal.

Selain itu, ada fakta yang menyebutkan bahwa anak berjenis kelamin laki-laki memiliki resiko terkena autisme 4 kali lebih besar. hal itu semakin bertambah buruk jika memiliki gen kembar karena pada kelahiran kembar tidak identik terdapat resiko 0,31% lebih cenderung terkena autisme.

2. Paparan Pestisida

Penyebab autis yang sleanjutnya adalah akib adanya bahaya pestisida yang kerap diumumkan dihitung turut berpengaruh pada autisme. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa pestisida dapat mengganggu bagian gen yang berhubungan dengan saraf pusat pada manusia.

Baca Juga  Luar Biasa, Inilah 12 Manfaat Lobak Untuk Kesehatan

3. Teracuni Obat-obatan

Tahukah Anda bahwa penyebab autis diklaim juga dapat terjadi, dan lebih sering terjadi, ketika sudah terbentuk di dalam kandungan.

Ketika ibu terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan seperti valproic dan thalidimide yang biasanya digunakan untuk mengobati gangguan-gangguan ibu hamil seperti mual, insomnia, dan cemas. Di Amerika, obatan-obatan jenis ini memang menjadi kasus banyaknya bayi cacat.

4. Faktor Usia Orangtua

Ini juga termasuk fakta yang unik. Penyebab pasti kenapa usia orangtua ketika memiliki anak dan resiko autisme juga belum diketahui dengan pasti. Namun faktanya angka statistik menyebutkan bahwa orangtua yang mengandung anak di atas 40 tahun memiliki resiko sebesar 50% melahirkan anak autis.

gejala autis

5. Faktor Perkembangan Otak

Faktor yang paling dapat dijelaskan hingga saat ini dalam masalah autisme adalah faktor otak anak itu sendiri. Di dalam otak manusia memang terdapat bagian yang bertugas dalam konsentrasi. Bagian tersebut diklaim terganggu sehingga menyebabkan autisme.

Inilah yang kemudian menjawab bahwa penyebab autis tidak melulu terjadi begitu janin terbentuk. Bahkan seseorang yang sudah bisa berjalan dan bicara pun bisa terkena autisme.

6. Kelahiran Terlalu Cepat atau Prematur

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, yang menjadi penyebab autis pada seorang anak adalah ketidaknormalan perkembangan suatu organ atau sistem di dalam tubuh. Pada autisme anak, bisa saja ada suatu organ atau sistem yang tidak berkembang. Sementara ada autisme dewasa, bisa saja organ atau sistem tubuh tiba-tiba berhenti bekerja.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Dahak Di Tenggorokan Dengan 5 Cara Mudah

Ada beberapa kasus di mana anak terkena autisme dengan gejala panas yang tinggi hingga tidak sadarkan diri. Begitu anak itu sadar, kemudian anak itu seperti lupa banyak hal dan mulai terganggu saraf motoriknya.

Hal itu kemudian kerap dihubung-hubungkan dengan vaksin yang bernama vaksin MMR atau MR. Vaksin dengan tujuan menghalau gondongan dan campak itu diklaim kerap menyebabkan anak yang baru divaksinasi menjadi panas sangat tinggi dan autis. Namun, tentu saja dunia medis membantah hal itu.

Amry Hidayat

Ini saya, Amry Hidayat. Terima kasih sudah membaca tulisan-tuisan saya, yang semoga tidak membosankan. Jika memang membosankan, tolong dimaklumi selagi saya terus mengasah kemampuan.

Maklumi juga karena saya ini baru anak Mei 1995 kemarin. Gaya saya yang naratif semoga tidak juga mengganggu. Hal itu karena kegiatan yang tidak jauh dari dunia sastra, sampai membuahkan satu buku puisi berjudul Ampre Memper (2015) dan beberapa antologi bersama di tahun selanjutnya.

Kalau bukan itu, palingan bermain-main dengan gambar bergerak di instagram @amryhidayat.

Request atau beri masukan soal penulisan konten melalui amryhidayat.official@gmail.com atau cari saja saya di sekitar perempuan yang tertawa terbahak-bahak. Jangan datangi rumah saya, karena kadang di Jogja kadang di Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *