Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi yang Bisa Dicoba Dirumah

Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi yang Bisa Dicoba Dirumah

Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi – Cegukan memang bisa dialami oleh siapa saja di segala usia, tidak terkecuali bayi. Untuk orang dewasa dan anak – anak, cara menghilangkan cegukannya lebih mudah karena bisa segera mengetahui penyebabnya dan juga dapat menghilangkannya dengan minum air atau menahan nafas.

Tetapi bagaimana jika cegukan terjadi pada bayi? Apa yang harus ibu lakukan untuk menghentikan cegukan pada bayi? Mungkin ibu pernah menemukan bayi ibu tiba – tiba mengalami cegukan dan merasa tak tega karenanya. Ibu tidak perlu panik karena bayi memang rentan mengalami cegukan. Belum matangnya fungsi saraf yang mengatur otot diafragma pada bayi menyebabkan bayi rentan mengalami cegukan.

Udara yang masuk ke dalam lambung bayi dapat memicu terjadinya cegukan. Udara tersebut dapat masuk ke dalam lambung bayi pada saat bayi minum atau makan. Ibu sebaiknya mengawasi bayi, tidak mengajak bercanda bayi yang sedang makan atau minum karena hal tersebut dapat memicu timbulnya cegukan pada bayi. Selain itu udara yang terlalu dingin juga dapat memicu munculnya cegukan pada bayi.

Cegukan biasanya lebih jarang dialami oleh bayi yang minum ASI ekslusif dan lebih sering dialami oleh bayi yang minum susu dari botol. Seiring bertambahnya usia bayi, cegukan akan semakin jarang dialami oleh bayi.

cara menghilangkan cegukan pada bayi

Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi yang Bisa Dicoba Dirumah

Cegukan pada bayi dan balita sangat umum terjadi, dan biasanya dapat menghilang dengan sendirinya. Tetapi sebagian ibu pasti merasa khawatir, untuk mengatasinya ibu bisa mengikuti cara menghilangkan cegukan pada bayi berikut ini.

1. Mengganti posisi menyusui

Udara kerap kali masuk ke dalam mulut bayi saat bayi sedang menyusu. Terkadang ibu tidak menyadari adanya udara yang masuk ke dalam mulut bayi. Udara yang masuk tersebut akan memicu timbulnya cegukan. Cara menghilangkan cegukan pada bayi ini dengan merubah posisi bayi. Posisi menyusui yang tepat dapat menghalangi udara masuk ke mulut bayi sehingga dapat mencegah dan meminimalisir cegukan pada bayi.

Jika cegukan terjadi pada saat bayi sedang menyusu sebaiknya berikan jeda sebelum melanjutkan lagi proses menyusui bayi agar cegukan berhenti terlebih dahulu dan bayi menjadi rileks. Setelah itu barulah lanjutkan menyusui bayi.

2. Memastikan bayi menyusu dengan benar

Ibu dapat menghindari cegukan yang akan terjadi pada bayinya. Caranya dengan mengecek posisi menyusui apakah sudah benar atau belum. Perhatikan saat ibu memberikan ASI pada bayi.

Proses menyusui yang benar yaitu puting hingga area kulit berwarna lebih gelap atau biasa disebut araeola masuk ke dalam mulut bayi. Dengan memastikan puting dan araeola masuk ke dalam mulut bayi, akan membuat bayi menerima ASI secara perlahan sehingga dapat menghindarkan bayi dari cegukan.

3. Peluk bayi saat cegukan terjadi

Cara menghilangkan cegukan pada bayi selanjutnya adalah memeluk bayi. Cara ini dipercaya dapat menenangkan bayi. Umumnya bayi yang sedang cegukan lalu dipeluk lama kelamaan dapat menghentikan cegukan yang dialami oleh bayi.

cara menghilangkan cegukan pada bayi

4. Menepuk punggung bayi untuk membuat bayi bersendawa

Bayi yang baru lahir juga bisa mengalami cegukan. Jika cegukan terjadi, cara menghilangkan cegukan pada bayi ini dengan menggendong bayi dengan posisi seperti berdiri dan meletakkan kepala bayi pada pundak ibu lalu menepuk punggungnya secara lembut. Hal ini dimaksudkan agar bayi bersendawa karena sendawa dapat mengurangi kelebihan gas yang terdapat di dalam perut bayi. Cara tersebut dapat menghentikan cegukan yang terjadi.

5. Ketika memberi makan pada bayi lakukan dengan cara sedikit demi sedikit

Cara untuk menghilangkan cegukan pada bayi yang sudah bisa makan makanan pendamping ASI, berilah makanan sedikit semi sedikit dan secara perlahan. Hal ini dapat menghindarkan bayi dari terjadinya cegukan. Dengan memberi makan sedikit demi sedikit akan membuat bayi menelan secara perlahan dan tidak terburu – buru.

Selama cegukan yang terjadi pada bayi tidak mengganggu aktivitas bayi dan tidak menyebabkan bayi rewel, ibu tidak perlu terlalu khawatir. Namun jika cegukan yang terjadi pada bayi tidak kunjung berhenti dan frekuensi cegukannya terlalu sering sebaiknya ibu segera berkonsultasi dengan dokter.

Comments are closed.