ucapan selamat wisuda
Inilah Ucapan Selamat Wisuda Dalam Bahasa Inggris Untuk Sahabat
03/05/2019
penyebab asam lambung naik
Waspada, Ini Gejala dan Daftar Makanan Penyebab Asam Lambung Naik
06/05/2019

Perkembangan Janin 4 Bulan yang Perlu Diketahui Calon Ibu

Perkembangan Janin 4 Bulan – Saat hamil 4 bulan, ibu hamil akan memulai trimester kedua. Ini adalah waktu yang menyenangkan dengan banyak perubahan nyata yang terjadi pada ibu dan bayi. Salah satu tonggak paling mencolok pada kehamilan 4 bulan adalah bahwa inilah titik ketika sebagian besar wanita hamil mulai menunjukkan tanda-tanda kehamilan yang sangat jelas.

Bulan keempat akan menandai awal trimester kedua yang berlangsung antara 13 dan 16 minggu. Anda akan mengalami banyak perubahan saat mendekati hari besar.

Baca Juga  7 Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil, Salah Satunya Menjaga Kesehatan Janin

Anda merasa lebih bersemangat, sementara kemungkinan keguguran berkurang selama periode ini. Kali ini kami akan memberi tahu Anda apa yang terjadi dengan Anda dan perkembangan janin Anda, dan hal-hal yang harus diperhatikan pada bulan keempat kehamilan.

Gejala Gejala Saat Hamil 4 Bulan

perkembangan janin 4 bulan

Saat hamil, seorang calon ibu selalu bertanya-tanya, bagaimana tubuh saya akan berubah saat hamil 4 bulan? Gejala apa yang mungkin saya alami?

1. Morning sickness

Satu hal yang dinanti-nantikan saat hamil 4 bulan adalah pengurangan atau lenyapnya efek samping trimester pertama kehamilan, seperti morning sickness, mual dan pusing. Anda cenderung merasa lebih nyaman daripada 3 bulan pertama kehamilan, tetapi gejala baru juga akan muncul. Beberapa efek samping dari kehamilan 4 bulan ialah sebagai berikut:

2. Konstipasi

Kebanyakan wanita mengalami kesulitan buang air besar dan tertunda dan konstipasi selama kehamilan. Untuk membantu meringankan efek samping yang tidak nyaman ini, cobalah minum lebih banyak air dan cairan lain untuk menjaga sistem Anda bergerak.

Selain itu, diet tinggi serat yang penuh dengan sayuran dan buah segar dapat membantu meringankan sembelit dan membantu sistem pencernaan Anda berfungsi lebih baik.

Baca Juga  Kapankah Waktu Bisa Mendengar Jelas Detak Jantung Janin?

4. Sering buang air kecil

Saat rahim membesar, semakin banyak tekanan pada kandung kemih Anda. Pada kehamilan 4 bulan, kebutuhan untuk sering bepergian ke kamar mandi menjadi lebih nyata dan akan meningkat saat kehamilan berlanjut.

5. Mulas

Bayi Anda yang sedang tumbuh juga memberikan tekanan pada sistem pencernaan Anda, yang dapat menyebabkan mulas pada kehamilan 4 bulan yang kemungkinan akan berlangsung hingga 9 bulan. Salah satu cara untuk meredakan mulas adalah dengan melakukan perubahan pola makan yang mengurangi stres pada sistem pencernaan Anda.

6. Napas pendek

Rahim Anda yang bertambah juga memberi tekanan pada paru-paru di dekatnya, menyisakan lebih sedikit ruang untuk ekspansi. Karena itu, sesak napas adalah hal yang biasa terjadi pada bulan ke 4 kehamilan.

Edema: Edema menggambarkan gejala kehamilan yang umum terjadi pada kaki, pergelangan kaki dan wajah yang bengkak. Ini sering dimulai pada bulan keempat kehamilan dan kemungkinan akan berlangsung sampai tanggal jatuh tempo Anda. Kurangi pembengkakan dengan menghindari berdiri atau duduk dalam waktu lama dengan sering istirahat untuk bergerak.

7. Perubahan warna kulit

Kadar hormon menyebabkan kulit wanita hamil berubah, biasanya mulai sekitar 4 bulan. Produk perawatan kulit seperti pembersih, toner dan pelembab dapat membantu menjaga kulit dalam kondisi sehat.

Perubahan pada payudara: Pada kehamilan 4 bulan, areola dan puting susu mulai gelap. Pembuluh darah di payudara Anda juga akan menjadi lebih gelap dan lebih terlihat sekitar waktu ini.

8. Mimisan

Kehamilan menyebabkan peningkatan jumlah darah yang ditemukan dalam tubuh wanita, membuatnya lebih rentan terhadap mimisan sejak bulan ketiga kehamilan karena peningkatan volume darah membuat pembuluh darah di hidung Anda lebih mudah pecah.

Baca Juga  Apakah Flek Coklat Saat Hamil Muda adalah Tanda Keguguran?

9. Gusi berdarah

Hormon kehamilan dapat meningkatkan kelembutan dan sensitivitas gusi yang menyebabkannya berdarah atau memar dengan penyikatan normal. Hal ini normal dan tidak menuntut perubahan dalam kebiasaan kebersihan gigi.

10. Mual dan muntah

Meskipun paling umum hanya selama trimester pertama, beberapa wanita mengalami mual dan muntah, sering disebut sebagai mual di pagi hari, ke bulan-bulan terakhir kehamilan.

Perkembangan Janin 4 Bulan yang Perlu Diketahui Calon Ibu

perkembangan janin 4 bulan
Pertanyaan selanjutnya yang biasa muncul adalah bagaimana perkembangan janin 4 bulan? Anda bisa perhatikan detilnya berikut ini.

1. Ukuran

Perkembangan janin 4 bulan yang pertama adalah ukuran janin dan biasanya berat bayi Anda sekitar 6 ons dan panjangnya sekitar 5,5 inci.

2. Wajah

Perkembangan janin 4 bulan yang yang sleanjutnya adalah saat hamil 4 bulan, fitur wajah bayi Anda menjadi lebih jelas. Tulang telinga mulai mengeras, tetapi janin tidak akan mulai mendengar dengan jelas sampai hamil sekitar 7 bulan.

Baca Juga  Apa Itu Ovulasi? Inilah Ciri - Ciri dan Cara Menghitungnya

3. Perubahan Kulit

Pada tahap perkembangan janin 4 bulan kulit bayi Anda cukup transparan dan vena mudah terlihat. Sel-sel lemak mulai terbentuk di bawah kulit bayi dan akan terus berlanjut sampai lahir. Tumpukan lemak di bawah kulit ini membantu menjaga kehangatan bayi begitu ia dilahirkan.

4. Organ-organ Mulai Berfungsi

Perkembangan janin 4 bulan yang selanjutnya adalah paru-paru bayi berkembang pada 4 bulan, tetapi tidak mulai berfungsi sebagai organ pernapasan sampai ia dilahirkan dengan paru-paru tetap kolaps sampai napas pertama.

5. Tulang dan otot

Setiap bulan kehamilan berikutnya mengarah ke tulang yang kuat dan lebih banyak perkembangan otot saat tanggal jatuh tempo Anda mendekat.

6. Rambut

Saat hamil 4 bulan, perkembangan janin 4 bulan adalah tumbuh bulu mata dan suatu jenis bulu yang disebut lanugo menutupi seluruh tubuh bayi dan menghilang setelah ia dilahirkan. Lanugo menawarkan perlindungan untuk kulit lembut bayi saat ia hidup dalam cairan ketuban.

Langkah Langkah yang Harus Dilakukan Saat Perkembangan Janin 4 bulan

 

Pada awal trimester kedua dokter Anda kemungkinan akan meminta panel tes untuk dilakukan. Tes darah dan urin ini akan mengukur hal-hal seperti kadar protein, gula, dan antibodi dalam sistem Anda. Anda juga kemungkinan akan mengambil tes glukosa untuk memeriksa diabetes gestasional, yang dapat dikelola di bawah perawatan dokter.

Baca Juga  Mencegah Mimisan Saat Hamil? Kenali Dulu 4 Penyebabnya

Latihan teratur dan berdampak rendah seperti berjalan, berenang, dan aktivitas aerobik lainnya serta kelanjutan dari diet sehat direkomendasikan selama masa ini.

Yang harus dilakukan selama Kehamilan 4 Bulan

1. Periksa kesehatan ke dokter

Lanjutkan untuk melakukan latihan teratur setelah persetujuan dokter. Ikuti jalan-jalan biasa, yoga, berenang, atau olahraga lain pilihan Anda untuk mempromosikan pengiriman yang aman dan mudah.

2. lakukan posisi tidur yang tepat

Tidur di sisi kiri Anda menggunakan bantal di sekitar sisi Anda dan di antara kaki Anda untuk kenyamanan. Ini juga akan meningkatkan sirkulasi darah ke janin yang sedang berkembang.

3. Gunakan pakaian yang nyaman

Belilah pakaian hamil yang nyaman dan besar saat otot perut mulai meregang dengan cepat. Pakaian biasa Anda akan ketat dan tidak nyaman.

4. Periksa kesehatan gigi

Manjakan diri dalam seks sebagai cara mempertahankan keintiman dengan pasangan Anda sangat penting. Namun, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda. Dan juga lakukan pemeriksaan gigi rutin untuk menghindari komplikasi mulut dengan gusi berdarah.

Yang tidak boleh dilakukan selama kehamilan 4 bulan

Jauhi alkohol karena janin bisa mengalami sindrom alkohol janin (FAS). Hindari membersihkan kotoran kucing karena dapat meningkatkan risiko alergi.

Baca Juga  Wajib Tahu, Inilah Tahap Perkembangan Janin dari Bulan ke Bulan

Jangan menggunakan pemandian air panas atau sauna karena suhu tinggi mungkin berbahaya bagi janin yang sedang tumbuh. Berhenti merokok karena mereka yang merokok cenderung melahirkan bayi dengan berat badan rendah yang berisiko lebih tinggi mengalami cacat.

Rina Hutapea

Hai Guys, selamat datang di laman ini. Perkenalkan nama saya Rina Hutapea, dan saat ini aktif menulis Novel, cerpen, cerbung dan juga artikel. Sebagai seorang yang hobby menulis, traveling dan membaca adalah senjata utama untuk menemukan ide-ide baru.

Namun akan lebih baik lagi jika teman-teman pembaca selalu memberikan kritik dan juga saran, supaya saya bisa menghasilkan tulisan yang lebih baik lagi kedepannya.

Teman-teman juga bisa menghubungi lewat account Instagram Rina_hutapea13, semoga setiap rangkaian kata di laman ini bisa bermanfaat untuk kita semua, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *