Ini Cara Menghentikan Mimisan Yang Bisa Dilakukan Sendiri

Ini Cara Menghentikan Mimisan Yang Bisa Dilakukan Sendiri

Cara Menghentikan Mimisan – Mimisan merupakan kondisi dimana terjadi pendarahan di hidung. Biasanya mimisan tidak membahayakan, namun tentu saja pendarahan di hidung ini akan mengganggu dan membuat tidak nyaman.

Kondisi ini biasa terjadi pada anak-anak, khususnya usia di bawah 10 tahun. Hal ini karena pembuluh darah pada lapisan hidung anak lebih rapuh dibanding orang dewasa, sehingga anak-anak lebih mudah terkena mimisan.

Hampir semua orang pernah mengalami mimisan. Tetapi masih banyak orang yang masih melakukan kesalahan ketika menangani mimisan, misalnya dengan mendongak atau berbaring agar darah tidak keluar dari hidung. Dokter menyatakan mendongakkan kepala saat mimisan justru membuat darah mengalir masuk ke saluran pernafasan, sehingga justru membuat anak sulit bernafas.

cara menghentikan mimisan

Ini Cara Menghentikan Mimisan Yang Bisa Dilakukan Sendiri

Nah, bagaimana jika anda atau anak anak mimisan? Bagaimana cara menghentikan mimisan tersebut? Berikut beberapa langkah untuk menghentikannya :

1.Tetap bersikap tenang

Langkah pertama ketika terjadi mimisan adalah tetap tenang. Bila orang tua dan anak bersikap tenang, maka darah tidak akan mengucur lebih deras. Tetapi kalau panik dan banyak bergerak, hal tersebut justru membuat laju darah semakin deras.

2.Duduk dengan posisi tegak

Posisi terbaik ketika terjadi mimisan adalah duduk dengan posisi tegak dan condongkan kepala sedikit ke depan atau menunduk. Posisi duduk akan mengurangi tekanan pada pembuluh darah sehingga dapat menghentikan pendarahan. Selain itu, dengan posisi badan tegak akan mencegah darah masuk kembali ke hidung.

Sebaliknya jika anda berbaring atau mendongakkan kepala, darah justru akan masuk kembali dan bisa menyumbat pernafasan.

3.Keluarkan dan buang darah yang mengalir di mulut

Jika ada darah yang mengalir ke mulu, segera keluarkan dan dibuang. Menelan darah akan membuat lambung terasa mual dan ingin muntah

4.Tekan batang hidung sekitar 5-10 menit

Langkah menghentikan mimisan selanjutnya adalah menekan hidung menggunakan ibu jari atau jari telunjuk dan menahannya selama 5-10 menit. Langkah ini akan memberikan tekanan pada sumber pendarahan sehingga bisa menghentikan pendarahan. Ketika melakukan langkah ini, pernafasan dilakukan melalui mulut (posisi mulut terbuka).

5.Kompres dengan air dingin

Langkah berikutnya adalah dengan membungkus es batu dengan handuk atau kain lembut, peras handuk tersebut kemudian tempelkan ke pangkal hidung selama 10 menit. Ini bertujuan untuk menyempitkan pembuluh darah sehingga mimisan akan berhenti.

Bahan-Bahan Alami Untuk Meredakan Mimisan

cara menghentikan mimisan

Selain dengan cara kompres air dingin tadi, anda juga bisa menggunakan beberapa bahan alami berikut ini sebagai pereda mimisan :

• Bawang merah

Bawang merah bisa dimanfaatkan sebagai obat mimisan, yaitu dengan cara menghirup potongan bawang merah yang ditempelkan di bawah hidung

• Daun sirih

Daun sirih merupakan salah satu tanaman wajib ketika anda terkena mimisan. Caranya adalah anda tinggal menaruhnya di lubang hidung. Cara lainnya adalah dengan memasukkan ke air hangat, letakkan di bawah hidung dan hirup uapnya.

• Air garam

Untuk mengobati mimisan dengan air garam, caranya larutkan galam ke dalam air hangat. Kemudian basahi kapas dengan air garam tersebut, dan teteskan beberapa tetes air garam ke dalam lubang hidung yang mimisan

• Perasan jeruk lemon

Lemon kaya akan vitamin C yang berfungsi memperkuat kembali pembuluh darah di dalam hidung yang rusak. Cara menghentikan mimisan dengan jeruk lemon sangat mudah, anda tinggal meneteskan beberapa tetes perasan jeruk lemon ke hidung yang mimisan tadi. Diamkan beberapa saat dan andapun akan melihat hasilnya.

6.Bawa ke dokter jika mimisan belum berhenti

Jika anda telah melakukan tindakan diatas, tapi darah terus mengalir selama lebih dari 20 menit, anda sebaiknya ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Tetapi jika darah berhenti keluar, anda disarankan untuk istirahat terlebih dahulu di tempat yang sejuk dengan posisi kepala tegak dan jangan membungkuk. Usahakan untuk tidak melakukan aktivitas berat dan tidak membuang ingus. Langkah ini untuk mencegah terjadinya iritasi pada hidung.

Selain itu, usahakan juga tidak mengorek-orek hidung atau menghembuskan nafas terlalu kuat selama sekitar 3 jam. Dan bukalah mulut ketika bersin, hal ini dilakukan agar udara tidak keluar melalui hidung tetapi keluar melalui mulut.

Nah, demikian tadi langkah yang harus dilakukan ketika anda mendapati diri anda atau orang lain mimisan. Setelah mengetahui cara menghentikan mimisan tadi, pastinya anda lebih tenang dan tidak panik ketika menghadapi mimisan.

Comments are closed.