4 Cara Menghilangkan Varises Dengan Perawatan Dirumah

4 Cara Menghilangkan Varises Dengan Perawatan Dirumah

Cara Menghilangkan Varises – Tahukah Anda bahwa ternyata varises dapat berkembang ketika katup kecil di area vena menjadi melemah.

Sehingga katup-katup kecil ini yang biasanya berfungsi untuk menghentikan aliran darah ke belakang melalui vena, dan ketika katup-katup ini mengalami kerusakan atau mulai melemah, darah dapat menyatu dalam vena dan menimbulkan varises.

Sehingga akan menyebabkan pembuluh darah pada tubuh yang akan membengkok dan akhirnya membengkak dan menjadi sangat terlihat. Pada umumnya bentuk varises terlihat seperti warna biru tua yang menonjol dari bawah kulit.

Gejala-Gejala Varises :

* Sensasi terbakar atau berdenyut di kaki

* Kaki tidak nyaman yang terasa berat atau pegal-pegal

* Mengalami kram otot yang sering di malam hari

Dan bagi Anda yang sedang mengalami varises, berikut ini akan kita bahas cara menghilangkan varises dengan perawatan dirumah, lalu bagaimanakah caranya?

4 Cara Menghilangkan Varises Dengan Perawatan Dirumah

cara menghilangkan varises dirumah
1. Olahraga Ringan

Olahraga teratur mendorong sirkulasi darah yang lebih baik di kaki, yang membantu mendorong darah yang terkumpul di pembuluh darah. Olahraga juga membantu menurunkan tekanan darah seseorang, yang merupakan faktor lain yang menyebabkan varises.

Olahraga ringan membantu membuat otot betis bekerja tanpa ketegangan yang berlebihan. Latihan yang efektif dan berdampak rendah yang bisa anda coba adalah :

* Berenang

* Berjalan

* Bersepeda

* Yoga

2. Stoking kompresi

Stoking kompresi bisa Anda dapatkan apotek dan dapat membantu dengan memberikan tekanan pada kaki. Stoking Kompresi membantu otot dan pembuluh darah untuk menggerakkan darah ke jantung.

Sebuah studi dari 2018 menemukan bahwa orang yang menggunakan stocking kompresi setinggi lutut dengan tekanan 18 hingga 21 mmHg selama satu minggu, melaporkan pengurangan rasa sakit yang terkait dengan varises.

3. Ekstrak Tumbuhan

Sebuah studi review dari 2006 menunjukkan bahwa ekstrak chestnut kuda, Aesculus hippocastanum L dapat membantu mengurangi nyeri kaki, berat badan, dan gatal-gatal pada orang-orang dengan kekurangan vena kronis, yang merupakan penyebab utama varises.

Sebuah studi review dari 2010 melaporkan bahwa ekstrak pinus laut, Pinus maritima, dan ekstrak sapu daging, Ruscus aculeatus, telah mengurangi pembengkakan kaki, atau edema, yang sering dikaitkan dengan varises.

Ekstrak tumbuhan dan minyak atsiri harus diencerkan dalam minyak sebelum dioleskan atau digunakan dalam diffuser untuk aromaterapi. Jadi bisa anda coba sebagai salah satu cara menghilangkan varises dengan cara yang alami.

cara menghilangkan varises dengan alami

4. Diet Sehat

Mengonsumsi makanan tinggi kalium bisa menjadi salah satu cara menghilangkan varises. Makanan tinggi kalium, seperti almond dan kacang pistachio, dapat membantu varises dengan mengurangi retensi air dalam tubuh.

Caranya adalah dengan mengkonsumsi berbagai makanan yang asin atau kaya akan kandungan natrium sehingga nantinya makanan tersebut dapat menyebabkan tubuh Anda bisa lebih lama untuk menahan air

Jadi bisa juga dikatakan bahwa dengan mengurangi berbagai macam makanan yang asin dapat meminimalkan retensi air dan juga perlu Anda ketahui bahwa makanan yang tinggi akan kandungan kalium dapat membantu mengurangi retensi air dalam tubuh.

Daftar Makanan yang tinggi potasium meliputi:

* Kacang almond

* Kacang putih

* Kentang

* Sayuran hijau yang berdaun

* Beberapa jenis ikan, seperti ikan salmon dan ikan tuna

Makanan dengan serat membantu menjaga buang air besar dan mencegah sembelit. Ini mungkin penting, karena mengejan bisa memperburuk katup yang rusak atau memperburuknya.

Makanan yang tinggi serat termasuk:

* kacang-kacangan, biji-bijian, dan kacang-kacangan
* gandum, gandum, dan biji rami
* makanan whole-grain

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa seseorang yang kelebihan berat badan atau obsesitas sangat lebih mungkin mengalami varises dan untuk mencegahnya ada baiknya Anda mengurangi berat badan tubuh dengan menggunakan pola hidup sehat dan semoga saja artikel ini dapat bermanfaat.

Comments are closed.