Mengenal 3 Beasiswa di Jerman yang Banyak Diburu Mahasiswa

Mengenal 3 Beasiswa di Jerman yang Banyak Diburu Mahasiswa

Beasiswa di Jerman – Beasiswa studi di jerman atau beasiswa di jerman memang sangat berlimpah. Studi di jerman sendiri menempati 10 ranking tujuan minat siswa-siswa dan mahasiswa Indonesia yang berminat.

Kenapa disebut siswa-siswa dan mahasiswa? Karena ternyata beasiswa di jerman menyediakan kemudahan bagi siswa lulusan sekolah menegah atas untuk menyelesaikan studi sarjana di Jerman secara gratis.

Baca Juga  Kuliah di Jerman Bukan Hanya Mimpi Dengan 5 Beasiswa Jerman Ini

Jika Anda berminat beasiswa di jerman untuk program sarjana. Anda perlu memperhatikan bahwa program sarjana di jerman berbeda dengan di Indonesia. Hal ini disebabkan Jerman menerapkan program matrikulasi selama setahun bagi siswa lulusan non-jerman yang menempuh jenjang sarjana di jerman.

Program matrikulasi ini disebut studienkolleg dan wajib bagi seluruh siswa sekolah lajutan atas yang lulus di luar jerman. Jika anda lulusan jerman maka tidak diwajibkan. Sehingga secara praktis, sekolah sarjana di jerman membutuhkan waktu lima tahun.

Mengenal 3 Beasiswa di Jerman yang Banyak Diburu Pelajar

jenis beasiswa di jerman
Beasiswa di jerman untuk jenjang sarjana berupa pembebasan biaya spp, atau biasanya disebut tuition fee. Pembebasan ini hanya bersifat di universitas negeri yang dikelola oleh negara. Jadi anda harus pintar-pintar memilih mana universitas negeri dan mana universitas swasta. Walaupun demikian, pembebasan ini hanya berbentuk tuition fee saja.

Anda masih diminta menyiapkan dana untuk dana darurat, uang administras kemahasiswaan yang tidak terlalu besar sekitar 5 sampai 6 juta rupiah per semester. Serta tentunya biaya pribadi untuk hidup dan tempat tinggal dan berikut di bawah ini adalah beberapa beasiswa di Jeman yang banyak diburu pelajar dan mahasiswa lalu apa sajakah itu?

1. DAAD

Sementara beasiswa di jerman untuk jenjang master dan doktoral sangat melimpah. Anda bisa mencarinya melalui DAAD perwakilan Indonesia yang berkedudukan di Jakarta. DAAD merupakan lembaga partner misi diplomatik Jerman yang mempunyai kewenangan dalam menyalurkan beasiswa dari berbagai entitas di jerman untuk masyarakat internasional.

Baca Juga  Wajib Tahu, Kuliah di Jerman Gratis Dengan 2 Beasiswa Ini

Sampai saat ini DAAD mengelola berbagai beasiswa antara lain dari Kementerian Riset dan Ilmu Pengetauan, beasiswa partial dari beberapa kampus, berbagai beasiswa riset dari universitas dan industri serta berbagai beasiswa partial dan full dari partai politik jerman yang mempunyai tawaran riset. Jika anda berminat anda bisa mengunjungi website DAAD Indonesia dan sesuaikan dengan passion keilmuan Anda.

jenis beasiswa di jerman

2. LPDP

Beasiswa studi di jerman atau beasiswa di jerman tidak hanya terpatok pada beasiswa pemerintah Jerman. Anda masih bisa mendapatkan beasiswa dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia yang sangat terkenal bernama LPDP. Beasiswa LPDP sampai saat ini telah memberangkatkan ratusan penerima jenjang master dan doktor sekolah di Jerman.

Baca Juga  3 Jenis Beasiswa S2 Jerman Yang Patut Anda Ketahui

Penerima beasiswa ini sekolah di universitas bergengsi di jerman seperti Bonn University, Hamburg hingga Heidelberg. Anda bisa mengunjungi website LPDP Kementerian Keungan untuk melihat syarat dan prosesnya. Menariknya, beasiswa LPDP ini memberikan beasiswa full. Anda akan bebas spp berapa besarnya dari universitas jerman.

Diberikan uang saku bulanan sesuai kebutuhan di jerman. Serta mendapat uang buku 10 juta per tahun. Tunjangan keluarga bagi penerima beasiswa doktoral. Hingga biaya kedatangan dan kepulangan setelah wisuda.

3. Erasmus Mundus

Selain beasiswa LPDP Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Anda masih bisa mendapat beasiswa di jerman. Atau beasiswa untuk studi di jerman melalui beasiswa Erasmus Mundus. Beasiswa yang dikeluarkan oleh Komisi Uni Eropa ini memberikan beasiswa bagi mahasiswa internasional untuk studi di negara-negara anggota uni eropa.

Menariknya dalam proses studi di bawah Erasmus Mundus. Anda diperbolehkan studi di dua universitas di negara yang berbeda. Jadi jika anda dinyatakan diterima. Anda bisa memilih satu kampus di negara jerman.

Kemudian satu kampus lagi di negara lain yang masih termasuk program erasmus mundus. Misal setahun pertama di universitas heidelberg jerman. Kemudian setahun berikutnya di universitas sorbonne paris perancis.

2 Cara Mengobati Cantengan Dirumah Dan Cara Untuk Mencegahnya Kursus Bahasa Jerman Di Jakarta Dengan Metode Modern
Comments are closed.