Kegunaan Baking Soda Untuk Gigi dan Cara Pemakaiannya

Kegunaan Baking Soda Untuk Gigi dan Cara Pemakaiannya

Baking Soda untuk Gigi – Kebiasaan minum kopi dan merokok dapat menyebabkan karang gigi dan juga membuat gigi menjadi kuning. Gigi yang kuning tentunya membuat kebanyakan orang menjadi kurang percaya diri sehingga sebagian orang berusaha memutihkan gigi mereka untuk meningkatkan kepercayaan diri.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk memutihkan gigi diantaranya dengan melakukan perawatan sederhana di rumah, membeli produk pemutih gigi yang dijual bebas atau bisa juga pergi ke tempat dokter gigi. Tiap – tiap cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing.

Memutihkan gigi di dokter gigi memiliki tingkat keamanan dan efektivitas yang lebih tinggi dibandingkan memutihkan secara mandiri di rumah atau membeli produk pemutih yang dijual bebas di pasara, hanya saja, melakukan perawatan memutihkan gigi ke dokter gigi membutuhkan biaya yang lebih mahal.

Jika Anda ingin memutihkan gigi di rumah, Anda bisa menggunakan bahan – bahan yang mudah ditemukan di rumah, salah satunya yaitu baking soda untuk gigi Anda. Nah, apa kegunaan baking soda untuk gigi dan bagaimana cara menggunakannya ? Yuk kita simak caranya berikut ini.

baking soda untuk gigi
Kegunaan Baking Soda Untuk Gigi dan Cara Pemakaiannya Dengan Mudah

Baking soda umumnya digunakan dalam proses pembuatan kue, namun ternyata baking soda juga efektif untuk mengikis karang gigi dan membuat gigi tampak lebih putih. Hanya saja, baking soda untuk gigi tidak mampu membasmi bakteri yang ada di gigi dan mulut seperti halnya pasta gigi anti bakteri.

Proses pengikisan karang gigi dengan menggunakan baking soda dapat menipiskan enamel atau lapisan terluar gigi, tetapi jika Anda menggunakannya secara benar dan tidak berlebihan maka tidak akan menjadi masalah.

Untuk menghilangkan karang gigi dan gigi dengan baking soda maka Anda bisa menggunakan beberapa cara di bawah ini:

1. Menggunakan Baking Soda dicampur Air

Kegunaan baking soda untuk gigi lebih putih bisa Anda peroleh dengan cara mencelupkan sikat gigi Anda ke dalam bubuk baking soda kemudian sikatkan pada gigi Anda seperti biasa saat Anda menggosok gigi.

Sikat gigi Anda secara merata kurang lebih selama 2 menit. Lalu berkumur – kumurlah hingga baking soda tidak tertinggal di gigi.

2. Menggunakan Baking Soda dengan Pasta Gigi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, baking soda untuk gigi memang bisa memutihkan dan menghilangkan karang gigi tetapi tidak bisa membunuh kuman dan bakteri yang ada di mulut Anda. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mengombinasikan baking soda dan pasta gigi.

Caranya, campurkan pasta gigi yang biasa Anda pakai dengan baking soda hingga rata. Kemudian oleskan campuran baking soda dan pasta gigi ke sikat gigi yang akan Anda gunakan. Sikat gigi Anda seperti yang biasa Anda lakukan lalu berkumurlah hingga bersih.

baking soda untuk gigi

3. Baking Soda dengan Garam

Baking soda dan garam dapat digunakan untuk membuat gigi Anda menjadi lebih putih. Caranya, campurkan 3 sendok teh baking soda dan 1 sendok teh garam, aduk hingga rata. Sikat gigi Anda menggunakan campuran bahan tadi secara merata di gigi Anda. Kemudian bilaslah mulut Anda dengan berkumur hingga bersih.

4. Baking Soda dengan Air Lemon

Lemon memiliki sifat asam yang dapat membantu memutihkan gigi. Lemon dan baking soda untuk gigi bisa diaplikasikan dengan cara mencampur baking soda dan air lemon hingga berbentuk pasta. Kemudian gunakan pasta tersebut untuk menyikat gigi Anda. Tunggu selama 2 menit lalu berkumurlah hingga bersih.

Yang perlu Anda perhatikan saat menggunakan baking soda untuk gigi yaitu baking soda untuk gigi memang murah dan relatif aman digunakan. Namun, penggunaan yang terlalu sering dapat mengikis lapisan enamel atau gigi terluar Anda. Anda bisa mengaplikasikannya seminggu sekali.

Comments are closed.