manfaat masker tomat
9 Manfaat Masker Tomat Untuk Kesehatan Kulit dan Pengunaanya
08/03/2019
penyebab sering sariawan
Selain Kekurangan Vitamin, Ini 8 Penyebab Sering Sariawan Lainnya
08/03/2019

Sering Pusing? Ketahui 4 Penyebab Hb Rendah dan Gejalanya

penyebab hb rendah

Penyebab Hb Rendah – Hemoglobin atau Hb merupakan molekul protein yang ada di dalam sel darah merah yang memiliki peran membawa oksigen dari paru – paru ke seluruh tubuh dan membawa karbondioksida kembali ke paru – paru.

Normalnya, kadar Hb pada pria berkisar 13 – 17 gram/dL dan pada wanita berkisar 12 – 15 gram/dL. Sedangkan kadar Hb normal untuk anak – anak berbeda antar jenis kelamin dan usianya. Untuk mengetahui kadar Hb dilakukan tes darah.

Sering Pusing? Ketahui Penyebab Hb Rendah Disini

penyebab hb rendah pada manusia

Jika kadar Hb yang ada di dalam tubuh rendah, maka fungsi Hb akan terganggu. Kekurangan Hb bisa terjadi karena anemia atau bisa juga karena kondisi – kondisi tertentu dan biasanya menyebabkan rasa pusing. Simak apa saja yang menjadi penyebab Hb rendah dan bagaimana gejalanya berikut ini .

1. Kehilangan Darah

Kadar Hb dapat menurun secara drastis ketika seseorang mengalami kehilangan darah darah jumlah banyak. Penyebab Hb rendah ini bisa dikarenakan menstruasi dengan volume darah yang berlebihan, pendarahan akibat luka, atau bisa juga setelah melakukan donor darah.

Baca Juga  5 Karakter Golongan Darah O Ini Bisa Menunjukan Sifatmu

2. Kekurangan Nutrisi

Zat besi dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi hemoglobin. Penyebab Hb rendah bisa dikarenakan Anda kekurangan zat besi, sehingga tubuh hanya memproduksi hemoglobin yang sedikit. Selain kekurangan zat besi, penyebab Hb rendah lainnya adalah kekurangan asam folat dan vitamin B12.

Asam folat berguna untuk membantu tubuh membentuk sel – sel baru termasuk sel darah merah. Vitamin B12 juga berfungsi menghasilkan sel darah merah. Itu sebabnya kekurangan nutrisi seperti zat besi, asam folat, dan vitamin B12 menyebabkan kadar Hb menurun.

3. Kondisi Kehamilan

Kondisi kehamilan bisa menjadi penyebab Hb rendah, hal ini sering dialami oleh wanita hamil. Untuk mengetahui penyebab Hb rendah pada wanita hamil, biasanya dilakukan pemeriksaan darah berupa pemeriksaan hemoglobin dan hematokrit.

Rendahnya kadar Hb pada saat hamil tidak boleh disepelekan karena bisa berdampak pada bayi yang ada dalam kandungan. Penurunan jumlah Hb yang tergolong berat bisa menyebabkan bayi lahir prematur, berat badan bayi rendah, perkembangan bayi lambat dan bisa juga membahayakan nyawa ibu dan bayinya.

Baca Juga  3 Daftar Makanan Penambah Darah Untuk Ibu Hamil

4. Penyakit – Penyakit Tertentu

Beberapa penyakit yang menjadi penyebab Hb rendah, diantaranya yaitu thalasemia, malaria, dan kanker. Thalassemia merupakan kelainan darah yang diturunkan secara genetik. Thalassemia menyebabkan terjadinya mutasi genetik yang menghambat proses produksi hemoglobin di dalam tubuh.

Sementara penyakit malaria merupakan infeksi yang disebabkan oleh parasit Plasmodium dimana parasit ini hidup dan berkembangbiak di sel darah merah manusia. Parasit tersebut merusak dan menghancurkan sel – sel darah merah. Penyakit yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Anopheles ini menjadi penyebab Hb rendah.

Selain itu, menurunnya hemoglobin secara drastis bisa disebabkan penyakit kanker. Untuk membunuh sel – sel kanker biasanya dilakukan kemoterapi. Namun, kemoterapi ternyata berdampak pada menurunnya sel darah merah pada tubuh.

Gejala – Gejala yang Muncul Ketika Hb Rendah

gejala hb rendah

• Badan terasa mudah lelah, letih, dan lesu

Secara umum rendahnya Hb ditandai dengan badan mudah lelah, sering merasa letih, lesu dan juga kurang fokus. Ketika tubuh tidak memiliki Hb yang cukup, organ hati harus bekerja lebih keras untuk mentransfer lebih banyak darah kaya oksigen ke seluruh tubuh. Hal inilah yang menyebabkan Anda menjadi mudah lelah.

• Pusing

Kadar Hb yang rendah dapat menyebabkan otak menjadi kekurangan oksigen. Hal ini menyebabkan pembuluh darah di otak membengkak dan menekan rongga kepala sehingga menyebabkan orang dengan kadar Hb rendah sering merasa pusing.

Baca Juga  Waspadai Penyakit Leukimia, Jangan Sepelekan 7 Gejala Leukimia Ini

• Pucat

Secara umum warna merah pada darah manusia dipengaruhi oleh hemoglobin yang terkandung pada sel darah merah. Semakin tinggi kadar Hb dalam darah maka semakin merah pula warna darah yang ada di dalam tubuh.

Jika Anda mengalami kadar Hb yang rendah, maka muka dan tubuh Anda akan tampak lebih pucat. Selain itu, kadar Hb yang rendah bisa Anda lihat dari warna bagian dalam kelopak mata bawah. Jika warnanya putih atau lebih pucat kemungkinan Anda mengalami kekurangan zat besi.

• Sesak napas

Rendahnya kadar Hb membuat oksigen yang diedarkan ke seluruh tubuh menjadi berkurang. Hal ini menyebabkan tubuh menjadi sesak napas.

• Sulit konsentrasi

Pasokan oksigen yang kurang pada otak karena kadar Hb rendah menyebabkan seseorang menjadi sulit fokus atau sulit konsentrasi.

Baca Juga  Selain Leukimia, Inilah 13 Penyebab Trombosit Turun

• Detak jantung tidak teratur

Saat tubuh kekurangan zat besi yang menyebabkan kadar Hb rendah, membuat jantung bekerja lebih keras untuk mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. Ini menyebabkan detak jantung menjadi tidak teratur.

• Sindrom kaki gelisah

Sindrom kaki gelisah merupakan keadaan saat seseorang secara tidak sadar menggoyangkan kaki, meskipun saat Anda sedang tidak melakukan aktivitas. Sekitar 25% orang dengan sindrom kaki gelisah mengalami anemia dan kadar Hb rendah.

Embun Rinjani

Nama pena saya Embun Rinjani. Teruntuk para pembaca, terima kasih telah membaca tulisan – tulisan saya. Saya senang bisa berbagi informasi dan pengetahuan dengan para pembaca semuanya.

Saya memiliki hobi traveling, membaca, dan menulis. Sesuai dengan hobi saya, saya suka pergi ke tempat – tempat baru yang belum pernah saya kunjungi.

Dengan membaca, saya bisa menambah wawasan dan juga mendapatkan informasi – informasi yang update. Dari hobi membaca itu, saya jadi suka menulis. Semoga tulisan – tulisan saya bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *