manfaat alpukat untuk ibu hamil
Inilah 7 Manfaat Alpukat Untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui
05/03/2019
tujuan amdal
Pengertian, Fungsi dan Tujuan Amdal di Indonesia
05/03/2019

Kenali 3 Penyebab Kutu Rambut dan 4 Cara Mengatasinya

penyebab kutu rambu

Penyebab Kutu Rambut – Kutu tidak hanya menyerang binatang berbulu dan juga bisa menyerang rambut manusia. Anak-anak adalah usia yang paling rentan terkena kutu rambut. Di sekolah mereka bisa saja terserang oleh kutu rambut. Bagaimana bisa?

Kutu rambut adalah parasit, mereka tumbuh di tempat yang kotor dan lembab. Anak-anak seringkali tidak menjaga kebersihan kecuali disuruh oleh orang tua mereka. Tempat tidur yang kotor, pakaian dan tempat bermain dan bergaul adalah area yang sangat mudah menimbulkan kutu rambut.

Apakah Penyebab Kutu Rambut?

penyebab kutu rambut

1. Lingkungan yang kotor

Penyebab pertama bisa dilihat dari lingkungan tempat tinggal. Anak atau orang dewasa yang tinggal di lingkungan kotor terutama kamar tidur akan menimbulkan kutu rambut paling cepat.

Baca Juga  4 Cara Menghilangkan Kutu Rambut Yang Jarang Diketahui

Sprei dan sarung bantal adalah sumber kutu rambut, Anda yang tidak pernah menjemur kasur, mengganti sprei dan sarung bantal secara rutin akan terjangkit kutu rambut. Kurangnya cahaya matahari dan sirkulasi udara yang baik dalam kamar akan membuat kutu suka sekali bersarang.

2. Tertular dari seseorang

Penyebab kutu rambut yang selanjutnya adalah karena adanya interaksi dengan mereka yang sudah terkena kutu rambut. Interaksi bisa dilakukan secara langsung atau tidak langsung. Kutu dapat meloncat dan berpindah dari satu tempat ke tempat yang lainnya.

Misalnya saja Anda tidur satu kasur dengan orang yang memiliki kutu. Maka keesokan harinya kutu akan hinggap pada rambut Anda dan bekembang biak dengan sangat cepat. Sedangkan kontak yang tidak langsung bisa dilakukan melalui helm, handuk, dan sisir.

3. Karena meminjam barang dari seseorang

Kita tidak pernah tahu apakah orang lain yang memiliki kutu rambut menggunakan barang-barang pribadi kita seperti sisir. Sebagai pencegahan Anda harus benar-benar menjaga kebersihkan dan sebaiknya tidak meminjamkan barang pribadi ke orang lain.

Baca Juga  Cara Membasmi Kutu Rambut Dengan Menggunakan 6 Bahan Alami Ini

Penyebab kutu rambut yang bisa bervariasi tersebut bisa dicegah, namun jika Anda sudah menderita kutu rambut sebaiknya segera deteksi dan dilakukan pengobatan. Cara mendeteksi adanya kutu rambut adalah dengan sisir serit.

Bagaimanakah Cara Mengatasi Kutu Rambut?

cara mengatasi kutu rambut
Cucilah rambut Anda kemudian rambut yang masih basah sisir dengan sisir serit. Sisir secara menyeluruh dan merata. Sisir ini memiliki jarak yang rapat sehingga kutu rambut dan telurnya akan ikut terangkat.

Anda akan melihat kutu dan telurnya pada sisir serit, bentuknya putih dan berukuran sangat kecil. Jika tidak segera diatasi maka Anda akan merasakan gatal dan bisa menimbulkan iritasi. Cara untuk menghilangkan kutu rambut sangat bervariasi, Anda bisa mencoba ragam cara berikut ini:

1. Shampo kutu

Bersihkan rambut Anda dengan mencucinya menggunakan shampo khusus kutu rambut. Shampo ini bisa Anda beli di toko dengan mudah. Gunakan shampo secara rutin hingga kutu menghilang. Pastikan Anda mengganti sprei dan sarung bantal, mulailah hidup bersih.

Baca Juga  6 Kegunaan Minyak Zaitun Bagi Perawatan Tubuh dan Kesehatan

2. Minyak zaitun

Selain dengan shampo khusus kutu, Anda bisa menggunakan minyak zaitun. Gunakan minyak zaitun pada rambut yang sudah dikeramas dan dikeringkan. Oleskan minyak zaitun hingga pada akar rambut. Diamkan semalaman kemudian bersihkan dengan shampo keesokan harinya.

3. Bawang putih

Cara alami lain yang bisa ditempuh untuk menghilangkan kutu rambut adalah bawang putih. Caranya sangat mudah, cukup haluskan bawang putih secukupnya untuk dijadikan masker rambut. Tambahkan air jeruk nipis dan diamkan selama 30 menit sebagai masker rambut. Bilas dengan air hingga bersih.

Baca Juga  4 Cara Melemaskan Rambut Dengan Alami yang Bisa Dicoba Dirumah

4. Lemon

Air perasan lemon mengandung bahan asam yang dapat membunuh kutu rambut. Anda bisa memanfaatkannya untuk mengatasi kutu di rambut. Caranya adalah memijat kulit kepala dengan air lemon selama 10 menit. Diamkan agar meresap dan bekerja selama 30 menit kemudian bilas.

Apabila Anda akan menggunakan air lemon sebaiknya pastikan bahwa kulit kepala tidak ada yang terluka. Jika iya maka akan terasa perih dan menimbulkan iritasi.

Felichyta Yuliarti

Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.

Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.

Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.

Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya. Salam kenal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *