belajar berhitung untuk anak tk
Tips Belajar Berhitung untuk Anak TK Secara Sederhana
28/08/2018
pantun nasehat orang tua
Tips Membuat Pantun Nasehat Orang Tua Secara Sederhana
29/08/2018

Mengenali Masa Perkembangan Janin 6 Bulan yang Harus Diperhatikan

perkembangan janin 6 bulan

Perkembangan Janin 6 Bulan – Usia kehamilan yang sudah menginjak bulan ke-enam menjadi hal yang paling mengembirakan. Namun seorang ibu perlu memahami perkembangan janin 6 bulan. Berkaitan dengan berbagai hal yang semestinya dilakukan dan dihindari ketika usia janin yang menginjak 6 bulan.

Karena pengaruhnya jelas tidak hanya kepada besarnya janin saja. Secara fisik serta psikis dari sang ibu juga mengalami perubahan dan di tahap awal kehamilan, hal wajar yang dialami oleh seorang perempuan ialah rasa pusing atau mulai.

Baca Juga  Wajib Tahu, Inilah Tahap Perkembangan Janin dari Bulan ke Bulan

Pada usia janin 6 bulan, maka gejala dan rasa seperti itu tidak akan dialami. Bisa dibilang bahwa usia janin tersebut merupakan masa yang nyaman dalam menjalani kehamilan. Apalagi ibu akan lebih antusias mengingat usia kelahiran yang akan semakin dekat.

Kenyamanan tersebut sebenarnya bisa terlihat dari aktivitas janin. Rasa sakit atau mual tidak akan datang lagi. Malah ibu cenderung senang dengan gerak dan perkembangan janin di usia tersebut. Bahkan anda sudah bisa melakukan interaksi dengan buah hati anda yang ada di dalam perut. Ada respon yang diberikan oleh buah hati, contoh kecilnya seperti menendang-nendang.

Berapakah Berat Janin Saat 6 Bulan?

perkembangan janin 6 bulan

Biasanya perkembangan janin 6 bulan beratnya sekitar 0.6 kg. Sebenarnya sangat terasa kehadiran bayi dengan gerakan-gerakan di perut ibu. Namun, usia segitu, bisa dikatakan masih sangat kecil. Jadi bayi masih berukuran sangat kecil dan belum memiliki kekuatan sama sekali. Yang harus diketahui, bahwa usia ini kecenderungan janin memiliki pendengaran baik. Bisa mendengarkan suara serta disertai respon.

Bentuk organ tubuhnya sudah sangat terlihat. Meski organ tersebut belum bekerja maksimal. Bila anda lihat perkembangan usia 6 bulan, merupakan perkembangan utama dari janin. Bahkan buah hati bisa merasa apa yang dirasakan oleh lingkungan sekitar. Hal tersebut dilakukan melalui ibunya. Di mana saat ibu cemas, kesal dan bahagia, pasti yang dikandungan merasakan hal tersebut.

Baca Juga  Cara Aman dan Praktis Merawat Perkembangan Janin 5 Bulan

Hal itu bisa terjadi karena berdasarkan medis terdapat hormone yang bernama adrenalin. Ibu yang memproduksi hormonnya. Di mana bisa memberikan pengaruh terhadap emosi dari sang janin. Kapan itu terjadi? Ibu bisa merasakan saat tubuh dari buah hati menempel di perut. Saat itu terjadi, maka ibu akan merasakan sakit seperti rasa ngilu yang terjadi pada bagian perut.

Ketika memasuki perkembangan janin 6 bulan, adalah hal yang paling ditunggu. Kalau anda ingin tahu, rahim anda sudah memiliki ukuran sepeti bola kaki. Tetapi, harus dipahami bahwa sebelum menginjak usia tersebut, biasanya akan ditandai dengan berbagai gejala ibu hamil. Semisal, keram pada kaki, susah untuk tidur dan berbagai hal lainnya. Akan kembali pulih ketika sudah pada usia hamil 7 bulan.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Ibu Ketika Perkembangan Janin 6 Bulan

perkembangan janin 6 bulan

Saat masa perkembangan janin, seorang ibu harusnya memperhatikannya. Sebaiknya tidak bisa diabaikan pada tahapan perkembangan ini. Apalagi pada usia tersebut, akan membuat ibu lebih sensitive dengan lingkungannya. Tidak hanya sang ibu saja, bahkan suami atau calon ayah juga harus memberikan perhatian lebih kepada ibunda. Lalu, apa hal yang sebaiknya diperhatikan?

– Nutrisi Harus Terpenuhi

Perkembangan janin yang begitu cepat, membuat nutrisi ibu haruslah terpenuhi. Hal ini akan sangat baik dalam menunjang perkembangan dari sang buah hati. Sebaiknya, apapun yang dimakan oleh ibu, dianjurkan merupakan asupan yang mengandung nutrisi. Pemilihannya harus tepat, bukan hanya untuk ibu, yang terpenting ialah nutrisi yang dibutuhkan oleh sang buah hati.

Perbedaan Fisik

Perkembangan janin 6 bulan akan memberikan perbedaan fisik dari ibu hamil. Perubahan dari tubuh terutama pada bagian perut yang terlihat lebih besar. Kenyataan inilah yang terkadang akan memberikan rasa minder bagi ibu. Makanya sebagai suami atau pasangan, seharusnya bisa memberikan kenyamanan. Sehingga apa yang dirasakan ibu hamil bisa dalam kondisi yang baik.

Baca Juga  Tips Belajar Berhitung untuk Anak TK Secara Sederhana

Selain itu, anda juga perlu untuk mempersiapkan langkah kedepannya. Menginjak usia tersebut, akan semakin dekat untuk menuju ke hari kelahiran. Pada usia 6 bulan inilah sebaiknya segera dipersiapkan. Paling mendasar ialah persiapan untuk nantinya akan menyusui buah hati. Hal yang perlu dilakukan misalnya dengan mencari bagai sumber informasi.

– Sering Merasakan Keram Pada Kaki

Sebagai persiapan yang akan dihadapi, anda harus mengetahui satu hal. Di mana usia 6 bulan ketika masa kehamilan ternyata minimbulkan keram di kaki. Bahkan meskipun anda sudah menginjak usia 7 atau 8 bulan masih mengalaminya.

Tidak usah dikhawatirkan, semuanya itu merupakan hal yang sangat wajar. Kondisi yang tidak berkurang sama sekali, dan hilang sendirinya setelah melahirkan.

Demikianlah tadi beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan pada masa perkembangan janin saat usia 6 bulan. Mencari informasi semacam ini merupakan hal yang begitu baik untuk dilakukan. Apalagi untuk para ibu yang baru pertama kali merasakan kehamilan. Sebuah informasi yang berharga dan akan membantu memperhatikan janin anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *