Apa Arti Desentralisasi dan Bagaimana Penerapannya?

Apa Arti Desentralisasi dan Bagaimana Penerapannya?

Arti DesentralisasiDesentralisasi menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI)adalah sistem pemerintanhan yang lebih banyak memberikan kekuasaan pada pemerintah daerah. Bisa juga diartikan sebagai penyerahan sebagan wewenang pimpinan kepada bawahan. Secara fungsional diterapkan dengan adanya pengakuan hak kepada seseorang dan golongan dalam mengerjakan hal tertentu.

Bagi kebudayaan desentralisasi adalah pengakuan hak kepada golongan yang lebih kecil dalam masyarakat agar dapat menyeleggarakan kebudayaan sendiri. Bagi politik, desentralisasi adalah hak untuk mengurus kepentingan rumah tangga sendiri untuk badan politik daerah yang telah dipilih oleh rakyat.

Banyak arti desentralisasi yang dijabarkan dari KBBI. Pada dasarnya desentralisasi adalah pemerintah pusat yang menyerahkan urusan pemerintah kepada derah otonom. Daerah otonom yang dimaksud adalah daerah-daerah yang ada di Indonesia. Peraturan desentralisasi pertama kali muncul setelah krisis ekonomi yang melanda tahun 1997.

Pada saat itu ekonomi Indonesia sangat melemah dan pemerintah daerah merasa tidak ada keadilan untuk mengelola sumber daya alam yang ada di daerahnya masing-masing. Melihat desakan pemerintah daerah maka muncullah sistem desentralisasi yang diatur dalam undang-undang nomor 22 tahun 1999 mengenai otonomi daerah.

pengertian desentralisasi
Apa Arti Desentralisasi? dan Jenis Jenis Desentralisasi

Pengertian desentralisasi ini akan membantu pihak daerah yang diberikan wewenang. Banyak wewenang yang bisa dijalankan terkait untuk melakukan pengembangan daerahnya masing-masing. Dimulai dari penyusunan aturan yang akan membangkitkan ekonomi daerah nantinya juga akan berdampak positif pada pemerintah pusat.

Terdapat pembagian dari sistem desentralisasi ini sehingga penggunaannya tidak melenceng. Masing-masing bagian akan digunakan dengan baik dan sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Sistem dibagi menjadi tiga yakni desentralisasi politik, desentralisasi administratif dan juga desentralisasi fiskal.

– Desentralisasi politik

Desentralisasi politik ini adalah pemindahan kekuasaan khususnya dalam wewenang politik. Pemerintah pusat akan melakukan penyerahan wewenang politik secara penuh pada pemerintah daerah yang memiliki jabatan saat itu.

– Desentralisasi administratif

Desentralisasi administratif adalah pemindahan wewenang atau kekusaaan dalam bidang administratif. Pemerintah akan memberikan semua wewenang dan tanggung jawab pada pemerintah daerah khusus masalah administratif saja namun untuk pengambilan keputusan tetap dipegang oleh pemerintah pusat.

– Desentralisasi fiskal

Desentralisasi fiskal adalah pemindahan kekuasaan atau wewenang pada bidang keuangan. Pemerintah akan memberikan wewenang penuh pada pemerintah daerah agar dapat mengatur keungan dan pemerintah pusat hanya akan bekerja sebagai badan pengawas saja.

Menggunakan sistem desentralisasi dalam pemerintahan akan memudahkan semua pekerjaan pemerintah pusat. Pemerintah pusat hanya sebagai bagian peninjau saja, cara in dipilih karena banyaknya daerah-daerah di Indonesia yang terpisahkan oleh laut, sistem ini memungkinkan untuk menjangkau daerah yang terpencil sehingga menjadi bangkit khususnya dalam urusan politik dan ekonomi.

Mengenal Kelebihan Desentralisasi Bagi Masyarakat

Apa itu desentralisasi sudah dijabarkan secara jelas melalui KBBI bahkan pada prakteknya untuk melancarkan sistem ini semua peraturan telah diatur dengan baik dalam undang-undang otonom. Pada dasarnya alasan dibentuknya sistem desentralisasi juga untuk kemajuan rakyat. Pemerintah pusat tidak akan memperkaya diri masing-masing apabila menggunakan sistem ini.

Semua dana akan dibagikan secara merata kepada masing-masing daerah untuk memajukan wilayahnya masing-masing. Selain itu juga dengan sistem ini maka rakyat juga dapat ikut serta dan bertanggung jawab dalam pemerintahan daerah. Banyak suara rakyat yang dapat didengar dengan sistem desentralisasi.

Pada program-program daerah yang dibuat akan menyesuaikan dengan kebutuhannya masing-masing. Program yang dibentuk sesuai dengan kebutuhan sehingga tingkat sosial dan ekonomi bisa meningkat secara merata.

Tentu saja sistem yang sudah dijalankan ini memiliki kelebihan dan juga kelemahan. Walaupun arti desentralisasi membuat pemerintah daerah dapat berkuasa namun ada juga kekurangannya. Sebelum membahas masalah kekurangan, pelajari apa saja kelebihan diterapkannya sistem desentralisasi:

• Pengelolaan sumber daya alam menjadi semakin mudah. Orang yang berada di tingkat daerah akan lebih fokus dengan daerah tersebut sehingga semua sumber daya alam bahkan sumber daya manusia dapat ditingkatkan untuk ekonomi yang lebih baik.

• Keaktifan pengelolaan pemerintah dan meningkatnya berbagai macam program politik membuat masyarakat akan lebih dekat dengan pemerintah dan mengenal mana yang harus dipilih dengan bijak.

• Meningkatnya ikatan sosial budaya dalam daerah. Pengembangan budaya setempat tentu akan menjadi lebih maju.

• Pemerintah pusat ringan tugas dari mengatur semua strategi kemajuan daerah sehingga keputusan dapat diambil lebh cepat dan tepat.

• Meningkatnya kinerja di pemerintahan karena pemerintah daerah akan berkomunikasi langsung dengan pemerintah pusat terkait urusan administratif dan lainnya.

• Berkurangnya birokrasi yang sudah terkenal buruk karena sistem organisasi yang berlapis. Apapun keputusannya dapat ditangani oleh pemerintah daerah.
Kelebihan yang telah disebutkan juga memiliki sisi kekurangan. Berikut ini kekurangan yang akan dihadapi dalam sistem desentralisasi.

• Kebudayaan yang terlalu kuat setiap daerah bisa menimbulkan perpecahan karena setiap daerah akan saling bersaing menonjolkan kebudayaannya masing-masing. Jika ini diteruskan dan digunakan dalam arti negatif akan menimbulkan perpecahan. Bahkan semakin parah akan menimbulkan konflik antar daerah yang dibarengi dengan alasan politik.

• Munculnya KKN akan lebih luas karena terlalu besar stuktur organisasi dalam pemerintahan daerah. Hal ini akan sangat merugikan masyarakat.

• Biaya yang dibutuhkan akan sangat besar karena setiap daerah akan meningkatkan daerah dengan kebutuhan dana yang pasti sangat besar.

apa itu desentralisasi

Contoh Penerapan Asas Desentralisasi Pada Masyarakat

Mengetahui apa itu desentralisasi bahkan sampai pada kelebihan desentralisasi saja tidak cukup. Jika sistem ini ada namun tidak diterapkan maka sama saja dengan hanya peraturan di atas kertas. Ada banyak penerapan sistem desentralisasi yang ada di Indonesia. Berikut ini beberapa contoh penerapan desentralisasi:

1. Peraturan pada sumber daya alam laut

Sebelum adanya desentralisasi, semua sumber daya alam dari laut yakni menejemen perikanan adalah milik negara dan diatur negara, sedangkan pemerintah propinsi, kabupaten dan desa hanya sebagai alat untuk mengelolanya. Peraturan ini sangat merugikan pemerintah daerah khususnya wilayah Indonesia Timur.

Setelah desentralisasi diterapkan maka pada tahun 2001 propinsi Nusa Tenggara Barat mengeluarkan peraturan daerah baru. Peraturan ini adalah semua yang bertanggung jawab tentang menajemen adalah pemerintah daerah. Semua diatur dan disesuaikan dengan pengelolaan sektor perikanan setempat serta kearifan lokal sehingga dapat mencampai kesinambungan.

2. Peraturan pada sumber daya hutan di Indonesia

Masih sama dengan cara mengatur pendapatan dari sumber daya kehutanan di Indonesia pada masa lampau hingga saat ini. Hutan Indonesia sangat terkenal di dunia, dengan wilayah laut yang luas pulau-pulau di Indonesia memiliki hutan yang luas dan juga subur.

Pada pemerintahan dahulu hutan dimonopoli oleh pemerintah pusat sehingga semua kegiatan akan dikelola oleh pemerintah daerah namun hasilnya akan dikumpulkan pada pemerintah pusat.

Kerugian besar didapatkan oleh para pengelola hutan setempat khususnya masyarakat. Oleh karena itu dengan adanya arti desentralisasi maka pemerintah daerah bisa mendapatkan hasil sumber daya alam dari hutan dan bisa menggunakannya sebagai pemerataan dan peningkatan ekonomi rakyat setempat. Kedua contoh dari pengelolaan sumber daya alam yang mengalami perubahan kini sudah bisa dirasakan.

Comments are closed.