Apakah Flek Coklat Saat Hamil Muda adalah Tanda Keguguran?
31/10/2018
Diagnosis Penyakit Kista Dermoid dan Pengobatannya
01/11/2018

Cara Menghitung Usia Kehamilan Berdasarkan Rumus HPHT

Rumus HPHT– Pernahkah anda kebingungan menghitung usia kehamilan anda sendiri atau menghitung usia kehamilan orang terdekat anda. Atau anda pernah mendengar kasus bahwa usia pernikahan masih satu bulan tetapi ketika di cek ke dokter ternyata usia kehamilan sudah satu bulan lebih atau bahkan dua bulan.

Hal ini bisa saja menjadi masalah besar jika kita tidak bisa menghitung usia kehamilan dengan menggunakan rumus HPHT.

Baca Juga  Apakah Flek Coklat Saat Hamil Muda adalah Tanda Keguguran?

Apakah sebelumnya anda sudah mengetahui apa yng dimaksud dengan rumus HPHT? Rumus HPHT adalah rumus menghitung usia kehamilan berdasarkan hari pertama haid dan hari terkahir haid (HPHT). Untuk selengkapnya cara menghitung usia kehamilan dengan rumus HPHT dapat anda baca berikut ini :

Rumus HPHT Berdasarkan Periode Menstruasi

Bagi anda yang memiliki siklus haid yang teratur, pastinya dengan mudah mengetahui HPHT anda, namun untuk anda yang siklus haidnya tidak teratur, misalnya hanya satu kali dalam dua tau tiga bulan tentunya tidak akurat jika menghitung usia kehamilan berdasarkan siklus haid tersebut.

Pada dasarnya usia kehamilan tidak dapat diprediksi 100% jadi usia kehamilan tersebut bisa dihitung dari hari terkhir seseorang haid.

Untuk menghitung usia khamilan dan HPL bisa menggunakan rumus HPHT berikut ini :

1. Rumus Neagele

Rumus ini terdiri dari hari pertama dan terakir haid dan bulan dan tahun terakhir haid. Dan dapat dihitung seperti berikut

Tanggal HPHT + 7
Bulan terkahir haid – 3
Tahun terakhir haid + 1

Baca Juga  Amankah Konsumsi Yakult untuk Ibu Hamil? Ini Penjelasannya

Contohnya ibu Dita, terakhir haid pada 13 September 2018, maka usia kehamilan atu predisi ibu dita melahhirkan dapat kita hitung.

10 + 7 = 17
9 – 3 = 6
2018 + 1 = 2019

Maka HPL atau perkiraan kelahiran sekitar 17 Juni 2019, dan usia kehamilan ibu Dita pada saat ini sekitar 6 minggu.

2. Rumus 4 1/3

Menghitung usia kehamilan dengan cara ini sangat mudah yaitu dengan menggunaan tanggal hari ini, dengan rumus berikut ini.
Tanggal hari ini – HPHT x 4 1/3

Contohnya hari ini 23 Oktober 2018 dan HPHT ibu Dita 13 September 2018, maka usia kehamilan ibu Dita dapat kita hitung dengan cara berikut ini.

Baca Juga  Begini Cara Menghitung Masa Subur Setelah Haid Agar Mudah Hamil

(23 – 13 ) – ( 10 – 9) x 4 1/3 =

10 hari

1 bulan x 41/3 = 4 minggu + 1

5 minggu

Sehingga dapat dihitung bahwa usia kehamilan ibu Dita adalah 5 minggu 10 hari atau bisa dibulatkan menjadi 6 minggu 3 hari.

Sekian untuk cara menghitung usia kehamilan berdasarkan rumus HPHT dan semoga bermanfaat.

Rina Hutapea

Hai Guys, selamat datang di laman ini. Perkenalkan nama saya Rina Hutapea, dan saat ini aktif menulis Novel, cerpen, cerbung dan juga artikel. Sebagai seorang yang hobby menulis, traveling dan membaca adalah senjata utama untuk menemukan ide-ide baru.

Namun akan lebih baik lagi jika teman-teman pembaca selalu memberikan kritik dan juga saran, supaya saya bisa menghasilkan tulisan yang lebih baik lagi kedepannya.

Teman-teman juga bisa menghubungi lewat account Instagram Rina_hutapea13, semoga setiap rangkaian kata di laman ini bisa bermanfaat untuk kita semua, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *