Cara Mengolah Kulit Manggis Menjadi Teh yang Kaya Manfaat

Cara Mengolah Kulit Manggis Menjadi Teh yang Kaya Manfaat

Cara Mengolah Kulit Manggis – Buah manggis salah satu jenis buah yang banyak ditemukan di Indonesia ini dikenal dengan nama lati Garciana Mangostana. Buah manggis sangat terkenal tidak hanya dikonsumsi langsung namun juga terkenal sebagai buah untuk berbagai macam pengobatan.

Buah manggis tidak hanya dikonsumsi oleh orang Indonesia namun juga menjadi buah ekspor yang dikirm ke berbagai negara luar di Eropa dan juga Amerika.

Adanya pasar ekspor menjadikan buah manggis menjadi salah satu jenis buah manggis yang dikenal dengan buah eksotis di luar negeri.

cara mengolah kulit manggis

Buah Manggis Bisa Menyembuhan Berbagai Macam Penyakit

Kandungan antioxidan yang tinggi terkandung dalam buah manggis sehingga sering dikenal menjadi queen of fruits.

Ada beberapa jenis penyakit yang dapat disembuhkan apabila mengkonsumsi buah ini seperti penyakit darah tinggi, mencegah sakit jantung, menstabilkan gula darah dan berbagai penyakit berbahaya lainnya.

Obat kulit manggis yang berbentuk kapsul atau tablet dapat dengan mudah Anda temukan di apotek atau toko obat tradisional. Hal ini dikerenakan cara mengolah kulit manggis menjadi obat sangatlah mudah dan dapat digunakan menjadi usaha sampingan rumahan. Bahkan Anda sendiri dapat melakukannya di rumah.

Selain kandungan antioxidan, beberapa penelitian membuktikan bahwa kandungan dalam buah manggis ini berfungsi sebagai anti bakteri, anti jamur, anti tumor yang memberikan pertumbuhan normal dan perkembangan baik untuk anak-anak.

Jika Anda kesulitan dalam mendapatkan kapsul atau tablet kulit manggis maka cara paling mudah untuk melakukan pengolahan adalah dengan membuatnya menjadi teh. Membuat teh kulit manggis tidak kalah khasiatnya dengan obat yang berbentuk tablet atau kapsul.

cara mengolah kulit manggis

Cara Mengolah Kulit Manggis Menjadi Teh yang Kaya Manfaat

Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk pengolahan kulit mangis agar dijadikan teh dengan beberapa langkah yang paling mudah, diantaranya:

– Langkah 1

Pilihlah buah manggis yang tersedia di pasar atau supermarket terdekat di rumah Anda. Anda juga bisa membeli buah manggis dalam jumlah banyak secara online.

Anda perlu memilih buah manggis yang segar jika perlu Anda bisa memilih buah yang baru saja di panen (Anda bisa memanen dari pohon buah yang telah ditanam di kebun belakang rumah sendiri). Kulit buah manggis yang berkualitas memiliki warna ungu gelap dan bebas dari warna kuning.

– Langkah 2

Kemudian pemotongan buah manggis bisa dilakukan dengan pisau. Jangan potong seluruh bagian buah, berikan sayatan pada seluruh bagian kulit dari bagian atas hingga bawah. Maka Anda tidak akan merusak daging buah.

Anda perlu menggunakan pisau yang tajam karena membuat sayatan pada kulit cukup sulit karena kulit manggis yang keras namun daging buahnya sangat lembut. Jangan lupa untuk menggunakan celemek, kulit buah manggis memiliki kandungan air yang berwarna dan akan sulit dihilangkan apabila terkena pakaian bahkan furnitur di dapur.

– Langkah 3

Apabila Anda telah membuat sayatan maka tarik kulit dengan dua tangan dan akan terlihat daging buah di dalamnya.

Warna dari daging buah manggis adalah putih dan bentuknya mirip dengan buah jeruk. Rasa dari daging buah ini sangat manis dan lezat testurnya cukup kenyal dan memiliki biji di dalamnya. Dalam persiapan membuat teh Anda tidak akan menggunakan daging buah namun hanya kulit luarnya saja. Konsumsi buah manggis sebelum membusuk.

– Langkah 4

Kulit manggis yang telah dipisahkan dari daging buah bisa Anda keringkan. Metode pengeringan kulit buah manggis dapat dilakukan secara tradisional yaitu menggunakan sinar matahari.

Jika Anda memiliki alat khusus seperti mesin pengering maka gunakan untuk mempercepat prosesnya terlebih jika cuaca sedang mendung. Kulit manggis yang telah kering dapat dihaluskan. Cara menghaluskannya dapat menggunakan alat pengolah makanan.

Langkah 5

Kulit yang telah dihaluskan dilanjutkan dengan perebusan. Pertama didihkan air terlebih dahulu hingga mencampai titik didih, masukan kulit yang telah dihaluskan secara perlahan. Jika semua tumbukan kulit sudah masuk dinginkan air yang telah mendidih.

– Langah 6

Kemudian saring air yang telah dicampur dengan kulit manggis tadi dan tunggu setelah agak hangat untuk bisa Anda konsumsi. Jika tidak tahan dengan rasa pahit yang dihasilkan Anda bisa menambahkan gula untuk penambah rasa.

Cara mengolah kulit manggis menjadi teh sangat mudah bagi Anda yang suka bersantai sambil menikmati camilan sehat. Jika Anda yang ingin menyimpan kulit manggis dalam jangka waktu yang lama maka simpanlah kulit manggis yang sudah dikeringkan dengan benar. Anda cukup menumbuk dan menyeduhnya secukupnya ketika akan mengkonsumsi.

Comments are closed.