5 Tips Cara Merawat Kelinci yang Baik dan Benar Dirumah

5 Tips Cara Merawat Kelinci yang Baik dan Benar Dirumah

Cara Merawat Kelinci – Kelinci sebagai hewan peliharaan yang sangat familiar di mata masyarakat Indonesia merupakan salah satu hewan yang menjadi primadona di pasar-pasar hewan. Habitat asli kelinci sebenarnya berada di sabana atau stepa luas yang membutuhkan ruang untuk bergerak, memamah biak tumbuh tumbuhan dan sayur-sayuran serta menjadi mata ratai pertama bagi tanaman-tanaman liar.

Selain itu di habitat liarnya kelinci menjadi buruan bagi karnivora mata rantai pertama seperti elang, hyna, singa atau beberapa karnivora lain seperti anjing hutan liar yang mempunyai ciri berlari cepat untuk menangkap kelinci. Karnivora seperti buaya tidak akan mungkin menjadi karnivora bagi kelinci karena kelinci adalah hewan yang mampu berlari cepat di alam aslinya.

Nah, karena kelinci menjadi hewan yang sudah bertahun-tahun atau ratusan tahun lamanya menjadi hewan peliharaan manusia. Maka kebiasaan-kebiasaan kelinci yang sudah diternakkan oleh manusia tidak mewarisi sifat aslinya.

Karena kelinci menjadi hewan yang telah didomestikasikan oleh manusia melalui proses ternak dan pengenalan lingkungan rumah dan kandang, maka cara merawat kelinci yang baik adalah dengan menyesuaikan dengan alam hidup kelinci yang sekarang.

Karena jika mengikuti cara merawat kelinci di alam liar, maka kelinci yang anda pelihara otomatis akan mati karena tidak terbiasa hidup di alam liar.

cara merawat kelinci dengan benar

5 Tips Cara Merawat Kelinci yang Baik dan Benar Dirumah

Cara merawat kelinci dari hasil ternak atau olahan rumahan bisa menggunakan beberapa tips cara merawat kelinci yang baik dan benar dari hasil beli dari pasar, berikut pembahasannya di bawah ini:

1. Buatkan kandang yang cukup besar

Tips pertama adalah pastikan anda memiliki kandang yang cukup, cukup dalam artian rasio antara kelinci yang anda beli dengan luas kandang proporsional, jangan sampai berdesak-desakan. Kelinci adalah hewan lucu yang membutuhkan ruang untuk bergerak, tidak seperti ular yang bisa tidur sepanjang hari.

Kelinci biasanya aktif ketika bermain dan ketika akan makan sayur dan tanaman. Pilihlah kandang yang terbuat dari kayu misalnya seperti kandang bekas ayam yang besar atau membeli kandang khusus kelinci. Hindari menggunakan kandang yang terbuat dari besi atau alumnimium yang bisa menggores kulit kelinci.

2. Pastikan kandang tidak kotor

Tips kedua cara merawat kelinci adalah pastikan saluran pembuangan kotoran kelinci bisa terproses dengan baik, tips ini harus sesuai dengan pemilihan kandang anda. Artinya kandang yang baik akan langsung mewadahi kotoran kelinci yang jatuh di bawahnya mudah untuk dibersihkan.

Kelinci adalah hewan yang rapuh, terkena penyakit dan perubahan suhu saja bisa sedikit langsung sakit. Oleh karena itu pastikan area kandang tidak ada kotora yang menumpuk, urine kelinci yang menggenang, atau bekas sampah makanan yang tidak terkelola dengan baik.

3. Berikan makanan yang tepat

Tips ketiga cara merawat kelinci adalah berikan makanan dalam bentuk sayuran atau buah-buahan, kelinci sangat menyukai wortel selain itu bisa diberikan selada hijau sebagai makanan pendamping.

Ingat! Jangan memberikan makanan berlebihan karena hanya akan menumpuk dan membuat kotor kandang kelinci anda.Berikan makanan secara berkala dan disesuaikan dengan jumlah kelinci yang ada di dalam kandang anda.

4. Selalu menjaga kebersihan kandang

Tips keempat cara merawat kelinci adalah dengan rutin membersihkan kotoran yang ada di dalam kandang, anda bisa memulainya dengan dua hari sekali atau seminggu sekali, sekalian membersihkan kandang-kandang hewan yang lain, jangan lupa gunakan sapu tangan agar tangan anda terhindar dari kotoran dan infeksi penyakti yang dibawah oleh hewan herbivora ini.

5. Membuat kreasi bentuk kandang kelinci

Tips kelima cara merawat kelinci adalah anda bisa membuat sedikit kreasi dan inovasi di dalam kandang agar kelinci tidak stress, misal dengan membuat kandang kecil seperti burung dara atau lintasan kecil dari papan. Walaupun kelinci tidak seperti hamster, tetapi inovasi ini agar membuat kelinci betah di dalam kandang. Usahakan inovasi ini tidak rumit dan disesuikan dengan proporsional jumlah kelinci dalam kandang.

Selain beberapa tips di atas, kelinci sebenarnya adalah hewan peliharaan yang bisa saja dilepas di halaman rumah anda untuk diajak bermain sambil diberikan makanan atau nutrisi. Anda bisa mengeluarkan kelinci ke halaman rumah anda untuk diberikan makanan dan tentunya diajak bermain.

Tetapi tentu saja setelah anda bermain dengan kelinci jangan lupa untuk mencuci tangan anda dan buah hati anda dengan sabun. Hewan hewan berbulu herbivora seperti kelinci dan hamster bisa menularkan infeksi bakteri dan penyakit batuk atau flu.

Comments are closed.