2 Cara Mengobati Cantengan Dirumah Dan Cara Untuk Mencegahnya

2 Cara Mengobati Cantengan Dirumah Dan Cara Untuk Mencegahnya

Cara Mengobati Cantengan- Centengan adalah salah satu keluhan pada kuku kaki maupun kuku tangan, namu lebih sering terjadi pada kuku kaki, khususnya jempol kaki. Centengan yaitu ketika kuku tumbuh namun tidak pada posisi baik sehingga melukai kulit atau bahkan sudah melewati kulit.

Centengan cukup mengganggu, dan sangat berbahaya jika dibiarkan. Penderita bisa sampai demam hanya karena centengan, jikalau centengan sudah hampir atau bahkan sudah menginfeksi. Jadi and harus berhati-hati. Lalu bertanyaanya bagaimana cara mengobati centengan? Dan bagimana cara menghindari kuku centengan?

2. Cara Mengobati Cantengan yang Bisa Dicoba Dirumah

cara mengobati cantengan dengan alami

Berikut ini akan dibahas tuntas bagaimana cara mengobati cantengan yang bisa dicoba dirumah, simak pembahasannya berikut di bawah ini.

A. Menggunakan Air Hangat

Ini adalah cara mengobati cantengan yang bisa dicoba dirumah dan caranya cukup mudah. Yaitu dengan merendam kaki anda dengan air hangat dan air hangat bisa juga anda campurkan dengan garam, untuk mencegah infeksi pada centengan anda.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air Dengan 4 Bahan Alami Dirumah

Tunggu hingga kuku anda mulai lembek, dan kulit yang centengan sedikit mengempis akibat rendaman air hangat.

Jika kuku sudah terasa lebih lembek, guntinglag menggunakan gunting kuku dan jika terasa sakit sebaiknya anda menggunaka pisau silet namu harus hati-hati supa tidak melukai kulit anda, atau mintalah seseorang untuk memotong kuku yang centengan.

B. Menggunakan Cuka Apel

Cara mengobati cantengan yang bisa dicoba dirumah selanjutnya adalah dengan menggunakan cuka apel, caranya adalah ambil kapas lalu basahi dengan cuka apel, tunggu hingga beberapa saat hingga kuku terasa lebih lembek dari biasanya, lalu potong dengan cara yang sudah dilampirkan diatas.

Baca Juga  Kegunaan Cuka Apel untuk Jerawat dan Cara Membuatnya Sendiri

Bagaimanakah Cara Mencegah Cantengan?

cara mencegah cantengan
Kadang kadang centengan terjadi karena kita tidak peduli pada kebersihan kuku kita, atau kita sering memaki sepatu yang sempit atau tidak nyaman di kaki.

Walau memang untuk sebagian orang centengan bisa terjadi karena memang kukunya tidak pernah tumbuh dengan posisi baik. Namun bukan berarti tidak bisa dihindari. Berikut in caranya.

Menghindari menggunakan sepatu yang sempit, dan juga bagi wanita hindarilah menggunakan higheels karena centengan biasanya karena kaki anda tidak nyaman. Kuku ditekan, terlebih pada bagian jempol kaki.

Baca Juga  Gejala, Penyebab Sariawan di Lidah dan Cara Mengobatinya

* Rajinlah memotong kuku anda, walaupu belum terlalu panjang segeralah potong karena centengan terjadi karena jarang memotong kuku. Potonglah kuku anda minimal satu kali seminggu.

* Bersihkan kuku anda dengan cuka apel, caranya dengan menggosokkan kapas yang sudah dibasahi dengan cuka apel. Selain mempermudah memotong kuku, cuka apel juga berperan sebagai anti infeksi pada centengan.

Itulah cara mengobati centengan dan cara mengindari centengan, semoga bermanfaat bagi anda yang sering kebingungan dengan cara mengobati centengan sekaligus cara menghindarinya.

Apa Itu Aupair? dan 7 Tugas Perkerja Aupair Adalah Sebagai Berikut Mengenal 3 Beasiswa di Jerman yang Banyak Diburu Mahasiswa
Comments are closed.