keramas saat haid
Larangan Keramas Saat Haid, Antara Mitos dan Fakta
04/10/2018
gejala muntaber
Selain Muntah dan Diare, Inilah 9 Gejala Muntaber Lainnya
05/10/2018

Amankah Konsumsi Yakult untuk Ibu Hamil? Ini Penjelasannya

Yakult untuk Ibu Hamil

Yakult untuk Ibu Hamil – Kondisi ibu hamil adalah titik yang rentan terkena penyakit mulai dari penyakit yang ringan hingga berat.

Banyak yang mengatakan bahwa mengkonsumsi yakult memberikan ketahanan pada tubuh. Namun apakah hal tersebut benar? Untuk itu mari simak dalam ulasan yang lengkap dalam artikel ini.

Yakult untuk Ibu Hamil
Amankah Konsumsi Yakult untuk Ibu Hamil? Ini Penjelasannya

Telah banyak diskusi di dunia literatur medis dan orang awam yang membahas mengenai penggunaan probiotik dalam peningkatan kesehatan secara umum.

Bahkan banyak ibu hamil yang menanyakan apakah probiotik tersebut seperti yang terkandung dalam produk Yakult aman?

Ibu hamil banyak yang meminum Yakult untuk mengobati kondisi seperti vaginosis bakteri dan diare selama kehamilan dan menyusui.

Menurut para ahli, data saat ini menunjukkan bahwa suplementasi probiotik jarang diserap sistemik ketika digunakan oleh individu yang sehat.

Baca Juga  Larangan Keramas Saat Haid, Antara Mitos dan Fakta

Satu meta analisis dan beberapa uji coba terkontrol secara acak yang dilakukan dengan wanita selama trimester ketiga kehamilan tidak melaporkan peningkatan hasil janin yang merugikan.

Belum ada penelitian yang dipublikasikan yang membahas penggunaan spesies Saccharomyces pada kehamilan. Probiotik juga tidak mungkin ditransfer melalui ASI.

Yakult memiliki kandungan probiotik yang merupakan mikroorganisme hidup (dalam banyak kasus bakteri) yang mirip dengan mikroorganisme menguntungkan yang ditemukan secara alami di usus manusia. Mereka tersedia untuk dikonsumsi terutama dalam bentuk suplemen makanan dan ketika diberikan dalam jumlah yang cukup memberikan manfaat kesehatan.

Probiotik yang paling banyak digunakan di Kanada adalah bakteri hidup seperti Lactobacillus dan Bifidobacterium spesies dan tidak patogenik ragi seperti Saccharomyces. Mereka tersedia sendiri atau dalam kombinasi sebagai tablet, obat tetes, cairan, dan kapsul oral atau vagina.

Probiotik juga terkandung dalam berbagai makanan fermentasi, paling umum adalah yoghurt. Probiotik telah digunakan untuk pengobatan diare akut, diare terkait antibiotik, Clostridium difficile, dan ragi dan vaginosis bakterial. Pada manusia yang sehat, lactobacilli biasanya ada di rongga mulut, ileum, kolon, dan vagina.

Resiko bakteremia yang diinduksi oleh probiotik dan fungemia sangat rendah, probiotik tidak mungkin mencapai sirkulasi sistemik janin, dan oleh karena itu tidak mungkin menyebabkan bahaya. Sebuah meta analisis dan tinjauan sistematis dari

uji coba terkontrol acak dari penggunaan probiotik pada lebih dari 1500 wanita hamil telah dipublikasikan. Sebagian besar wanita memulai perawatan probiotik antara usia kehamilan 32 dan 36 minggu dan berlanjut hingga melahirkan. Studi ini termasuk dalam meta analisis dibandingkan Lactobacillus spp sendiri atau dalam kombinasi dengan Bifidobacterium spp dengan plasebo.

Baca Juga  Begini Cara Tes Kehamilan Dengan Pasta Gigi Secara Rinci

Hasilnya tidak ada peningkatan kejadian keguguran atau malformasi, yang diharapkan karena penggunaan probiotik sebagian besar terjadi pada trimester ketiga dan karena itu tidak mungkin mempengaruhi organogenesis. Tidak ada perbedaan yang signifikan dalam berat lahir, usia kehamilan, atau kejadian operasi caesar.

Kesimpulannya apabila Anda adalah ibu hamil yang mengalami gangguan pencernaan dan ingin mengatasinya dengan mengkonsumsi Yakult maka hal tersebut tidak dilarang. Menurut penelitian di atas probiotik yang terkandung dalam Yakult tidak akan mengganggu janin yang berkembang dalam tubuh Anda. Bahkan setelah bayi lahir tidak ada efek yang mempengaruhi kondisi bayi Anda nantinya.

Yakult untuk Ibu Hamil

Keuntungan Mengkonsumsi Yakult untuk Ibu Hamil

Jika mengkonsumsi Yakult aman untuk ibu hamil, tentu saja Anda perlu mengetahui apa saja keuntungan yang akan didapatkan. Tidak hanya untuk melancarkan pencernaan namun Yakult memiliki khasiat lain yang dibutuhkan para ibu hamil. Berikut ini manfaat yang akan didapatkan.

• Menciptakan sistem pencernaan yang sehat

• Dapat mengobati sindrom iritasi usus dan penyakit Crones

• Memperkuat sistem kekebalan tubuh

• Mengobati infeksi saluran kemih

• Menjaga kulit tetap sehat

• Menjaga vagina tetap sehat

• Pencegahan bau mulut

• Mengurangi peradangan

• Membunuh bakteri jahat sehingga mengurangi penggunaan antibiotik

Selain keuntungannya pada ibu hamil, yakult juga dapat memberikan banyak keuntungan pada anak-anak. Ketika anak Anda mengalami infeksi telinga atau penyakit diare yang embutuhkan antibiotik maka mengkonsumsi Yakult yang kaya akan probiotik akan embantu mempersingkat gejala penyakit tersebut.

Adanya probiotik dalam usus anak maka akan menjaga kesehatan dan mengurangi jumlah bakteri jahat di usus yang menimbulkan infeksi atau peradangan. Jadi singkatnya menggunakan probiotik pada anak-anak dapat mengembalikan populasi relatif bakteri baik dan meningkatkan kesehatan yang optimal.

Baca Juga  Kenali Penyebab Bayi Sungsang dan Cara Mudah Mengatasinya

Sama seperti keuntungan Yakult untuk ibu hamil, jika di konsumsi untuk anak-anak maka akan mencegah penyakit diare, memperkuat sistem kekebalan tubuh, bahkan Yakult juga berfungsi dalam pencegahan dan menajemen dermatitis atopik (eksis) pada anak dan mencegah alergi makanan pada anak-anak.

Yakult harus dikonsumsi secara benar, jika berlebihan akan ada efek samping yang perlu diwaspadai. Terlalu banyak mengkonsumsi Yakult bagi Anda yang sedang diet dapat meningkatkan kadar gula darah karena kandungan gula yang tinggi. Beberapa konsumsi yang berlebihan juga dapat menimbulkan jerawat dan gatal namun hal tersebut dapat dihindari dengan dosis minum yang tepat.

Felichyta Yuliarti

Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.

Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.

Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.

Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya. Salam kenal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *