Bukan Jerawat, Begini Cara Menghilangkan Milia

Bukan Jerawat, Begini Cara Menghilangkan Milia

Cara menghilangkan milia – Pernahkah Anda, atau mungkin saat ini sedang mengalami bintil-bintil kecil di wajah? Anda mungkin mengira maksud kalimat pengantar ini ingin menyebut jerawat. Namun, bukan. Bintil-bintil yang kerap ada di bawah mata, sekitar hidung, atau dagu ini adalah milia dan bukannya jerawat. Yah, walaupun ada juga yang menyebutnya sebagai jerawat bayi.

Jerawat adalah kondisi di mana kotoran terjebak di pori-pori yang tertutup minyak, sementara milia adalah kondisi di mana kulit mati terjebak di bawah permukaan kulit. Dalam penjelasan yang lebih ilmiah, milia terbentuk karena adanya protein keratin yang terperangkap dalam kelenjar pilosebaseae, yang umumnya terjadi pada luka bakar. Akibatnya, pada tumpukan kulit mati tersebut muncul bintil yang sekilas seperti komedo. Hal ini umumnya terjadi pada bayi yang sedang aktif berganti kulit. Namun, selain pada bayi, hal ini juga sangat mungkin terjadi pada semua orang tanpa memandang usianya.

Terjadinya milia pada bayi tidak perlu dianggap masalah. Hal tersebut sangat wajar dan akan hilang dengan sendirinya. Lagipula, bayi masih lazim memakai bedak pada sekujur tubuhnya sehingga milia akan dengan sangat mudah tersamarkan. Terlebih lagi apabila mila yang muncul tidak berkelompok, atau yang disebut milium. Milia hanya perlu ditangani apabila terjadi pada orang dewasa dengan keberadaan yang mengelompok, terutama di bagian wajah yang mempengaruhi penampilan. Apalagi jika itu merupakan mila eruftif yang dapat berkembang dengan cepat. Selain itu, penanganan milia pada orang dewasa karena sudah memiliki kulit yang cukup kuat untuk menerima efek iritasi ringan yang akan didapatkan pada saat menangani milia.

Lalu bagaimana cara menghilangkan milia pada orang dewasa? Jangan beranjak, kami memiliki beberapa tips menghilangkan milia sekaligus untuk mencegahnya muncul kembali. Simak di bawah ini.

Cara menghilangkan milia yang pertama dan paling aman adalah dengan rajin mencuci muka. Bukan hanya untuk gangguan milia, tetapi bahkan jerawat pun menuntut mencuci muka sebagai rutinitas yang wajib. Anda dapat menggunakan sabun khusus wajah untuk mengangkat sel kulit mati yang terjebak tersebut. Namun, apabila Anda memiliki kulit yang sensitif, sebaiknya Anda hanya mencuci muka dengan air bersih tetapi dengan frekuensi yang sering.

Cara menghilangkan milia yang kedua adalah dengan melakukan eksfoliasi wajah. Apa itu? eksfoliasi adalah teknik perawatan wajah dengan cara mengangkat sel kulit mati. Untuk teknik ini, Anda dapat pergi ke salon kecantikan atau pun juga melakukannya sendiri di rumah. Untuk cara sederhana di rumah, Anda dapat menggunakan bahan eksfoliasi ringan seperti gula merah dan minyak zaitun. Campuran dua bahan tersebut dioleskan pada bagian yang terlihat ditumbuhi milia atau juga dapat dioleskan ke seluruh wajah untuk mencegah milia yang tidak terlihat.

Cara menghilangkan milia yang ketiga adalah dengan mengoleskan madu atau minyak mawar. Bahan-bahan yang diketahui dapat membantu regenerasi kulit adalah bahan yang tepat untuk mengatasi milia. Misalnya adalah minyak mawar atau pun madu. Dengan mengoleskan bahan tersebut, maka kulit wajah akan cepat beregenerasi dan kulit mati yang terjebak akan tergantikan sekaligus dengan kulit yang mengurungnya.

Selain madu dan minyak mawar, bahan alami yang dapat digunakan sebagai cara untuk menghilangkan milia adalah lidah buaya, susu, dan putih telur. Bahan-bahan tersebut dapat digunakan dan diberlakukan sebagai masker oles. Untuk lidah buaya, Anda hanya harus meremas gelnya dan kemudian mengusapkannya ke wajah. Diamkan beberapa saat sebelum akhirnya dibilas dengan air bersih.

Cara untuk menghilangkan milia yang selanjutnya adalah dengan memakai tabir surya atau krim retinoid. Apabila Anda memang gemar beraktivitas di luar ruangan, ada baiknya Anda menggunakan tabir surya atau krim yang mengandung retinoid untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Apabila dipakai bersamaan, dua krim ini akan mengurangi iritasi milia dan menjaga kulit baru cepat tumbuh.

Nah, sahabat, itu tadi adalah ulasan singkat mengenai milia serta cara-cara untuk mengatasinya. Sekalipun Anda tidak merasa memiliki milia, namun membasuh tubuh dan memastikan bagian tubuh terutama kulit yang telah terdegradasi adalah hal penting karena dapat menunjang kesehatan. Sahabat, tetap jaga kecantikan dan jangan sepelekan hal-hal kecil, terutama di wajah ya!

 

Comments are closed.