5 Resep Cara Membuat Masker Timun Paling Mudah di Rumah

cara membuat masker timun

Cara Membuat Masker Timun – Pastikan kulit wajah kamu tetap cerah, bersih dan bersinar. Bagaimana cara mudah untuk mendapatkan wajah yang sehat? Saat ini banyak produk kecantikan yang dibandrol dengan harga selangit. Belum lagi biaya periksa ke dokter kulit yang mahal ketika produk skin care tidak berhasil menyehatkan kulit.

Sebenarnya tidak perlu mahal-mahal periksa ke dokter dan membeli produk skin care macam-macam. Kamu bisa memanfaatkan timun yang biasanya dikonsumsi sebagai lalapan. Timun adalah jenis sayuran mampu mendinginkan kulit ketika terbakar panas matahari.

Timun, sayuran murah dan mudah didapatkan yang didalamnya terkandung banyak manfaat. Sayuran ini bebas dari kolesterol dan cocok untuk hidangan bagi kamu yang sedang menjalani diet. Kandungan bermanfaat lainnya adalah antioksidan, vitamin C, vitamin A, and lutein.

cara membuat masker timun dirumah

5 Resep Cara Membuat Masker Timun Paling Mudah di Rumah

Kandungan tersebut mampu menjaga tubuh dari radikal bebas dan oksigen reaktif yang menimbulkan penuaan dan masalah kulit lainnya. Timun juga sering digunakan sebagai ekstrak dalam pembuatan kosmetik. Namun kamu tidak harus membelinya dalam bentuk kosmetik yang mahal.

Cukup dengan membuat masker timun sendiri di rumah, permasalahan kulit bisa diatasi dengan mudah. Tidak hanya timun saja, kamu juga bisa menambahkan beberapa bahan alami lainnya yang juga bermanfaat untuk wajah. Berikut ini beberapa cara membuat masker timun sendiri dengan mudah.

Baca Juga  7 Manfaat Baking Soda untuk Wajah Hingga Cara Menggunakannya

1. Masker Timun dan Lidah Buaya

Menggunakan masker timun yang dicampur dengan lidah buaya akan membuat kulit segar dan bercahaya. Cara membuatnya adalah dengan 1 sendok makan lidah buaya dan ¼ timun yang telah diparut. Campurkan kedua bahan ini kemudian aplikasikan pada seluruh kulit wajah hingga leher.

Sebelum mengaplikasikan masker bersihkan wajah dengan air bersih. Diamkan masker selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

2. Masker Timun dan Wortel

Jenis masker yang kedua ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki masalah kulit kering. Wortel dan timun memiliki kandungan air yang sangat tinggi sehingga mampu melembabkan wajah. Bahan yang dibutuhkan adalah 1 sdm air wortel, 1 sdm timun, dan krim asam.

Campurkan ketiga bahan hingga membentuk pasta baru aplikasikan pada wajah yang sudah dicuci bersih. Diamkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air hangat.

3. Masker Timun dan Madu

Masih memiliki khasiat yang sama yaitu untuk kulit kering. Jika kamu kesulitan mendapat wortel sebagai gantinya bisa menggunakan madu. Bahan yang dibutuhkan adalah 1 sdm timun yang sudah diparut, ½ sdm madu dan 1 sdm oats. Pertama campurkan timun dan oats, kemudian tambahkan madu hingga kental.

Oleskan pada permukaan kulit wajah dan diamkan selama 15 menit. Bersihkan dengan air hangat. Kamu bisa melakukan perawatan ini setiap 3 kali dalam seminggu.

cara membuat masker timun

4. Masker Timun dan Pepaya

Treatment yang ketiga ini akan membuat kulit lebih cerah sekaligus memperlambat proses penuaan. Manfaatkan pepaya yang telah matang dan timun yang sudah diparut. Campurkan kedua bahan hingga membentuk pasta, atau bisa juga dengan diblender.

Aplikasikan ke seluruh wajah secara merata, jangan lupa sampai bagian leher. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Baca Juga  5 Cara Memutihkan Lutut Dengan Bahan Alami Dirumah

5. Masker Timun dan Alpukat

Masker yang keempat ini membutuhkan bahan yang sedikit mahal yaitu alpukat. Jika sedang musim alpukat cobalah untuk membuat masker ini di rumah. Bahan yang dibutuhkan adalah ½ cup alpukat dan 2 sdm timun. Efek yang diberikan adalah melembutkan kulit dan mengurangi jerawat atau bintik merah.

Cara membuat masker timun dan alpukat ini adalah menghancurkan kedua bahannya hingga halus. Oleskan pada seluruh wajah dan diamkan selama 20 menit. Bilas wajah dengan air hangat.

6. Masker Timun dan Baking Soda

Baking soda pasti selalu tersedia di dapur, mencampurkannya dengan timun akan membuat kulit wajah bebas dari jerawat. Cukup siapkan 2 sdm timun yang dihaluskan dan 1 sdm baking soda. Peras timun hingga terdapat cukup air. Kemudian tambahkan air timun dengan baking soda hingga membentuk pasta.

Aplikasikan campuran kedua bahan pada kulit wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan masker selama 10 menit kemudian bilas dengan air bersih.

About Felichyta Yuliarti 83 Articles
Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger. Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis. Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis. Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya. Salam kenal.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*