Cara Menghitung HPHT Menggunakan Rumus Naegele Dengan Mudah

Cara Menghitung HPHT Menggunakan Rumus Naegele Dengan Mudah

Cara Menghitung HPHT – Menjadi ibu muda atau menjadi perempuan yang baru pertama kali mengalami kehamilan adalah kebahagiaan tersendiri. Pada hari-hari kehamilan, pastilah ada saja hal-hal baru yang ingin dimengerti. Salah satunya adalah menghitung usia bayi serta memperkirakan waktu kelahirannya.

Dunia medis hari ini memang telah menghadirkan bergam teknologi yang dapat membantu mengetahui hal-hal tersebut dengan sangat akurat. Namun, tidak jarang orang yang justru menggunakan cara sederhana namun ilmiah untuk mengetahui misteri-misteri kehamilan.

Hal tersebut sengaja dilakukan untuk menciptakan rasa penasaran yang lebih tinggi. Selain itu, cara sederhana memperhitungkan kelahiran bayi dapat digunakan untuk memelihara keintiman antara calon ibu dan calon bayi.

Nah, sahabat, apakah Anda juga termasuk orang yang ingin bertingkah sebagai seorang peramal yang dapat memperkirakan hari bahagia itu hadir? Apabila iya, Anda mungkin bisa melakukannya dengan perhitungan-perhitungan ilmiah, salah satunya adalah rumus Naegele.

Memperkirakan tanggal kelahiran bayi akan lahir menggunakan rumus Naegele dilakukan dengan mengingat hari pertama pada haid yang terakhir kali dirasakan atau hari pertama haid terakhir (HPHT). Lalu, bagaimanakah cara menghitung HPHT yang benar?

cara menghitung hpht

2 Cara Menghitung HPHT Menggunakan Rumus Naegele Dengan Mudah

Cara menghitung HPHT terbagi menjadi dua. Hal itu didasarkan pada bulan ketika Anda haid. Rumus yang pertama dapat diterapkan pada masa haid di bulan Januari-Maret. Sementara cara yang kedua dapat diterapkan pada wanita yang mengalami masa haid pada rentang bulan antara April – Desember.

1. Dengan menambahkan hari pertama haid dengan angka 7

Pada rumus yang pertama cara menghitung HPHT, atau pada perempuan yang mengalami haid pada bulan Januari – Maret, dilakukan penghitungan dengan menambahkan hari pertama haid terakhir dengan angka tujuh, menambahkan bulan terakhir haid dengan angka sembilan, dan menambahkan tahun dengan angka nol.

Misalnya Anda mengalami haid yang paling terakhir sebelum hari ini adalah sejak tanggal 10 Januari 2018. Maka jika diterapkan rumus Naegele akan menjadi ((10+7) (1+9) (2018+0)) atau (17-10-2018).

2. Dengan menambahkan hari pertama haid dengan hari terakhir haid

Sementara itu, untuk rumus kedua cara untuk menghitung HPHT, atau rumus untuk wanita yang mengalami mentruasi pada bulan antara April – Desember, dilakukan penghitungan dengan menambahkan hari pertama pada haid yang terakhir kali dirasakan dengan angka tujuh, mengurangi bulannya dengan angka tiga, dan menambahkan tahun dengan angka satu.

Misalnya Anda mengalami haid paling terakhir sebelum hari ini adalah sejak tanggal 10 April 2018. Maka jika diterapkan rumus Naegele akan menjadi ((10+7) (4-3) (2018+1)) atau (17-1-2019).

Nah, itu tadi adalah cara memperkirakan kelahiran bayi dengan menggunakan rumus Naegele. Dengan mendapatkan tanggal perhitungan, Anda sudah harus bersiap seminggu sebelum hari tersebut tiba karena tidak jarang bayi lahir lebih cepat.

cara menghitung hpht

Bahkan, faktanya hanya 5% perhitungan rumus Naegele yang benar-benar tepat. Hal tersebut dipengaruhi beberapa faktor, seperti kesehatan dan pertumbuhan janin.

Penggunaan rumus ini juga harus memperhatikan beberapa hal. Cara menghitung HPHT menggunakan rumus Naegele ini hanya dapat diterapkan pada wanita yang memiliki siklus menstruasi teratur, yaitu antara 28 hari hingga 30 hari.

Apabila Anda memiliki daur haid lebih pendek dari itu, maka bisa jadi bayi akan lahir lebih cepat daripada angka perhitungan. Sebaliknya, apabila Anda memiliki siklus menstruasi yang lebih panjang, bayi akan lahir setelah hari perhitungan.

Sahabat, itu tadi adalah cara untuk menghitung HPHT untuk memperhitungkan kelahiran bayi menggunakan rumus Naegele. Kepercayaan bahwa kelahiran hanya dapat ditentukan oleh Tuhan memang benar adanya, buktinya rumus Naegele pun tidak sepenuhnya akurat. Namun, mencoba menghitung rumus Naegele bukanlah hal yang membawa dampak negatif. Bahkan, justru bisa membuat hari-hari ibu hamil menjadi lebih semangat.

Cara Menghentikan Cegukan dan Cara Mengantisipasinya Memahami Perkembangan Bayi 5 Bulan Agar Tumbuh Kembangnya Normal
Comments are closed.