Mengenal Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati Anyang Anyangan

Mengenal Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati Anyang Anyangan

Cara Mengobati Anyang Anyangan – Jika seseorang sering perlu buang air kecil tetapi sedikit air kencing yang keluar bisa disebabkan infeksi saluran kemih (ISK), kehamilan, kandung kemih yang terlalu aktif, atau pembesaran prostat.

Dan pada artikel kali ini akan membahas kemungkinan penyebab, diagnosis, pencegahan sekaligus cara mengobati anyang anyangan.

Apa Itu Infeksi Saluran Kemih (ISK)?

ISK umumnya menyebabkan keinginan untuk buang air kecil. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), ISK dapat terjadi di mana saja di saluran kemih, tetapi paling sering mempengaruhi kandung kemih. Ini juga disebut sistitis.

Baca Juga  5 Manfaat Senam Kegel Wanita dan Cara Melakukannya

Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan (HHS) mencatat bahwa ISK sangat umum, terutama pada wanita. Seseorang dapat terkena ISK ketika bakteri memasuki saluran kemih.

gejala isk pada wanita

Gejala Gejala Infeksi Saluran Kemih

Jika seseorang memiliki ISK, mereka selalu ingin buang air kecil, bahkan ketika merasa buang air kecil malah keluar sangat sedikit. Gejala ISK lainnya termasuk:

• sensasi terbakar saat buang air kecil

• suhu tubuh rendah

• urin keruh atau berdarah

• kram di perut bagian bawah atau pangkal paha

Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Sebelum kita mengetahui cara mengobati anyang anyangan yang sangat praktis, perlu diketahui terlebih dahulu Pencegahannya. Seseorang dapat mengurangi risiko terkena ISK dengan cara:

Baca Juga  Manfaat Daun Kumis Kucing, Cara Mengolah Hingga Efek Samping

• buang air kecil saat perlu

• buang air kecil sebelum dan sesudah berhubungan seks

• menyeka alat kelamin dari depan ke belakang

• minum banyak cairan terutama air putih

• membersihkan anus dan Miss V dari arah depan ke belakang

• menghindari douching atau menggunakan semprotan higienis

• Hindari memakai pakaian dalam yang bisa memerangkap kelembaban

Waspada, Inilah Penyebab Infeksi Saluran Kemih

penyebab anyang anyangan
Wanita yang Mengalami Kehamilan Bisa Mengalami ISK

Menurut badan amal March of Dimes, jika seorang wanita hamil, dia mungkin merasakan keinginan untuk buang air kecil lebih sering atau anyang anyangan.

Pada tahap awal kehamilan, ini karena tubuh melepaskan hormon yang meningkatkan aliran darah ke daerah panggul.

Kemudian dalam kehamilan, wanita mungkin merasa perlu buang air kecil lebih sering karena janin menekan kandung kemih mereka.

Kandung kemih yang terlalu aktif

Jika seseorang memiliki kandung kemih yang terlalu aktif, mereka mungkin merasakan keinginan untuk buang air kecil bahkan ketika ada sedikit urin di dalam kandung kemih.

Baca Juga  Kenali Ciri Ciri Kista Ovarium Serta Bahayanya Bagi Wanita

Menurut Food and Drug Administration (FDA), memiliki kandung kemih yang terlalu aktif menyebabkan otot kandung kemih terlalu sering terjepit. Hal ini dapat menyebabkan seringnya anyang anyangan.

Berbagai kondisi neurologis dapat menyebabkan kandung kemih yang terlalu aktif, tetapi kadang-kadang penyebabnya tidak diketahui.

Prostat yang membesar

Prostat adalah kelenjar di dekat kandung kemih yang memproduksi semen. Seiring bertambahnya usia pria, prostat mereka menjadi lebih besar.

Ketika prostat tumbuh, dapat memberi tekanan pada kandung kemih mereka. Ini bisa berarti bahwa seorang pria mungkin merasa perlu buang air kecil lebih sering, bahkan jika ada sedikit air seni di kandung kemih.

Menurut Institut Nasional Diabetes dan Penyakit Pencernaan dan Ginjal (NIDDK), gejala anyang anyangan jarang terjadi sebelum usia 40 tahun.

cara mengobati anyang anyangan
Perawatan dan Cara Mengobati Anyang Anyangan

Biasanya cara mengobati anyang anyangan Anda memerlukan pemeriksaan lebih dahulu kepada dokter dan janganlah mengkonsumsi obat obatan yang bebas di jual di pasaran sebagai cara mengobati anyang anyangan tanpa adanya resep dari dokter.

Biasanya dokter meresepkan antibiotik untuk cara mengobati anyang anyangan dan ternyata obat tersebut sangat efektif untuk menghilangkan infeksi yang menyebabkan orang perlu buang air kecil bahkan saat keluarnya sangat sedikit.

Menurut sebuah makalah studi dalam jurnal Research and Reports in Urology, pengobatan lini pertama untuk kandung kemih yang terlalu aktif adalah membuat perubahan gaya hidup dan teknik kontrol pembelajaran. Teknik ini dapat mencakup:

• tidak minum terlalu banyak air

• menghindari minuman berkafein yang dapat menyebabkan seseorang buang air kecil lebih sering

• berhenti merokok

• mengambil langkah-langkah untuk mengurangi kondisi kesehatan kronis yang dapat meningkatkan produksi urin

• melakukan latihan dasar panggul

Menurut NIDDK, perubahan gaya hidup yang serupa dan teknik kontrol juga dapat membantu mengobati gejala pembesaran prostat. Dokter juga dapat meresepkan obat untuk mengobati pembesaran prostat, dan dalam kasus yang lebih jarang, mereka mungkin menyarankan operasi.

Baca Juga  Catatan Sebelum Memberi Microlax untuk Bayi

Jika seseorang perlu buang air kecil lebih sering karena kanker, maka menurut National Cancer Institute, perawatan termasuk kemoterapi, terapi radiasi, dan operasi.

Selain Rambut Menjadi Halus, Ini 5 Manfaat Creambath Lainnya 10 Kata Kerja dalam Bahasa Inggris Ini Penting Untuk Diingat
Comments are closed.