Jangan Panik, Begini Cara Memompa Asi yang Benar dan Nyaman

Jangan Panik, Begini Cara Memompa Asi yang Benar dan Nyaman

Cara Memompa Asi – Memberikan ASI kepada bayi merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu oleh sang ibu setelah melahirkan bayinya, akan tetapi terkadang air susu Ibu (ASI) bagi ibu muda yang baru pertamakali memiliki anak seringkali tidak keluar.

Sehingga banyak Ibu muda yang merasa khwatir bahkan mengalami panik karena bayinya tersebut rewel karena belum mendapatkan ASI, akan tetapi jangan khwatir karena ada banyak cara untuk mengatasi hal tersebut.

cara memompa asi

Jangan Panik, Begini Cara Memompa Asi yang Benar dan Nyaman

Dan cara yang paling banyak digunakan adalah dengan cara memompa ASI, akan tetapi ada baiknya Anda melakukan cara ini dengan benar agar mengeluarkan ASI yang banyak, lalu bagaimanakah caranya?

1. Memilih ukuran pompa

Pilih ukuran pompa dengan ukuran payudara Anda yang paling pas, selain itu perhatikan agar pompa payudara harus sangat erat mengelilingi puting Anda tetapi meninggalkan ruang yang cukup sehingga puting Anda tidak bergesekan dengan dinding pompa sehingga putting Anda bisa bergerak bebas.

2. Melakukan rangsangan

Kunci untuk keberhasilan ASI adalah merangsang refleks payudara Anda, sehingga cobalah untuk memijat payudara dan cobalah melakukan rangsangan di payudara selama Anda memompa dan cobalah relaks agar ASI cepat keluar.

3. Menggunakan pompa vakum

Selain alat pompa yang digunakan secara manual Anda bisa memanfaatkan pompa vakum menggunakan mesin. Alat ini akan memberikan kenyamanan para ibu untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri dari penggunaan pompa manual.

Penentuan kenyamanan pun dapat diatur jika menggunakan alat ini. Rasa sakit akibat nyeri akan berkurang dengan pengaturan yang tepat.

4. Menggunakan pompa ganda

Mungkin banyak orang yang belum mengetahui bahwa menggunakan pompa ganda untuk menyedot ASI di payudara akan menghemat waktu dan satu yang pasti hal tersebut dapat menghasilkan lebih banyak susu dari waktu ke waktu.

Sehingga saat Anda mencoba memompa satu payudara pada suatu waktu, maka cobalah beralih dari payudara kiri beralih ke payudara kanan dan cobalah hal tersebut beberapa kali saat mempompa payudara.

Keempat cara di atas adalah cara memompa Asi menggunakan alat manual maupun dengan mesin. Namun rasa nyeri dan juga banyak atau tidaknya Asi yang keluar ditentukan oleh banyak faktor salah satunya kenyamanan.

cara memompa asi

Bagaimanakah Caranya Agar Nyaman Saat Memompa ASI?

Seperti yang sudah Kita ketahui bahwa kebutuhan ASI untuk bayi cukup banyak setiap harinya maka Anda harus memastikan bahwa kenyamanan pada saat memompa dan keadaan tubuh yang baik akan memberikan lebih banyak Asi.

Mendapatkan kenyamanan dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti melakukan pompa Asi yang rutin akan menstimulasi aliran ASI yang baik. Jika Anda menetapkan waktu tetap untuk memompa, tubuh Anda dapat mempersiapkan permintaan tambahan pada suplai ASI Anda.

Jangan lupa gunakan waktu saat memompa. Merasa terburu-buru akan merusak mood Anda. Latihan pernapasan dalam, latihan relaksasi dari kelas antenatal atau visualisasi positif (misalnya duduk di bawah sinar matahari di tepi danau) akan sangat membantu produksi Asi.

Gunakan kompres hangat pada seluruh payudara untuk meningkatkan aliran Asi, beberapa wanita lebih suka memijat payudara mereka sebelum memompa untuk mendorong refleks Asi. Santaikan bahu Anda dan pastikan punggung dan lengan Anda didukung dengan baik. Agar punggung nyaman gunakan bantal tambahn untuk sandaran.

Cara memompa Asi yang baik adalah dengan memegang pelindung payudara dari set pompa Anda di antara ibu jari dan telunjuk Anda dan gunakan telapak tangan dan jari-jari lainnya untuk menopang payudara Anda.

Ini membantu menjaga segel yang baik antara perisai payudara dan payudara dan menghindari mendorong tepi perisai payudara ke dalam jaringan payudara Anda, yang dapat menyebabkan saluran susu tersumbat.

Banyak ibu merasa lebih mudah untuk memompa Asi di depan bayi mereka. Jika Anda terpisah dari bayi Anda, Anda dapat melihat foto si kecil, mendengarkan rekaman suara mereka atau mencium harum pakaian mereka dapat membantu.

Comments are closed.