Hindari Mitos, Ini Cara 5 Mengobati Gondongan Pada Anak

Hindari Mitos, Ini Cara 5 Mengobati Gondongan Pada Anak

Cara Mengobati Gondongan Pada Anak – Gondongan merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang memicu terjadinya pembengkakan pada leher bagian atas atau pipi bagian bawah. Dalam istilah medis penyakit ini dikenal dengan nama parotitis.

Penyakit ini tergolong penyakit yang bisa menular, penularan virusnya bisa terjadi melalui kontak langsung dengan percikan ludah yang dikeluarkan oleh penderita, misalnya saat penderita bersin atau batuk. Penyakit ini umumnya menyerang anak – anak usia 2 – 14 tahun.

Gejala yang timbul akibat gondongan ini diantaranya pipi bengkak, demam, rasa nyeri saat menelan, sakit kepala, dan juga nyeri saat mengunyah.

Benarkah Blau dan Antibiotik Bisa Mengobati Gondongan Pada Anak?

Masyarakat zaman dulu menganggap blau menjadi alternatif pengobatan yang dipercaya sebagai cara mengobati gondongan, sehingga setiap ada anak yang gondongan, seringkali dianjurkan untuk membubuhkan blau pada area gondongan.

Hal yang sudah turun – temurun dilakukan itu ternyata hanyalah mitos saja, karena belum ada penelitian mengenai hal tersebut.

Dibalik mitos tersebut ternyata ada maksud yang tersirat bahwa orang tua memakaian blau pada area sekitar leher dan pipi anaknya yang terserang gondongan agar anaknya malu untuk keluar rumah karena lehernya berwarna biru. Hal ini merupakan upaya mencegah gondongan menulari anak – anak yang lain.

Selain mitos mengenai blau, banyak orang yang juga salah sangka bahwa gondongan bisa diobati dengan antibiotik. Pada kenyataannya, antibiotik hanya bisa mengobati penyakit yang disebabkan oleh bakteri, bukan disebabkan karena virus. Itu sebabnya cara mengobati gondongan pada anak dengan antibiotik tidaklah tepat.

Hindari Mitos, Ini 5 Cara Mengobati Gondongan Pada Anak yang Benar

cara mengobati gondongan

Secara umum tidak ada obat khusus untuk mengobati gondongan pada anak. Biasanya obat yang diberikan hanya untuk mengurangi gejala – gejala yang ditimbulkan penyakit gondongan. Gondongan bisa sembuh setelah sistem kekebalan tubuh pada anak berhasil mengatasi infeksi yang terjadi. Berikut ini beberapa cara mengobati gondongan pada anak, diantaranya:

1. Mengonsumsi Obat Pereda Nyeri

Munculnya gejala berupa rasa nyeri pada area sekitar leher yang bengkak bisa diredakan dengan meminum obat pereda nyeri yang dijual bebas di pasaran seperti paracetamol atau ibuprofen.

2. Menempelkan Kompres Dingin Pada Area Leher yang Bengkak

Menempelkan kompres dingin dapat mengurangi rasa saki yang timbul akibat gondongan. Selain itu, kompres dingin ini juga dapat meredakan peradangan yang terjadi dan juga membuat leher menjadi lebih rileks serta nyaman.

gondongan pada anak

3. Minum Banyak Air Putih

Gondongan bisa menyebabkan rasa sakit saat mengunyah maupun menelan. Biasanya karena hal tersebut membuat anak kehilangan nafsu makan maupun minum. Hal ini tentunya bisa membuat anak menjadi kekurangan cairan di dalam tubuh.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, minum banyak air putih bisa membantu mencegah dehidrasi dan juga membantu melancarkan sistem metabolisme tubuh.

4. Makan Makanan yang Bergizi

Makan makanan yang bergizi dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga bisa mempercepat kesembuhan penyakit gondongan. Jika anak tidak nafsu makan karena susah menelan, maka Anda bisa memberikannya makanan – makanan lunak seperti kentang rebus tumbuk, bubur, sup, yoghurt, dan makanan bergizi lainnya.

5. Istirahat yang Cukup

Sistem imun tubuh bisa cepat meningkat ketika tubuh mendapatkan istirahat yang cukup. Center for Disease Control and Prevention menyatakan bahwa penderita gondongan sebaiknya beristirahat selama 5 hari setelah kelenjar parotis mulai membengkak. Hal ini juga dapat mencegah terjadinya penularan virus pada orang lain.

Comments are closed.