Penyebab dan 3 Cara Menghilangkan Panu Secara Alami Dirumah

Penyebab dan 3 Cara Menghilangkan Panu Secara Alami Dirumah

Cara Menghilangkan Panu Secara Alami – Panu adalah salah satu gejala yang ditimbulkan oleh kulit karena adanya infeksi bakteri atau virus, adanya reaksi kulit terhadap gaya hidup seseorang, atau karena kebersihan yang dijalani oleh seseorang dalam batas kurang optimal.

penyebab panu

Apakah Penyebab Timbulnya Panu?

Sederhananya, penyakit panu biasanya disebabkan karena gaya hidup seperti kurang mengganti baju dan pakaian yang basah dan kotor, karena sering turun ke lapangan di tempat kerja, cuaca yang berubah dalam kondisi ekstrim, atau karena penyakit infeksi dan virus tertentu, selain itu panu juga bisa diakibatkan efek samping dari penyakit tertentu jika anda sering menderita panu dalam jangka panjang.

Panu sendiri dapat disembuhkan dengan obat-obatan yang bisa dibeli di apotik, misalnya anda menderita panu anda tinggal membeli obat berjenis salep, atau obat semacam bedak bayi yang bisa dioleskan di beberapa kulit yang terkena panu. Biasanya panu datang seiring dengan penyakit serupa seperti kadas dan kudis yang disebabkan karena bakteri atau kuman

Panu sendiri juga dapat disembuhkan dengan mengubah gaya hidup, misalnya cara menghilangkan panu secara gaya hidup adalah dengan mengganti celana dalam dan pakaian dalam minimal sehari sekali, anda bisa menggantinya dua atau tiga kali jika musim hujan, sedang sakit, sedang terkena menstruasi atau datang bulan.

cara menghilangkan panu secara alami dirumah
3 Cara Menghilangkan Panu Secara Alami Dirumah

Selain itu, mandi setidaknya dua kali hingga tiga kali sehari dengan sabun antiseptik juga bisa mengurangi dan menyembuhkan panu secara alami, dan berikut di bawah ini adalah beberapa tahap yang bisa dicoba dengan tiga cara menghilangkan panu secara alami:

1. Rajin menjaga kebersihan tubuh dan pakaian

Pertama, panu yang berkaitan dengan gaya hidup, maka cara menghilangkan panu secara alami adalah mengubah gaya hidup anda. Panu seringkali timbul karena biang keringat, adanya infeksi bakteri atau kuman di dalam kulit kita akibat baju dan celana yang jarang ganti atau cepat kotor.

Cara menghilangkan panunya adalah mulai rajin mengganti celana dan baju minimal sekali sehari, mandi menggunakan sabun antiseptik yang bisa dibeli di toko-toko, kemudian usahakan sehabis berolahraga untuk tidak langsung mandi, tapi keringkan badan terlebih dahulu, kemudian baru mandi, baju bekas olahraga langsung dicuci agar tidak menjadi sarang bakteri. Kemudian setelah selesai mandi gunakan baju, celana dan pakain dalam yang baru.

2. Dengan menggunakan salep atau bedak panu

Kedua, panu yang disebabkan karena gaya hidup dan infeksi bakteri atau kuman juga bisa disembuhkan dengan obat-obatan apotik. Menghilangkan panu secara alami dengan cara ini mungkin lebih cepat, tapi biasanya tidak memberikan kita hikmah kenapa panu bisa muncul di kulit kita.

Karena dengan sekali mengobati menggunakan salep atau bedak panu bisa hilang, tetapi jika gaya hidup dan kebersihan kita kotor maka panu bisa kembali lagi.

3. Merubah gaya hidup yang buruk

Ketiga, cara menghilangkan panu secara alami yang sudah menahun atau kronis adalah dengan benar-benar mengubah gaya hidup, mulai hidup bersih jauh dari kotoran, bersihkan sarang-sarang penyakit di sekitar rumah anda, banyak menggunakan sapu tangan ketika di luar, banyak menggunakan sendal ketika di kamar mandi atau mencuci baju.

Serta jika kemudian cara menghilangkan panu secara alami di atas belum juga tuntas, maka anda bisa berobat ke dokter, dokter biasanya akan memberikan obat yang lebih kuat untuk membasmi panu yang anda derita.

Selain itu panu juga bisa disebabkan karena efek samping dari penyakit lain yang bisa anda periksakan ke dokter jika ternyata panu anda seringkali datang dan pergi sesuka hatinya. Pada pokoknya panu bisa disembuhkan jika anda benar-benar merubah gaya hidup dengan baik.

Comments are closed.